Harga mobil Civic type R dibanderol sekitar Rp1,18 miliar. Dengan harga fantastis tersebut, banyak kelebihan yang ditawarkan. Mulai dari fitur keselamatan, spesifikasi mesin, hingga tampilan eksterior dan interior yang mewah.

Selain memiliki berbagai fitur menarik, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli Civic type R. Simak selengkapnya!

Kelebihan Honda Civic Type R

Harga Honda Civic type R memang mahal. Namun, hal itu sepadan dengan kelebihan yang ditawarkan. Berikut beberapa keunggulan Honda Civic type R.

1. Memiliki fitur keselamatan mumpuni

Mobil Honda Civic Type R memiliki 6 Airbags (Front, Side & Side Curtains), Cruise Control, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Brake Override System, ABS + EBD + BA, dan Immobilizer. Bukan hanya itu, mobil tersebut juga dilengkapi Honda Sensing yang terdiri atas Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, dan Road Departure Warning.

2. Mesin paling kencang dibanding seri Civic lainnya

Pada umumnya, mobil Hatchback Civic menggunakan mesin 1.5L + Turbo. Namun, pada mobil Honda Civic Type R terdapat mesin berkodekan K20C1 dengan kubikasi 2.000 cc DOHC, 4 silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo + DBW.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 310 PS @6.500 Rpm dengan angka torsi mencapai 400 Nm @2.500-4.500 Rpm. Honda Civic Type R yang menggunakan teknologi Earth Dreams Technology diklaim sebagai mobil terkencang dibandingkan mobil Civic lainnya.

3. Memiliki tampilan eksterior macho dan sporty

Mobil Honda Civic Type R memiliki ciri khas tampilan sporty yang lebih macho dari Civic Hatchback pada umumnya. Di bagian bonnet penutup mesin, terdapat Air Scoop yang berfungsi menambah sirkulasi udara.

Aura sporty juga ditampakkan lewat bentuk bumper Civic Type R. Terdapat housing fog lamp besar dengan lubang udara di samping. Selain itu, ada juga lips body kit di bawah bumper.

Dibandingkan Civic Hatchback lainnya, Honda Civic Type R tampak lebih rendah apabila dilihat dari samping. Terdapat side skirt dan pelek berukuran 20 inch dengan profil ban lebar sehingga lebih mudah menapak permukaan aspal.

Pada tampilan belakang, terdapat Shark Fin Antenna yang berfungsi membelah angin pada kecepatan tinggi. Kemudian, terdapat spoiler yang dapat meningkatkan downforce pada kendaraan. Desain bumper belakang yang berbentuk kekar, serta tiga corong exhaust muffler di bagian tengah belakang membuat mobil kian sporty.

4. Interior Civic tampak mewah

Pada bagian interior, aura sporty tampak dari warna hitam yang berkombinasi dengan warna merah. Selain itu, terdapat aksen karbon di beberapa bagian interior. Kemudian, terdapat fitur berupa head unit layar sentuh 7 inch dengan sistem android, Garmin Navigation, MP3/WMA, AM/FM Radio, HDMI Port, USB Port, Smartphone Connection, dan Bluetooth Connection. 

Sistem entertainment dapat dijalankan melalui Steering Wheel Audio Control Switch. Sementara itu, pengaturan sistem pendingin udara menggunakan model digital Auto Dual Zone Climate Control.

Baca juga: Lebih Rp1 Miliar, Harga Mobil Civic Type R Sebanding Kualitas?

Kelemahan Honda Civic Type R

Dengan segala kelebihan yang dimiliki Honda Civic Type R, mobil tersebut tidak lepas dari kekurangan. Berikut beberapa kelemahannya.

1. Biaya perawatan cukup mahal

Dengan harga mobil di atas satu miliar, biaya perawatan yang dibutuhkan tentu saja mahal. Apabila OtoFriends ingin memiliki mobil Honda Civic Type R ini, jangan lupa alokasikan dana perawatan setiap bulan, ya.

2. Ayunan suspensi yang keras dapat mengurangi kenyamanan

Honda Civic Type R memiliki ayunan suspensi yang tergolong keras. Selain itu, diameter lingkaran roda yang membesar dapat mengurangi kenyamanan di dalam kabin.

3. Mesin menimbulkan suara kencang di kecepatan tinggi

Ketika mobil Honda Civic Type R dikendarai dalam kecepatan tinggi, akan terdengar raungan mesin yang masuk dalam kabin. Sebagian pengguna bisa sedikit terganggu akibat suara tersebut. Namun, untuk mengatasi hal itu bisa ditambahkan peredam dalam kabin.

4. Honda Civic Type R hanya memiliki transmisi manual

Honda Civic Type R hanya memiliki transmisi manual 6-percepatan. Meskipun demikian, mobil dengan bentuk futuristik ini dapat dijadikan pilihan sebagai mobil mewah.

Baca juga: Harga Mobil Honda Civic Terbaru, Lengkap dengan Spesifikasinya

Tips membeli mobil baru

Apabila OtoFriends berminat membeli Honda Civic Type R atau mobil mewah lainnya, perhatikan beberapa tips berikut ini, ya!

1. Pilihlah jenis mobil sesuai kebutuhan

Pertama, pertimbangkan berapa banyak anggota keluarga. Kemudian, pertimbangkan juga ukuran garasi yang dimiliki. Sesuaikan mobil pilihan dengan kebutuhan.

2. Lakukan perbandingan harga

Jangan lupa untuk membandingan harga mobil sebelum membeli. OtoFriends bisa mengunjungi beberapa dealer terpercaya, apalagi kalau berbagai promo menarik. Misalnya, promo cicilan lebih ringan, diskon, cashback, bonus, dan lainnya.

3. Hitung anggaran bulanan

Buatlah anggaran bulanan apabila OtoFriends ingin membeli mobil secara kredit. Hal ini untuk memastikan kondisi keuangan tetap stabil. Pada umumnya jumlah cicilan mobil paling ideal yaitu tidak lebih dari 15% dari total penghasilan bulanan.

4. Siapkan uang muka

Ketika memutuskan membeli mobil secara kredit, jangan lupa siapkan uang muka (down payment). Jumlah pembayaran bulanan tersebut tergantung dari bunga yang berlaku dan tenor yang diambil.

5. Perhitungkan biaya perawatan

Jangan lupa siapkan biaya perawatan setiap bulan. Sebab, mobil yang tidak dirawat dengan baik akan mudah rusak. Apabila OtoFriends ingin melakukan perawatan mobil di bengkel umum terdekat, OtoFriends bisa mengunduh aplikasi Otoklix. Dapatkan berbagai penawaran menarik dan jaminan bebas antrian di bengkel!

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda Terbaru, Termasuk WR-V yang Segera Rilis

Pertanyaan Seputar Civic Type R

Mobil Honda Civic Type R merupakan mobil seater hatchback yang tersedia dengan harga Rp 1,18 Miliar di Indonesia. Mobil ini tersedia dalam 6 warna, 1 varian, 1 pilihan mesin, dan 1 opsi transmisi manual.

Mobil Honda Civic Type R pada tahun 2020 dibanderol sekitar Rp 1,07 miliar.

Type R merupakan tingkatan tertinggi dalam spesifikasi mobil Honda seperti Honda Civic Type R. Mobil jenis tersebut memiliki performa maksimal pada mesin.