Nissan Frontier atau yang akrab disebut Nissan Navara di Asia dan Eropa mengeluarkan varian Nissan Navara terbarunya yakni All New Nissan Frontier 2022 dengan tampilan eksterior lebih agresif mempertegas kesan tegas, terlebih di medan lintas offroad.

Nissan Navara models terbaru memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Mulai dari grille berbentuk garis-garis berotot, spakbor vertikal turut mempertegas kesan gahar karena mobil jadi terlihat lebih tinggi dan besar.

Nissan Navara memiliki specs mesin direct injeksi V6 berkapasitas mesin 3.8 L yang bisa menghasilkan keluaran tenaga maksimal 310 hp. Penasaran detail spesifikasi, desain eksterior dan interior sampai harga Nissan Navara? Yuk, baca lebih lanjut.

Harga Nissan Navara

Mobil Nissan Navara berada di kelas mobil SUV cocok dijadikan pilihan mobil pick up 4×4 karena kapasitas bagasinya yang cukup besar dengan ukuran chassis yang panjang dan lebar. Berikut ini harga Nissan Navara terbaru.

Tipe Nissan NavaraHarga Nissan Navara
Nissan Navara 2.5 SL MTRp448,5 juta
Nissan Navara 2.5 VL MTRp533,2 juta
Nissan Navara 2.5 VL ATRp551,1 juta

Untuk mengetahui update harga mobil Nissan Navara dan harga mobil baru atau harga mobil bekas lainnya, OtoFriends bisa pantau perkembangannya melalui aplikasi Otoklix.

Baca juga: Daftar Mobil Pick Up Baru dan Bekas, Ada yang Rp30 Jutaan

Performa Mesin Nissan Navara

Mobil Nissan Navara terbaru dibekali mesin common rail turbo intercooler diesel dengan kode mesin YD25DDTi berkapasitas 2.5 L serta jenis bahan bakar yang digunakan adalah solar. 

Sistem penggerak roda sudah menggunakan 4 Wheel Drive (4WD) yang didukung common rail ECCS 32 bits memberikan pengalaman berkendara dengan konsumsi pemakaian bahan bakar yang irit.

Kendati demikian, kedua varian Nissan Navara memiliki output yang berbeda, pada tipe mesin VL output yang dikeluarkan mencapai 140 hp dan torsi maksimal 45,9 Nm, sedangkan tipe SL diklaim mampu mengeluarkan output maksimal 120 hp dan torsi maksimal 41,1 Nm.

Sementara itu, suspensi mobil telah dilengkapi dengan Double Wishbone Coil Spring & Stabilizer di bagian depannya sedangkan di bagian belakang menggunakan leaf spring with shock absorber. Ada dua pilihan transmisi yakni transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan.

Baca juga: Bengkel Mobil Nissan Terdekat; Bengkel Resmi dan Umum

Fitur Nissan Navara

Dibandingkan fitur entertainment, Nissan Navara berfokus memberikan yang terbaik untuk fitur-fitur keselamatan dan keamanannya. Mulai dari fitur Fine Version Meters yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang indikator tanpa kita perlu mengalihkan perhatian dari sistem kemudi.

Sistem power steering yang mengadopsi teknologi rack and pinion with electronic power steering, Dual SRS Airbags dan Seat Belt ELR 3-Point, Hill Start Assist (HSA) dan Hill Descent Control (HDC). Fitur keselamatan standar seperti ABS, EBD dan Brake Assist juga telah tersedia pada mobil Nissan Navara terbaru.

Khusus untuk varian Nissan Navara VL, ada tambahan fitur keamanan yakni Intelligent Key yang mengadopsi teknologi immobilizer dan anti-theft yang berperan dalam meminimalisir terjadinya pencurian. Rear View Camera sebagai fitur keamanan untuk memantau kondisi bagian belakang mobil.

Fitur keselamatan lainnya seperti vehicle dynamic control (VDC) dan traction control system (TCS) juga telah tersedia pada varian mobil terbarunya. Tak heran bila Nissan Navara berhasil mendapatkan rating bintang empat ANCAP.

Baca juga: Canggih! Berkendara Lebih Aman dengan Fitur Traction Control

Desain Eksterior Nissan Navara

Nissan Navara memiliki dimensi 5.320 x 1.850 x 1.780 mm dengan ukuran grill radiator besar dan aksen chrome half V shape yang menambah tampilan gahar dan sporty mobil ini.

OtoFriends bisa melihat adanya ladder frame dan reinforced body serta garis tegas di bagian sudut kap depan mobil berpilar A.

Sementara itu, fitur-fitur interior pendukungnya di antaranya adalah high mount stop lamp, bumper guard, roof rack, xenon headlamp, fog lamp, dan rugged fender. Ada sedikit perbedaan pada desain eksterior Nissan Navara SL dan Nissan Navara VL.

Pada Nissan Navara SL, terdapat aksen chrome yang mengkilap di bagian rear bumper dan penerapan teknologi halogen reflector untuk memaksimalkan fungsi pencahayaan.

Sedangkan tipe VL dilengkapi dengan fitur roof rail yang berada di bagian atap mobil dan penggunaan LED projector serta lampu kabut untuk memaksimal sistem pencahayaan mobil.

Desain Interior Nissan Navara

Meskipun tampak luar Nissan Navara terlihat gahar dan maskulin, tetapi desain interior Nissan Navara justru terlihat mewah dan elegan. Memiliki kapasitas 5 kursi penumpang, kursinya mengadopsi ergonomic leather seat sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman.

Kemewahan mobil ini didukung oleh desain kabin yang mewah, bagian dashboard dengan konsep futuristik-modern dengan beberapa fitur entertainment, di antaranya pemutar audio dan video (CD, DVD, MP3), USB, SD Card dan Bluetooth.

Khusus Nissan Navara tipe SL, fitur panel audionya berstandar 2 DIN yang telah terintegrasi dengan enam speaker. Sedangkan tipe VL memiliki panel audio berukuran 7 inci dengan dua tombol tambahan yakni audio switch dan cruise control.

Fitur-fitur yang ada di dalam kabin mobil di antaranya seperti push start button, double power outlet, headlight adjuster, electric mirror, key illumination, power window,keyless entry,  AC dual zone control auto climate with rear AC vents, dan compass.

Keunggulan dan Kelemahan Nissan Navara

Secara garis besar, Nissan Navara memiliki kelebihan yang lengkap, mulai dari desain eksterior dan desain interior yang terlihat sporty, maskulin tetapi tampak elegan dari dalam, kapasitas kabin mobil yang luas, telah dibekali dengan fitur keselamatan dan entertaiment terbaru.

Dari segi performa mesin, kita akan dimanjakan karena mesin mobil tangguh sehingga bisa berkendara di medan jalan apa saja, memiliki sistem suspensi ternyaman dan handling mesinnya pun mudah.

Walaupun begitu, kita tetap harus melihatnya dari kedua sisi agar seimbang. Kekurangan dari Nissan Navara adalah kursi baris kedua pada mobil ini dinilai kurang ergonomis dan mobil belum dilengkapi dengan fitur locker. 

Selain itu, harga mobil Nissan Navara cukup mahal di kelasnya dan harga spare part Nissan yang sama mahalnya juga harus menjadi pertimbangan kita sewaktu akan membelinya.

Walaupun begitu, bukan berarti OtoFriends jadi enggan membawa mobil ke bengkel mobil untuk melakukan servis rutin mobil secara berkala. Kita tetap bisa melakukan servis rutin mobil dengan biaya servis yang terjangkau bila cermat memilih bengkel mobil.

Otoklix punya beberapa bengkel mobil berkualitas bagus dengan biaya servis mobil yang terjangkau serta transparan.

Pertanyaan Seputar Nissan Navara 

Harga mobil Nissan Navara berbeda-beda terganti tipe mobil Nissan Navara yang dipilih. Untuk Nissan Navara 2.5 SL dijual dengan harga Rp448,5 juta, Nissan Navara 2.5 VL transmisi manual Rp533,2 juta dan transmisi otomatisnya Rp551,1 juta.

Kapasitas mobil Nissan Navara 2.5 L menggunakan mesin common rail turbo intercooler diesel dengan kode mesin YD25DDTi. Ada dua pilihan transmisi yakni transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan.

Sebenarnya, mobil Nissan Navara masuk ke dalam kelas mobil SUV yang bisa digunakan juga sebagai mobil pick up 4 x 4.