Campervan saat ini sedang naik daun, banyak mobil yang dimodifikasi menjadi campervan. Di Indonesia banyak mobil yang bisa dijadikan campervan.

Simperlnya, Camper adalah camping, Van adalah mobil, jadi campervan adalah camping di dekat atau di mobil. Mobil campervan atau caravan adalah kendaraan yang dimodifikasi sedemikian rupa menyerupai rumah berjalan. Mobil campervan standar paling tidak memiliki tempat tidur, peralatan masak dan camping.

    Di Indonesia saat ini sudah terbentuk komunitas Camper Van Indonesia (CVI) yang sudah memiliki anggota tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin membangun mobil campervan, kami merekomendasikan memilih mobil yang memiliki kabin luas. Memang secara teknis tidak ada mobil khusus untuk camper.

    OtoFriends bingung bagusnya menggunakan mobil apa? Pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi mobil campervan Indonesia terbaik beserta dengan harganya, simak sampai akhir ya!

    Rekomendasi Mobil Campervan Indonesia

    1. Volkswagen Combi

    Volkswagen Combi atau VW Combi memang sejak lama sudah banyak digunakan sebagai mobil campervan. Campervan dipopulerkan oleh VW berkat kerjasama dengan Westfalia untuk membangun mobil Campervan VW Kombi.

    Banyak mobil-mobil VW Combi dimodifikasi menjadi campervan cantik. Bahkan ada pula mobil VW Kombi dijadikan campervan wisata, kamu bisa menyewa tanpa harus repot untuk membangun campervan sendiri. Untuk harga VW Kombi tidak ada patokan pastinya, karena sudah masuk dalam kategori mobil koleksi. 

    2. Daihatsu Grand Max

    Rekomendasi mobil campervan Indonesia kedua adalah Daihatsu Grand Max.

    Secara teknis mobil Grand Max tidak memerlukan banyak modifikasi. Pintu model gesernya sangat praktis, apalagi model jok yang bisa dilipat rata lantai.

    Grand Max cocok bagi para pemula yang ingin mencoba camping di alam terbuka. Kamu tinggal menyiapkan kasur peralatan masak, mobil Grand Max sudah bisa untuk camping. Harga Daihatsu Grand Max mulai dari Rp60 juta sampai Rp130 juta, semua tergantung kondisi mobil.

    3. Daihatsu Luxio

    Daihatsu Luxio merupakan kembaran dari Daihatsu Grand Max, ibaratnya seperti Avanza dengan Xenia. Platform yang digunakan keduanya sama, memiliki wujud boxy, pintu geser dan kabin luas.

    Dari segi tampilan, Daihatsu Luxio lebih mewah, sedangkan Grand Max memiliki tampilan lebih sederhana. Grand Max lebih cocok untuk mobil bisnis sedangkan Luxio lebih cocok untuk mobil keluarga.

    Suspensi Luxio terkenal empuk, sehingga cocok untuk mobil caravan. Bagi OtoFriends yang ingin membuat campervan dengan mobil Luxio, langsung saja cek harganya mulai dari Rp90 sampai Rp125 jutaan.

    Baca juga: Daihatsu Luxio Bekas, Spesifikasi dan Harga Lengkap

    4. Suzuki APV

    Suzuki APV termasuk dalam jenis mobil MPV berdimensi besar dengan ukuran 4.225 x 1.655 x 1.885 mm dan wheelbase 2.625 mm. Suzuki APV terkenal dengan kabin yang luas, bahkan mobil ini bisa dipakai untuk mobil ambulance.

    Kekurangan mobil ini terletak pada pintunya, yaitu masih bukaan samping bukan pintu geser. Namun jika kamu berniat menjadikan mobil campervan, Suzuki APV bisa jadi pilihan yang menarik.

    Mobil Suzuki APV bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp60 jutaan dengan kondisi bekas. Sebelumnya lakukan pengecekan secara teliti agar mendapatkan unit yang bagus.

    5. Nissan Evalia

    Nissan Evalia secara dimensi cocok untuk membuat mobil campervan Indonesia, apalagi pintunya model sliding. Kabinnya pun lega sehingga mudah untuk dimodifikasi.

    Mobil dari Nissan ini memang populasinya tidak sebanyak mobil lain. Harga bekasnya bisa kamu dapatkan mulai dari Rp60 jutaan, tergantung kondisi mobilnya.

    6. Hyundai H1

    Rekomendasi selanjutnya untuk mobil camping datang dari merek mobil Korea, yaitu Hyundai H1. Dilihat dari segi dimensi, mobil Hyundai H1 ini sangat lega, dimensinya mirip dengan mobil Toyota Alphard.

    Pintunya mengadopsi model geser, sehingga sangat praktis untuk mobil campervan. Hyundai H1 masuk dalam jenis Big SUV Premium, harga barunya termasuk mahal. Tersedia dua jenis mesin bensin dan diesel, soal tenaga tidak perlu diragukan lagi.

    Sayangnya untuk harga bekas Hyundai H1 tergolong lebih mahal dibanding bahan campervan lain, yaitu mulai dari Rp100 jutaan.

    7. Toyota Alphard

    Bagi OtoFriends yang memiliki budget tebal, Otoklix merekomendasikan Toyota Alphard menjadi mobil campervan Indonesia mewah. Mobil Alphard harga barunya hampir menyentuh 1 miliar, sehingga masuk dalam kategori mobil mewah.

    Segi kenyamanan dan kemewahan menjadi poin plus mobil ini, apalagi dengan adanya pintu geser otomatis dan kabin yang luas. Rasanya tidak perlu banyak melakukan modifikasi, cukup membawa kasur saja sudah jadi mobil campervan.

    Untuk harga bekas mobil Toyota Alphard mulai dari 130 jutaan. Lakukan pengecekan secara teliti, karena harga sparepart bisa menguras kantong.

    Baca juga: 7 Tips Merawat Mobil Pintu Geser

    8. Toyota HiAce

    Toyota HiAce terkenal dengan mobil travel antar kota antar provinsi. Mobil ini memiliki dimensi yang luas dan panjang, bisa muat banyak penumpang. Kamu bisa memodifikasi dengan menambahkan kasur, sofa, lemari, wastafel hingga toilet.

    Untuk dijadikan mobil campervan besar, HiAce ini sangat recommended. Ditambah dengan adanya pintu samping model sliding. Tetapi sayangnya untuk harga bekas Toyota HiAce masih tinggi, masih di atas Rp200 jutaan.

    9. Isuzu Elf

    Isuzu Elf merupakan pesaing HiAce menjadi mobil travel. Secara dimensi sangat besar, jadi sangat bisa dijadikan campervan. Pastinya kamu tidak akan bingung, segala peralatan camping bisa masuk mulai dari kasur, meja, lemari, kitchen set, sofa, wastafel dan toilet.

    Kekurangannya untuk Isuzu Elf keluaran lama pintu masih menggunakan bukaan samping. Untuk harga bekas Isuzu Elf bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp100 jutaan saja.

    Baca juga: Harga Mobil Elf Isuzu dan Spesifikasi, Muat Banyak Penumpang

    10. Kia Carnival

    Kia Carnival menjadi pilihan mobil campervan Indonesia murah, bagaimana tidak harga bekasnya mulai dari 30 jutaan saja. Mobil ini sempat trend sekitar tahun 2000-an awal dan sekarang populasinya tidak banyak. 

    Fitur mobil ini terbilang lengkap, kamu bisa mendapatkan sunroof, pintu model geser dan kabin yang lega. Tetapi karena sudah mobil berumur, kamu perlu menyiapkan budget lebih untuk melakukan tune-up mobil agar tidak ada masalah saat camping.

    11. Volkswagen Caravelle

    Sebelum ramai mobil Jepang masuk di Indonesia, pamor mobil Volkswagen Caravelle ini terbilang cemerlang di Indonesia. VW Caravelle menjadi ikon MPV mewah pada masa itu.

    VW Caravelle banyak digunakan sebagai mobil operasional sampai sekarang, bahkan Presiden Jokowi memboyong mobil VW Caravelle menjadi kendaraan operasional pejabat.

    Mobil VW Caravelle di Indonesia memang populasinya tidak banyak, tetapi recomended untuk dijadikan mobil campervan. Kelebihannya terletak pada dimensi yang besar dengan pintu model geser. Untuk harga second VW Caravelle bisa didapatkan mulai dari Rp100 jutaan.

    12. Chevrolet Trooper

    Chevrolet Trooper merupakan SUV keluaran tahun 1980 sampai 1990-an dengan sistem penggerak roda 4×4. Walaupun model SUV, kabin Chevy Trooper ini tergolong luas.

    Mobil dengan sistem penggerak AWD ini bisa kamu ajak untuk camping pada lokasi medan yang sulit. Carilah Chevrolet Trooper varian Hi-Roof agar dapat memuat barang yang lebih tinggi. Saat ini harga bekas Trooper mulai dari Rp30 jutaan saja.

    13. Suzuki Carry

    Terakhir, rekomendasi mobil camper dengan budget murah bisa menggunakan mobil Suzuki Carry. Carry menjadi mobil legendaris di Indonesia dan populasinya sangat banyak. Harga bekasnya sangat murah, bisa didapatkan mulai dari harga 10 jutaan.

    Carry sangat cocok untuk para pemula yang ingin memiliki campervan sendiri. Apalagi Carry tergolong irit bahan bakar dan perawatannya mudah. 

    Mungkin OtoFriends memiliki rekomendasi mobil campervan Indonesia lain yang belum masuk dalam daftar diatas?

    Pilih Mobil Campervan yang Mana?

    Dari kesemua rekomendasi mobil campervan Indonesia diatas, semuanya bagus dijadikan campervan. Semua akan kembali lagi ke budget yang sudah OtoFriends siapkan, jika budget lebih kami lebih merekomendasikan mobil yang umurnya muda.

    Perlu dicatat pula bahwa setelah membeli mobil, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan modifikasi dan membeli peralatan camping. Jangan lupa lakukan servis rutin ke bengkel terdekat agar mobil campervan tetap prima saat diajak camping. Kamu bisa menggunakan aplikasi Otoklix untuk menemukan rekomendasi bengkel terbaik.  

    Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

    Biayanya membuat campervan berkisar Rp 35 – 150 jutaan diluar harga mobil.

    Camper van atau caravan adalah kendaraan yang bisa digunakan sebagai transportasi maupun camping.

    Camper Van Indonesia adalah komunitas yang mewadahi para pecinta camping dengan Mobil.