Uji konsumsi BBM Brio dilakukan dengan melewati rute luar dan dalam kota. Hasilnya, mobil Brio mampu mencetak konsumsi BBM dalam kota sebesar 16,9 km dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Uji konsumsi BBM Brio dilakukan dengan mengisi sebanyak 11,11 liter bensin. Masuk dalam catatan mobil mini yang irit BBM, OtoFriends penyuka city car hatchback wajib tahu spesifikasi detail jika tertarik melakukan pembelian mobil Honda Brio ini. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Mobil Mini Terbaik di Indonesia, Harga dan Spesifikasi

    Fitur Mobil City Car Honda Brio

    Menjadi primadona city car di Indonesia, selain tampil dengan desain sporty, mobil Honda Brio menawarkan fitur menawan dengan harga terjangkau. Selain bentuknya yang mungil, beberapa fitur yang ditawarkan seperti ruang kabin dan bagasi yang lebih luas, rem ABS+EBD, fitur keselamatan Dual Front SRS Airbags, serta beberapa fitur pembaharuan lainnya membuat mobil Honda Brio ini semakin digemari. Tersedia 5 tempat duduk dengan kursi belakang yang bisa dilipat. Terdapat tombol multifungsi di lingkar kemudi, pemutar CD, speaker depan audio 2Din, Soket USB, radio Am/FM, speaker belakang dan sambungan bluetooth. 

    Mesin dan Spesifikasi Mobil Honda Brio

    Terkenal dengan keiritan bensin, mobil Honda Brio dibekali dengan mesin 4 silinder, konfigurasi katup SOHC, dengan suplai bahan bakar PGM-FI.  Jenis transmisi yang digunakan adalah manual. Tenaga mesin 89 hp, dengan torsi 110 Nm, dan kapasitas mesin 1199 L. Jenis ban radial dengan ukuran 175/65 R14.

    Baca juga: Intip Harga Ban Mobil Brio dan Pilihan Rekomendasinya

    Efisiensi BBM mobil Honda Brio ini sudah diakui kehebatannya karena bisa tetap irit digunakan, meski berkendara di jalanan perkotaan yang macet seperti ibu kota Jakarta.  Namun, uji konsumsi BBM Brio ini tidak lepas dari beberapa poin yang harus tetap OtoFriends ketahui, antara lain:

    1. Bahan bakar yang digunakan
    2. Rute yang dilewati
    3. Gaya dan waktu berkendara
    4. Bobot Mobil
    5. dan perawatan mesin

    Baca juga: Intip Biaya Servis Mobil Honda Brio Sampai 100.000 KM

    Faktor gaya mengemudi dan perawatan mesin mobil Honda Brio menjadi faktor penting dalam uji konsumsi BBM Brio. Gaya mengemudi yang kasar bisa menjadi penyebab mobil Honda Brio boros bahan bakar. OtoFriends harus membiasakan diri untuk berkendara dengan halus, berjalan dengan kecepatan konstan, dan tidak secara tiba-tiba melakukan pengereman. 

    Terkait servis dan perawatan mesin mobil Honda Brio, OtoFriends bisa menyerahkannya pada Otoklix. Otoklix bekerja sama dengan bengkel umum tepercaya. Berbagai layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune-up, ganti aki, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil juga tersedia. Pastikan OtoFriends tidak lalai dalam melakukan perawatan mesin mobil Honda Brio OtoFriends setidaknya 6 bulan sekali, untuk menjamin uji konsumsi BBM Brio dan performa mesin tetap dalam kondisi terjaga. 

    Kelemahan Mobil Honda Brio

    Seiring dengan perkembangan, fitur mobil Honda Brio selalu di update. Meskipun begitu, mobil Honda Brio masih memiliki beberapa kekurangan di mata masyarakat yang akhirnya membuat mobil Honda Brio menjadi kurang diminati, yaitu:

    1. Kualitas interior yang kurang baik

    Material dashboard dan door trim terbuat dari plastik tipis

    1. Ruang belakang yang sempit

    Hanya ada 5 tempat duduk, OtoFriends harus melipat kursi bagian belakang untuk memperluas kapasitas bagasi.

    1. Dudukan dashboard yang mudah longgar 

    OtoFriends harus sering melakukan servis dan pengecekan di bengkel untuk melakukan pemasangan ulang dashboard mobil.

    Perbandingan Uji Konsumsi BBM Brio dan Daihatsu Sirion

    Mobil Daihatsu Sirion dijadikan pembanding uji konsumsi BBM Brio. Kedua model ini layak untuk dibeli, mengingat harga yang tidak jauh beda, yaitu berkisar di Rp200 jutaan saja. Bergantung pada tujuan pembelian dan pemakaian, jika OtoFriends ingin berkendara dengan mobil mini irit BBM, mobil Honda Brio adalah pilihan yang tepat karena mobil Daihatsu Sirion masih kalau irit dengan mobil Honda Brio. 

    Namun jika OtoFriends ingin berkendara dengan mobil mini yang bertenaga, Daihatsu Sirion adalah jawabannya. Kedua mobil ini cocok dimiliki oleh anak muda. Membeli mobil Honda Brio atau Daihatsu Sirion bekas bisa menjadi alternatif pilihan jika OtoFriends ingin melakukan pembelian namun terbatas modal.

    BBM yang Digunakan Brio

    Bahan bakar yang digunakan menjadi salah satu faktor penentu uji konsumsi BBM Brio. OtoFriends dapat menggunakan bensin sebagai bahan bakar mobil Honda Brio OtoFriends. Namun jika ingin berkendara irit maksimal, gunakan bahan bakar pertamax, karena semakin bagus kualitas bahan bakar, kinerja mesin mobil akan semakin baik, sehingga semakin irit pula bahan bakar yang digunakan mobil Honda Brio OtoFriends

    Sudah tahu bagaimana spesifikasi mobil Honda Brio, informasi uji konsumsi BBM Brio ini bisa menjadi bahan pertimbangan OtoFriends untuk melakukan pembelian. Jangan lupa melakukan perawatan dan servis mesin mobil secara rutin, memperbaiki cara mengemudi, serta memperhatikan rute dan bobot mobil saat berkendara, sehingga OtoFriends dapat berkendara irit dengan mobil mungil Honda Brio. 

    Pertanyaan Seputar Uji Konsumsi BBM Brio

    Uji konsumsi BBM Brio dilakukan dengan melewati rute luar dan dalam kota. Hasilnya, mobil Brio mampu mencetak konsumsi BBM dalam kota sebesar 16,9 km dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Uji konsumsi BBM Brio dilakukan dengan mengisi sebanyak 11,11 liter bensin.

    Berdasarkan uji konsumsi BBM Brio yang dilakukan di rute dalam kota, mobil Honda Brio masuk dalam golongan mobil mungil irit bahan bakar dan menjadi primadona di kelasnya.

    Update harga Honda Brio full tank dengan kapasitas tangki 35 liter dan di isi pertalite adalah Rp350 ribu.