Hadir dengan body yang mungil dan compact, Nissan March dijuluki sebagai city car yang handal untuk lingkungan perkotaan. Tren city car yang sedang populer di Indonesia membuat Nissan memutuskan untuk meluncurkan mobil ini untuk pasar Indonesia. 

Pada tahun 2010, Nissan March generasi ke-4 resmi masuk pasar otomotif Indonesia setelah tepat setahun perilisannya yakni di tahun 2009. Nissan March menjadi satu-satunya city car dengan gaya hatchback yang dimiliki oleh PT. Nissan Motor Indonesia.

Meskipun banyak pesaing di kelas city car, Nissan March memiliki  keunggulan termasuk tersedianya berbagai fitur canggih dan berkelas. Penasaran? Ini spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi City Car Nissan March Terbaru

Jangan salah, meskipun memiliki banyak pesaing di kelas city car di Indonesia, Nissan March tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang bersaing.

Eksterior Nissan March

Eksterior Nissan March generasi terbaru, tampil dengan wajah yang segar karena terdapat grill berbentuk V-motion sebagai lambang ikonik Nissan saat ini dibagian depan. Pembaruan yang dilakukan Nissan pada Nissan March cukup mengubah wajah Nissan March secara signifikan karena terlihat lebih futuristik, sporty, dinamis dan menawan. 

Untuk bagian samping, eksterior Nissan March masih terlihat sama dengan generasi sebelumnya, namun masih oke untuk kelas city car.

Untuk bagian belakang, Nissan March melakukan sedikit inovasi pada stop lamp yang digantikan dengan LED sehingga pencahayaan lebih terang dan mudah terlihat saat berkendara di malam hari.

Interior Nissan March

Pada Nissan March terbaru, Nissan melakukan pembaruan tampilan lebih ergonomis untuk berkendara lebih nyaman. Pada bagian dashboard didominasi oleh kelir hitam dan dipadukan dengan material premium piano black pada center cluster di bagian sisi head unit. Pun juga tersedia tombol pengatur suhu dan steering switch audio control memudahkan multitasking saat berkendara. 

Bagian yang paling menjadi pertimbangan penting adalah bagian jok. Nissan March cukup peka untuk hal ini sehingga menyediakan jok dengan busa tebal yang dilapisi fabric, serta di tempat duduk baris kedua dilengkapi system adjustable rear headrest yang bisa diatur sesukanya.

Untuk kelas city car hatchback, Nissan March memiliki bagasi yang bisa menampung sampai 251 liter saat jok belakang terlipat.

Mesin dan Performa Nissan March

Nissan March memiliki kode mesin HR15DE untuk mesin kubikasi 1.500cc dan memiliki diameter 78.0mm dan langkah 78.4mm. Pada HR12DE dengan kubikasi mesin 1.200cc tercatat memiliki diameter sebesar 78.0mm x 83.0mm. Untuk mesin, Nissan March bisa dibilang memiliki performa mesin yang lumayan besar dan sanggup untuk stop and go pada jangka waktu yang lama.

Tipe MesinHR12DEHR15DE
Kubikasi Silinder1.198cc1.498cc
Diameter x Langkah78.0 x 83.678.0 x 78.4
Daya Maksimum76.0/6.00010.2/6.000
Torsi Maksimum10.6/4.00010.8/4.400
Sistem Bahan BakarECCS (Electronic Concentrated-engine Control System)ECCS (Electronic Concentrated-engine Control System)
Bahan Bakar BensinBensin
Kapasitas Tangki41L41L

Nissan March memiliki details panjang body sebagai berikut:

Panjang Mobil3.780mm
Tinggi Mobil1.525mm
Lebar Mobil1.665mm
Jarak Rendah Mobil141mm
Radius Putar4.5m
Berat Kotor935kg
Wheelbase2.440mm

Fitur Unggulan Nissan March

Nissan March menyediakan berbagai fitur yang terbagi menjadi berbagai aspek yakni fitur hiburan, fitur keamanan dan fitur kenyamanan.

Pada fitur hiburan, Nissan March menyediakan audio switch control yang biasanya tersedia di mobil mewah, multi information display yang dapat memberikan informasi berupa fuel sensor, rest reminder, events  reminder, trip information, Intelligent key dan immobilizer juga turut menjadi fitur andalan untuk Nissan March. 

Pada fitur keselamatan dan keamanan, Nissan March dilengkapi oleh dua buah Airbag di bagian depan, kemudian sistem pengereman yang menganut teknologi ABS+EBD+BA khusus varian tertinggi. Sehingga pengemudi tetap bisa mengendalikan mobil saat terjadi pengereman mendadak atau untuk menghindari objek yang tiba-tiba berada di dekat area mobil.

Untuk keselamatan lebih maksimal, Nissan March memasang Vehicle Dynamic Control (VDC) yang berfungsi mengurangi efek Understeer atau Oversteer saat melakukan manuver secara ekstrim di jalan rusak atau lingkungan yang tajam. Sistem ini secara otomatis mengurangi suplai bahan bakar yang masuk ke dalam mesin kemudian menurunkan transmisi dan juga memberi perintah untuk mengurangi putaran pada roda tertentu.

Selain itu juga terdapat Crushable Zone yang memiliki fungsi meredam guncangan dan mengurangi resiko fatal akibat benturan.Dengan harga yang relatif terjangkau, fitur yang dimiliki Nissan March memang cukup mumpuni.

Kelebihan dan Kekurangan Nissan March

Berikut adalah kekurangan dan kelebihan Nissan March menurut para ahli. 

KelebihanKekurangan
Kabin LuasGetaran mesin terasa
Bagasi LuasSuspensi terlalu halus
Fitur Keselamatan dan Keamanan MumpuniBelum tersedia cup holder
Menawarkan 2 opsi pilihan mesin dan transmisiTransmisi otomatis belum CVT
Tenaga mesin mumpuni
Suspensi halus

Harga Terbaru Nissan March di Indonesia

Setelah mengetahui spesifikasi, fitur dan mesin yang dimiliki oleh Nissan March, berikut daftar harga terlengkap Nissan March di Indonesia.

Nissan March 1.2L MT mulai dari Rp. 185.80 Juta

Nissan March 1.2L AT mulai dari Rp. 196,60 Juta

Nissan March 1.2L XS AT mulai dari Rp. 207,40 Juta

Nissan March 1.5L MT mulai dari Rp. 214,90 Juta

Nissan March 1.5L MT mulai dari Rp. 225,60 Juta

Tersedia dalam 5 varian dan 6 pilihan warna yaitu pearl white, ruby red, sky blue, platinum silver, blossom pink, onyx black.

Nah diatas telah dijabarkan secara lengkap spesifikasi dan harga untuk Nissan March Indonesia. Berencana membeli mobil dalam waktu dekat? Hal utama yang harus diketahui adalah melakukan perawatan yang tepat agar performa mobil terjaga. Serahkan perawatan mobil Anda pada otoklix.com, bengkel mobil terpercaya di Indonesia.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Nissan March

Jenis rem belakang dari Nissan March adalah drums

Nissan March tidak memiliki Start/Stop Engine Button

Nissan March tidak memiliki wiper lamp