Traction control adalah salah satu fitur keselamatan pada mobil yang berperan untuk menjaga kestabilan ban mobil saat sedang berkendara. Mobil yang mengerem, berbelok tajam, atau berkendara di jalanan yang licin tentu akan memberikan risiko ban mobil menjadi selip. Alhasil, jika OtoFriends tidak menggunakan fitur traction control ini, kesulitan untuk mengendalikan keseimbangan dan kestabilan ban mobil mungkin saja terjadi. Terlebih jika OtoFriends tinggal didaerah dengan curah hujan yang tinggi. Mobil yang berkendara di jalanan yang licin akan memiliki risiko untuk mengalami ban selip walau berkendara di jalanan yang lurus sekalipun. Oleh sebab itu, jangan sampai OtoFriends tidak mengetahui kehadiran fitur keselamatan yang satu ini, karena tentu dapat menjaga OtoFriends terhindar dari risiko kecelakaan.

Baca juga: 9 Tips Berkendara di Musim Hujan yang Perlu Diperhatikan

Cara Kerja Traction Control

Ban selip atau biasa disebut juga dengan rem panik biasanya terjadi saat pengendara melakukan pengereman mendadak yang terlalu kuat. Alhasil ban mobil menjadi terkunci dan sulit untuk melaju. Coba bayangkan jika OtoFriends berkendara dengan salah satu roda yang memiliki kecepatan berbeda dengan roda lainnya. Tentu bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Traction control membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan sensor. Sensor akan mendeteksi kinerja ban yang berputar terlalu cepat, dan memberikan perintah untuk memperlambat laju ban sehingga setiap ban mobil dapat bergerak dengan lebih seimbang dan stabil.

Cara Aktifkan Traction Control

Melakukan antisipasi ban selip saat berkendara, fitur traction control ini dapat OtoFriends aktifkan dengan cara yang mudah dan sederhana. Cukup tekan tombol traction control mode pada mobil OtoFriends dan OtoFriends pun akan berkendara dengan lebih aman dan terlindungi. Pastikan bahwa OtoFriends mengaktifkan fitur traction control tepat pada waktunya. Sebagai contoh, jika memang sedang berkendara di jalanan yang licin dengan cuaca hujan yang ekstrim, tidak ada salahnya untuk segera mengaktifkan fitur traction control untuk melakukan antisipasi. Sebaliknya, jika OtoFriends sedang berkendara di jalanan umum dengan situasi jalanan dan cuaca yang baik, OtoFriends tidak perlu mengaktifkannya, karena dapat mengganggu dan membuat mobil OtoFriends menjadi sulit untuk melaju. Pandailah dalam melihat situasi dan kondisi permukaan jalan dan cuaca, karena fungsi utama fitur traction control adalah melindungi OtoFriends permasalahan ban selip saat berkendara di jalanan yang licin dan tikungan yang tajam. Perlu untuk OtoFriends ketahui, fitur traction control tidak dapat digunakan di jalanan yang berpasir.

Baca juga: Jangan lengah! Ini Ciri Ban Mobil Harus Diganti

Cara Mengetahui Traction Control Bekerja

Sudah menekan tombol traction control, lantas bagaimana OtoFriends dapat mengetahui bahwa fitur traction control bekerja dengan baik dan tidak mengalami kerusakan?

Fitur traction control menggunakan sensor ABS yang akan memberikan sinyal apabila ada masalah yang dapat mengganggu dan memberikan risiko fatal saat OtoFriends sedang berkendara. Perhatikan saat mobil dinyalakan apakah lampu fitur traction control menyala atau berkedip. Jika menyala maka bisa dipastikan bahwa ada masalah pada ban mobil, sensor ABS, atau tekanan udara dari setiap roda. Jika hal tersebut terjadi, maka OtoFriends tidak perlu panik karena hal tersebut menandakan, bahwa fitur traction control masih dalam kondisi yang baik. Segeralah lakukan pengecekan lebih lanjut sebelum berkendara, sehingga OtoFriends dapat terhindar dari berbagai risiko kecelakaan.

Rekomendasi Mobil Pas Dikantong dengan Fitur Traction Control

Berkendara dengan aman dan nyaman tentu menjadi idaman setiap orang. Jika OtoFriends menginginkan berkendara menggunakan fitur traction control ini, lakukanlah pembelian mobil yang tepat karena mobil dengan fitur traction control umumnya hanya terdapat pada mobil keluaran terbaru. Menjadi salah satu fitur keselamatan yang canggih, kira-kira apa saja rekomendasi mobil dengan fitur traction control yang memiliki harga terjangkau? Berikut ulasannya:

1. Mitsubishi Xpander Sport

OtoFriends merupakan pecinta mobil MPV? Maka Mitsubishi Xpander Sport dapat menjadi pilihan yang tepat. Mobil Mitsubishi Xpander Sport ini memiliki fitur traction control yang baik dikelasnya. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp250 jutaan hingga Rp300 jutaan, OtoFriends dapat menikmati berkendara dengan aman dan nyaman, karena selain memiliki fitur traction control, Mitsubishi Xpander Sport ini juga dilengkapi dengan fitur pengereman ABS, EBD, dan BA yang dapat mendukung keselamatan OtoFriends saat sedang berkendara.

2. Nissan Livina VE

Rekomendasi mobil dengan fitur traction control selanjutnya adalah mobil Nissan Livina VE. Mobil ini memiliki keunggulannya tersendiri, karena selain dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti Hill Start Assist (HAS), Vehicle Dynamic Control (VDC), fitur pengereman ABS, EBD, dan BA, serta traction control, mobil Nissan Livina VE ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp250 jutaan, OtoFriends sudah bisa menikmati keamanan dan kenyamanan maksimal saat berkendara di jalanan yang lincin dan berbahaya.

3. Wuling Cortez

Pilihan mobil MPV lainnya adalah Wuling Cortez. Wuling Cortez dapat menjadi alternatif bagi pecinta mobil MPV karena dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp230 jutaan hingga Rp300 jutaan. Sistem keamanan dan kenyamanannya sudah sesuai standar dan sangat baik dikelasnya. Dilengkapi dengan fitur traction control dan berbagai fitur keamanan lainnya seperti ABS, EBD, BA, dan Hill Hold Control, mobil Wuling Cortez ini mampu Anda membawa Anda berkendara dengan aman di jalanan yang licin dan penuh dengan tikungan.

Baca juga: Apa Itu Mobil SUV dan MPV? Ini Perbedaannya

Itulah beberapa hal yang harus OtoFriends ketahui terkait fitur traction control pada mobil. Jika OtoFriends berniat untuk membeli mobil dengan fitur keamanan yang tinggi, memilih mobil dengan fitur traction control dapat menjadi alternatif yang tepat. Lakukan perawatan dengan rutin dan benar sehingga setiap fitur pada mobil OtoFriends dapat tetap digunakan dengan baik dan maksimal. Lakukan servis rutin di bengkel rekanan OtoKlix untuk mendapatkan perawatan yang terjamin. Lakukan booking servis lebih mudah di aplikasi OtoKlix. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking.

Pertanyaan Seputar Traction Control

Traction control merupakan fitur keselamatan pada mobil yang dapat membantu OtoFriends terhindar dari permasalahan ban selip saat berkendara di jalanan yang licin dan penuh tikungan. Traction control juga membantu mobil melaju seimbang saat OtoFriends melakukan pengereman secara mendadak.

Jika mobil menunjukkan tanda bahwa fitur traction control tidak bekerja dengan baik, OtoFriends dapat langsung membawa mobil OtoFriends ke bengkel rekanan OtoKlix untuk melakukan pengecekkan dan perbaikan lebih lanjut.

OtoFriends dapat mematikan tombol fitur traction control saat sedang berkendara di jalanan yang berpasir atau jika kondisi cuaca sedang normal. Sebaliknya, nyalakan fitur traction control saat OtoFriends sedang berkendara di cuaca hujan dan kondisi jalanan sedang licin.