Meskipun lebih dikenal dengan mobil-mobil bongsor seperti SUV maupun double cabin, rupanya Ford Fiesta tetap menjadi unggulan bagi Ford di kelas mobil kecil. Si mungil lincah ini punya banyak kelebihan di kelas mobil kecil. Mobil ini termasuk yang bisa diandalkan untuk jalanan perkotaan. Mari kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta, spesifikasi, serta harganya di Indonesia.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Kelebihan dan Kekurangan Ford Fiesta

Mobil kecil ini memang sudah menjadi model lama dari Ford sejak 1976 dan terus mengalami pembaruan sampai generasi kedelapan. Namun, sayangnya mobil ini dikabarkan akan disuntik mati pada Juni 2023 mendatang. Karena performanya yang bagus, banyak yang masih mencari unit baru maupun bekas dari mobil ini. Sebelum itu, mari kita simak kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta.

Kelebihan Ford Fiesta

  1. Punya 3 pilihan mesin

Fiesta punya 3 pilihan mesin, yakni berkapasitas 1.000 cc turbo (Ecoboost), 1.400 cc, dan 1.600 cc. Mesin 1.000 cc yang disematkan pada Fiesta jadi salah satu mesin terbaik Ford.

  1. Fitur lengkap

Hatchback asal Amerika Serikat ini punya fitur yang cukup lengkap dan canggih pada zamannya. Salah satu andalannya adalah voice command dan koneksi bluetooth. Hal ini menjadi daya tarik yang bersaing dengan kompetitornya. Selain itu, fitur keselamatannya juga cukup lengkap.

  1. Handling stabil

Mobil ini punya handling yang mumpuni karena didukung dengan suspensi yang berkualitas. Dengan adanya suspensi ini, pengemudi bisa bermanuver dengan aman dan nyaman. Bahkan, kita akan betah duduk berlama-lama di dalam mobil tanpa merasa cepat lelah.

  1. Tampilan sporty dan atraktif

Bisa dikatakan kalau Fiesta punya bentuk yang agak berbeda dengan hatchback lain di Indonesia pada masanya. Mobil ini memberikan kesan sporty dan modern dengan banyaknya garis tegas serta punya atap yang rendah.

Itu dia kelebihan Ford Fiesta. Pembahasan mengenai spesifikasi lengkap akan dibahas setelah kita membahas kekurangan Ford Fiesta.

Baca juga: Harga Mobil Ford Bekas dan Modelnya: SUV, Pikap, Hatchback

Kekurangan Ford Fiesta

Di balik kelebihan itu, ada kekurangan yang tidak bisa dihindarkan dari Fiesta, yaitu sebagai berikut.

  1. Transmisi sering bermasalah

Banyak pengguna Ford Fiesta yang mengeluhkan kalau transmisi otomatisnya sering bermasalah. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis yang bisa menghasilkan performa responsif. Akan tetapi, komponen ini bisa cepat rusak kalau tidak dirawat dengan baik. 

Umumnya kerusakan terjadi pada TCM atau transmission control module. Jadi, saat akan membeli Ford Fiesta bekas, pastikan untuk mengecek kondisi transmisinya. Salah satu cara merawat komponen ini adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat kondisi macet. Selain itu, jangan terlalu sering menerabas genangan air di jalan.

  1. Harga jual kembali anjlok

Kekurangan lain dari Ford Fiesta adalah harga jual kembali mobil bekasnya cenderung anjlok. Salah satu faktor menurunnya harga jual kembali adalah saat Ford hengkang dari Indonesia pada 2016 silam. Bengkel resmi dan spare part orisinil jadi sulit didapatkan.

Namun, kabar baiknya adalah untuk model tertentu justru mengalami kenaikan. Misalnya Ford Fiesta bekas tahun 2014 yang dibanderol dengan harga Rp100 juta sampai Rp140 jutaan. Sedangkan produksi tahun 2012 dijual dengan harga di bawah Rp100 jutaan. 

Baca juga: Daftar Bengkel Mobil Ford se-Jabodetabek [Terlengkap!]

Spesifikasi Ford Fiesta

Setelah mengetahui apa kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta, mari kita bahas lebih rinci tentang spesifikasi mobil ini.

  1. Mesin Ford Fiesta

Telah disinggung sebelumnya bahwa Ford Fiesta punya 3 pilihan mesin, yaitu 1.000 cc turbo (Ecoboost), 1.400 cc, dan 1.600 cc. Mesin Ecoboost pada 1.000 cc Ford ini adalah mesin 3 silinder pertama yang dirancang serta dikembangkan Ford di Jerman dan Inggris. 

Mesin ini dibekali dengan split cooling, yaitu pendingin mesin yang memakai dua jalur. Satu jalur mengarah ke blok silinder mesin dan satu lagi ke kepala silinder. Jadi, pengelolaan suhunya lebih baik sehingga konsumsi BBM lebih hemat dengan emisi yang lebih rendah. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan turbocharger dengan kemampuan tinggi.

Dengan mesin ini, Ford Fiesta 1.0 L mampu menghasilkan tenaga 123 hp. Sementara itu 1.4 L bertenaga 112 hp dan 1.6 L punya tenaga 120 hp. Kemudian, di sisi transmisi, Fiesta menggunakan transmisi otomatis berjenis dual clutch 6 percepatan. Untuk tipe transmisi manual 5 percepatan yang ditranslasi ke roda depan. Dengan demikian, performanya bisa lebih responsif saat berakselerasi.

  1. Fitur Ford Fiesta

Fitur yang ada pada Fiesta cukup lengkap dan canggih di masanya, terlebih pada mobil kecil. Sudah ada voice command atau perintah suara yang bisa mengaktifkan fitur entertainment. Selain itu, sudah tersedia juga konektivitas bluetooth yang bisa menelepon dan menyambungkan playlist lagu di ponsel.

Di sisi lain, fitur keselamatan Ford Fiesta juga patut diacungi jempol. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur hill launch assist, dual airbags, rear parking sensor, rem ABS dan EBD, smart keyless entry, rain sensing wipers, dan juga rem cakram pada semua roda. Masih ada lagi fitur lainnya, yaitu pyrotechnic seatbelt pretensioners dan child safety lock.

Suspensi yang digunakan berjenis front independent suspension di bagian depan, sedangkan di bagian roda belakang menggunakan Torsion Beam. suspensi ini menjadikan Fiesta cukup impresif saat bermanuver sekalipun dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan serta Biaya Service Mobil Ford

  1. Interior Ford Fiesta

Jok depan mobil ini didesain dengan semi bucket berlapis bahan fabric. Sementara itu, meskipun mobil mungil, jok belakangnya masih nyaman dan cukup lega untuk orang dewasa. Bagian belakang jok bisa dilipat dengan konfigurasi 50:50. Jok ini dilengkapi dengan per keong untuk menambah kenyamanan berkendara. Dasbornya menggunakan gaya futuristik. Display tone-nya pada interior, mulai dari speedometer sampai layar kontrol audio berubah dari merah jadi biru muda lembut.

  1. Eksterior Ford Fiesta

Fiesta didesain dengan eksterior yang aerodinamis, halus, namun tegas. Ada aksen krom pada gril depannya dengan lampu yang dinamis. Saat melihat ke bagian belakang, bumper belakangnya bergaya sporty. Tersedia 6 warna di pasaran.

Ground clearance mobil ini terbilang optimal. Jarak sumbu rodanya 2489 mm yang memungkinkan ruang kaki memadai bagi penumpang. Rodanya menggunakan velg berukuran 15/16 inci.

Itu dia spesifikasi Ford Fiesta. Apakah OtoFriends tertarik membelinya dengan segudang kelebihan tersebut?

Harga Ford Fiesta di Indonesia

Harga Ford Fiesta di Indonesia untuk unit barunya memang masih cenderung tinggi, yaitu Rp230 juta – Rp246 jutaan. Namun, OtoFriends bisa melirik harga Ford Fiesta bekas mulai keluaran tahun 2010. Harganya berbeda sesuai kondisi dan tahun pemakaiannya.

Untuk keluaran 2010, harga Ford Fiesta bekas dibanderol dengan harga Rp70 jutaan. Sementara itu untuk keluaran 2011, harganya berkisar di Rp82,5 juta. Keluaran tahun 2012 dibanderol dengan harga yang lebih tinggi, yakni Rp93,6 jutaan.

Baik membeli mobil Fiesta Ford baru atau bekas, upayakan untuk selalu servis rutin seperti tune up dan ganti oli di bengkel umum terdekat. Otoklix memiliki jaringan 2.000+ bengkel yang tersebar di Jabodetabek!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Ford Fiesta

Ford Fiesta, terutama untuk tipe mesin 1.000 cc turbo (Ecoboost) lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan jenis lain, diklaim mampu 20 persen lebih irit. Bahkan, 1 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak 18,9 km. Selain itu, mesin ini juga diklaim bisa mengurangi emisi.

Ford Fiesta bekas dibanderol dengan harga Rp74 juta – Rp130 jutaan, tergantung kondisi dan tahun keluaran.

Kelebihan Ford Fiesta di antaranya adalah punya 3 pilihan mesin, fitur terbilang lengkap, handling stabil, serta tampilan yang atraktif. Namun, kekurangannya adalah transmisi yang sering bermasalah dan harga jual kembali yang anjlok.