Membeli mobil bekas adalah salah satu solusi untuk mendapatkan kendaraan roda empat dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga unit barunya. Namun, tidak semua kredit mobil bekas punya cicilan yang ringan.

Lantas, apa saja pilihan mobil yang bisa dibeli dengan cicilan Rp1 jutaan per bulan? Simak simulasi kredit mobil bekas berikut ini hingga tata cara dan syarat pengajuan kredit mobil bekas, hanya di Blog Otoklix.

Simulasi Kredit Mobil Bekas Rp1 jutaan

Untuk dapat mobil bekas dengan cicilan Rp1 jutaan per bulan, biasanya DP (Down Payment) yang harus dibayar lebih mahal. Sebab, makin besar DP, makin kecil cicilannya. Kita bisa bayar DP sebesar 30% hingga 50% dari total harga mobil.

Selain itu, kita juga perlu melihat harga mobil bekas tersebut. Harga mobil bekas murah yang bisa dicicil sebesar Rp1 jutaan per bulan kira-kira maksimal Rp100 jutaan. Kemudian, tenor yang diambil sekitar 4 – 5 tahun agar beban angsuran makin ringan.

Berikut ini adalah simulasi kredit mobil bekas yang angsurannya sekitar Rp1 jutaan.

1. Daihatsu Ayla 1.0 X Hatchback 2014

Kita bisa mendapatkan mobil Daihatsu Ayla tahun 2014 dengan cicilan sekitar Rp1,6 juta hingga Rp1,9 jutaan. Harga mobil bekas Daihatsu Ayla 2014 dengan jarak tempuh 50 sampai 55 kilometer adalah sekitar Rp88 juta. Dengan DP sebesar 35% atau sekitar Rp30,8 juta dan tenor 48 bulan, kita hanya perlu membayar angsuran sekitar Rp1 jutaan.

Ayla dibekali dengan mesin berkubikasi 998 cc. Sistem transmisinya menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Dengan kombinasi ini, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 64 hp.

2. Toyota Avanza 1.3 G 2011

Mobil Toyota Avanza salah satu mobil bekas yang paling banyak diminati. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.298 cc dan tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 91 hp. MPV ini menggunakan sistem transmisi manuall 5 percepatan.

Beberapa fitur yang disematkan di mobil Avanza ini adalah sensor parkir, AC Double Blower, Head Unit Single DIN, Electric Power Window, Anti-lock Braking System (ABS), Power Steering hidrolik, hingga Central Block.

Kita bisa mendapat mobil Toyota Avanza 2011 bekas dengan total jarak tempuh 109 ribu hingga 105 ribu kilometer dengan harga mulai dari Rp110 juta. DP sebesar 40%, yaitu Rp40 juta. Sehingga cicilannya jadi hanya Rp1,6 juta hingga Rp1,8 juta per bulan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas di Bawah 100 Juta dengan Tahun Muda

3. Honda Brio 1.2 Satya E 2017

Ternyata dengan angsuran Rp1 jutaan, kita juga bisa dapat Honda Brio Satya E tahun 2017. Mobil ini tersedia di salah satu diler di daerah Sawangan, Depok. Spesifikasi Honda Brio 1.2 Satya ini adalah dibekali dengan mesin 1.199 cc. Dengan mesin ini, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 89 hp. 

Mobil ini ditawarkan dengan angka pada odometer 26 ribu kilometer. Angka yang tergolong rendah, artinya mobil ini jarang dipakai bepergian jauh. Menurut catatan penjual, mobil ini siap pakai dalam dan luar kota.

Harga mobil bekas ini Rp99,9 juta. Agar bisa mendapat kredit mobil bekas dengan angsuran Rp1 jutaan, DP yang harus dibayarkan yaitu 40 persen, atau sekitar Rp39,96 juta. Tenornya 48 bulan.

4. Suzuki SX4 1.5 Cross Road 2008

Mobil berikutnya adalah Suzuki SX4 1.5 Cross Road tahun 2008. Tercatat angka 106 ribu km pada odometernya. Mesin berkapasitas 1.490 cc disematkan pada mobil ini. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan.

Fitur-fitur yang tersedia cukup canggih. Di antaranya ada Power Steering, Power Windor, Head Unit Touch Screen, spion samping elektrik, dan juga fog lamp. Harga mobil Suzuki SX4 1.5 Cross Road ini adalah Rp96 juta untuk pembayaran tunai.

Pihak penjual menyediakan kredit dengan tenor 4 tahun. DP yang harus dibayarkan adalah Rp36 juta dan bisa mendapat angsuran Rp1,9 jutaan selama 48 bulan.

5. Ford Fiesta 1.4 Trend Hatchback 2011

Selain mobil-mobil Asia, mungkin kamu juga ingin memiliki mobil Eropa. Ford Fiesta 1.4 Trend 2011 bekas dijual dengan harga Rp89 jutaan. Dengan uang muka sebesar 30 persen atau sekitar Rp26,7 juta, kamu bisa mendapat kredit dengan cicilan Rp1,7 jutaan selama 4 tahun.

Mobil ini dibekali dengan mesin 1.388 cc dengan sistem transmisi otomatis 4 percepatan. Dokumen kendaraannya masih lengkap dan asli. Bodi maupun mesinnya juga terawat dengan baik.

Itu dia 5 pilihan mobil dengan angsuran sekitar Rp1 jutaan per bulan.

Baca juga: Lokasi dan Daftar Showroom Mobil Bekas Resmi di Jakarta

Cara Kredit Mobil yang Aman

Selain menentukan mobil bekas apa yang jadi pilihan, kita juga perlu tahu bagaimana cara kredit mobil yang aman. Paling tidak ada 5 hal yang perlu kita perhatikan agar aman ketika kredit mobil.

1. Cek harga dan estimasi bunga

Hal pertama yang diperhatikan adalah mengecek harga mobil bekas dan juga estimasi bunganya. Dengan kata lain, kita disarankan untuk mengetahui simulasi kredit mobil bekas. Langkah ini berguna agar kita bisa mengukur kesanggupan dalam membayar.

2. Memilih lembaga pembiayaan yang tepercaya

Setelah menghitung simulasi kredit mobil, langkah selanjutnya adalah memilih lembaga pembiayaan yang terpercaya. Pilih leasing yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Menyiapkan dokumen untuk pengajuan kredit mobil

Ada sejumlah dokumen yang harus dipenuhi untuk keperluan verifikasi data. Dokumen ini jadi syarat pengajuan kredit mobil. Sejumlah dokumen yang harus disiapkan untuk pengajuan kredit mobil bekas antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kartu Identitas Diri (KTP/SIM/Passport).
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Slip Gaji.
  • Bukti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau Rekening Listrik atau PDAM.
  • Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP (khusus bagi pengusaha).
  • Keterangan Izin Praktik (khusus bagi profesional).
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (jika ada).
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Baca juga: OtoProtect by Otoklix: Perlindungan Ekstra untuk Mobil Bekas

4. Proses pemeriksaan dokumen dan survei mobil

Setelah semua dokumen lengkap, lembaga pemberi pembiayaan akan melakukan survei mobil yang akan dibeli. Ada aturan yang berlaku saat ini, yaitu mobil bekas yang bisa dikredit adalah mobil dengan usia yang tidak terlalu tua, maksimal 10 tahun. 

5. Konfirmasi kredit

Tahap terakhir setelah proses survei adalah konfirmasi kredit. Pihak leasing akan menghubungi diler atau pembeli dan menginformasikan status pengajuan kredit, apakah diterima atau ditolak. Kalau pengajuan kredit diterima, maka pembeli wajib membaca dan menandatangani kontrak kredit mobil. 

Kontrak tersebut berisi informasi jumlah uang muka yang wajib dibayar, besaran cicilan per bulan, dan ketentuan-ketentuan lainnya.

Jadi sudah ada gambaran mengenai simulasi kredit mobil bekas dan juga cara serta syarat pengajuannya.

Membeli kredit mobil bekas lebih tepercaya dengan layanan OtoProtect dari Otoklix. Otoklix memberikan perlindungan ekstra untuk mobil bekas dan mendapatkan pengalaman layaknya membeli mobil baru.

Kamu bakal mendapat garansi servis selama 6-12 bulan setelah beli mobil bekas. Tertarik tahu info lebih lanjut tentang OtoProtect? Kunjungi https://otoklix.com/otoprotect

Download aplikasi Otoklix di smartphone untuk kemudahan booking servis mobil di bengkel flagship Otoklix.

Booking servis bisa juga dilakukan dengan menghubungi WhatsApp di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Kredit Mobil Bekas

Umumnya kredit mobil bekas memiliki aturan untuk membayar DP sebesar minimal 30 persen. Tenornya sekitar 4 – 6 tahun, tergantung kebijakan dari pihak leasing maupun bank yang menjadi lembaga pembiayaan.

Mobil bekas bisa dibeli dengan sistem pembayaran tunai maupun kredit. Kredit bisa dilakukan ketika membeli mobil bekas di diler maupun perorangan.

Syarat untuk pengajuan kredit mobil bekas antara lain menyiapkan dokumen, antara lain KTP, Kartu Keluarga (KK), NPWP, slip gaji, fotokopi rekening tabungan, rekening telepon, dan listrik.