Membuat mobil ceper keren menjadi salah satu aliran modifikasi roda empat. Tidak jarang orang-orang melakukan hal tersebut untuk mempercantik tampilan mobil kesayangannya. Namun, sebelum memodifikasi mobil ceper, sebaiknya kita simak dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Mobil Ceper

Selain dari sisi tampilan, mobil ceper juga punya beberapa kelebihan sebagai berikut. Mulai dari kestabilan sampai dengan konsumsi bahan bakar.

    Lebih gagah dan menawan

    Faktor pertama yang membuat pemilik kendaraan ingin memodifikasi mobil jadi ceper adalah karena terlihat lebih menawan. Daya tariknya membuat kagum orang lain saat mobil kita melintas. Bentuknya juga terlihat lebih keren karena jarak permukaan aspal dengan bodi mobil tidak terpaut jauh. Selain itu, mobil ceper juga memberikan kesan mesin yang lebih bertenaga dan cepat.

    Lebih aerodinamis

    Keunggulan kedua adalah desain mobil jadi lebih aerodinamis. Mobil yang aerodinaminya paling baik adalah mobil sporty. Sebab, ground clearance yang rendah bikin aliran angin ke kolong mobil jadi lebih rendah. Jadi, mobil bisa mencengkram aspal dengan lebih baik. Bahkan, mobil-mobil ceper saat ini sudah didesain oleh produsen dengan pengurai aliran udara atau diffuser yang berfungsi mengatur aliran udara di bawah mobil.

    Lebih stabil

    Karena bentuknya yang aerodinamis, mobil ceper juga jadi lebih stabil saat dikendarai. Sebab, posisinya lebih rapat dengan tanah sehingga efek pusat gravitasi jadi lebih rendah.

    Mengurangi hambatan udara

    Mobil yang ceper dengan postur yang lebih rendah juga bikin hambatan udara lebih baik dibandingkan dengan mobil yang posturnya tinggi. Ada istilah khususnya yang disebut dengan coefficient of drag (Cd/koefisien drag). Makin kecil angka Cd, makin maksimal gerak mobil. Hal ini bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

    Tidak mudah terguling

    Mobil ceper juga cenderung tidak mudah terguling saat terjadi tabrakan, dibandingkan dengan mobil yang ground clearance-nya tinggi. Sama halnya ketika berbelok di tikungan atau saat melaju dengan kecepatan tinggi, mobil ini tidak mudah terguling.

    Melihat kelebihan di atas, kita makin mantap untuk modifikasi mobil jadi ceper bukan? Namun, simak juga beberapa kekurangan atau kelemahan dari mobil ceper.

    Baca juga: Tampil Keren dengan Mobil Vios Modifikasi Sport, Berikut Tipsnya!

    Kekurangan Mobil Ceper

    Sulit untuk didongkrak

    Pertama, mobil jadi lebih sulit didongkrak. Sebab, sulit menemukan posisi tumpu untuk memasang dongkrak. Bayangkan kalau kita mengalami pecah ban di jalan raya dan harus mengganti dengan ban serep!

    Bodi mobil lebih rawan rusak

    Ground clearance yang rendah membuat kita harus ekstra hati-hati saat mengemudi. Sebab, bagian bawah mobil ini rentan bergesekan dengan jalan, apalagi saat melaju di jalanan berlubang atau polisi tidur. Bodi yang biasanya terdampak adalah bemper depan dan belakang, knalpot, dan paling sering adalah side skirt.

    Kurang nyaman

    Mobil ceper memang lebih nyaman berkendara di jalanan yang rata. Makanya, biasanya mobil sport diperuntukkan untuk berjalan di sirkuit. Tekstur jalan sirkuit tentu berbeda dengan jalan perkotaan. Saat kita membuat mobil jadi ceper, mobil akan lebih sensitif terhadap permukaan jalan. Jadi, saat di jalanan biasa, guncangannya bisa lebih terasa.

    Kurang praktis

    Ketidakpraktisan ini terasa saat kita harus menggunakan mobil ceper untuk aktivitas harian. Apalagi jalanan di Indonesia ini masih banyak yang tidak mulus. Jadi, kita harus berpikir keras untuk menghindari jalanan yang jelek dengan banyak hambatan.

    Usia suspensi jadi lebih pendek

    Usia suspensi mobil yang dibikin ceper juga bisa jadi lebih pendek. Sebab, komponen kaki-kakinya jadi lebih besar dan harus bekerja ekstra keras. Beban kerja shockbreaker juga bisa meningkat. Pada akhirnya usia pakai suspensi jadi lebih pendek. 

    Kerusakan karena mobil ceper ini bisa diperbaiki di bengkel body repair.

    Itu dia kelebihan dan kekurangan memodifikasi mobil jadi ceper. Lantas, bagaimana cara supaya tetap nyaman meskipun memodifikasi mobil jadi ceper?

    Baca Juga: Ini Macam-macam Aliran Modifikasi Mobil, Pilih Yang Mana?

    Biasanya, mereka melakukan beberapa hal untuk membuat mobil ceper. Salah satunya adalah memotong per bawaan mobil sehingga ground clearance-nya menjadi lebih rendah di tukang per yang ada.

    Selain membuat mobil jadi lebih ceper, memotong per juga akan meningkatkan aerodinamika mobil. Sehingga mobil akan lebih stabil saat dipacu pada kecepatan tinggi.

    Tapi, ada saja keluhan setelah menceperkan suspensi, seperti mobil akan terasa keras dan jadi tidak nyaman. Hal tersebut akhirnya membuat penumpang mudah mual.

    Memang kenyamanan mobil ceper sedikit berkurang ketimbang mobil bersuspensi standar. Tenang, ada beberapa tips bagi kalian yang ingin membuat mobil ceper tapi tetap terasa nyaman dan bisa dipakai untuk daily alias aktivitas harian.

    Tips Bikin Mobil Ceper yang Nyaman

    Pasang Lowering Kit

    Pilihan yang bisa dilakukan saat ingin membuat mobil ceper yang nyaman adalah dengan memasang lowering kit. Menggunakan cara ini terbilang sangat tepat dan ekonomis jika kamu berminat untuk memodifikasi mobil.

    Lowering kit ini biasanya sudah didesain sesuai dengan jenis tipe dari mobil sehingga pasti pemasangannya sudah presisi.

    Jenis ketinggian dari suspensi ini juga berbeda-beda tergantung dengan mereknya. Biasanya dijual dengan harga Rp 5 juta – 10 Juta  tergantung merek dan tipe mobil.

    Baca Juga: Ini Daftar Bengkel Velg Mobil yang Ada di Jakarta

    Gunakan Coilover

    Coilover merupakan asal kata dari Coil Spring yang berarti per menyatu dengan shockbreaker. Paket suspensi ini bisa kamu dapatkan apabila kamu mempunyai dana lebih untuk proses modifikasi mobil agar terlihat semakin ceper dan modis.

    Berbeda dengan Lowering kit yang ketinggian dan suspensinya sudah paten. Maka coilover memiliki pengaturan sendiri untuk turun naiknya mobil.

    Selain itu terdapat mode mengatur empuk atau kerasnya shock. Kamu bisa membeli Coilover ini di beberapa marketplace harganya berkisar Rp 10 Juta- 20 Juta tergantung dengan mereknya.

    Ganti Ulir Per dan Shockbreaker

    Sebelum melakukan cara ini, kalian harus benar-benar mengukur dan mengetahui dimensi suspensi mobil kalian. Untuk memasang suspensi milik mobil lain.

    Ada baiknya, kalian meminta saran dari bengkel atau orang-orang yang sudah berpengalaman. Pastikan pula ukuran ulir per dan sokbreker kepunyaan mobil lain dapat terpasang sempurna dan tidak terlalu pendek.

    Jika terlalu pendek otomatis mobil akan terasa kurang nyaman. Ada sedikit tips untuk pemilihan ulir per.

    Ulir per berdiameter lebih besar dipercaya dapat memberikan pantulan lebih nyaman. Biasanya ulir per mobil asal Eropa sering menjadi favorit para penggiat mobil ceper.

    Pasang Airsuspension

    Cara keempat untuk membuat mobil ceper dengan menggunakan air suspension. Cara ini terbilang cukup ampuh apabila mobil kamu ingin di modifikasi ceper secara ekstrim. 

    Sebab, pada metode suspensi udara, sistem air per digantikan dengan kantong udara yang pengaturannya menggunakan kompresor berukuran kecil yang biasanya diletakan dalam bagasi.

    Selain lebih nyaman, Sistem suspensi ini juga bisa diatur ketinggiannya melalui tombol yang dipasang dekat setir. Bahkan pada beberapa merek suspensi udara juga bisa diatur dengan ponsel yang sudah di setting nantinya. 

    Harga barang ini berkisar Rp 20 Juta – 30 Juta dan bahkan lebih. Semua tergantung dari model dan merk yang ingin kalian beli.

    Baca Juga: Modifikasi Velg Mobil Sport? Catat Pilihan dan Plus Minusnya

    Potong Ulir Per Standar Bawaan Mobil 

    Dibanding beberapa cara di atas, memotong per bawaan mobil atau yang kerap disebut ‘Potkit’ alias potong sedikit menjadi cara paling praktis dan murah.

    Bagi kalian yang ingin menghemat budget, cara ini jadi salah satu jalan yang cocok. Namun perlu diingat, memotong ulir per bawaan mobil pun tak bisa sembarangan.

    Hal itu karena memotong per bawaan mobil pun masih terasa nyaman dan biasanya dapat lebih ceper ketimbang sport kit. Tapi ingat jangan memotong terlalu banyak karena dapat membuat suspensi tidak bekerja maksimal dan mobil akan terasa seperti mantul-mantul.

    Biasanya agar tetap nyaman, fitment yang bisa kalian pilih adalah dua sampai tiga jari aja ban ke fender, atau kalau mau ekstrim dua atau satu jari tapi tentu kurang nyaman ya OtoFriends.

    Bagi kalian pecinta otomotif bisa langsung datang ke bengkel rekanan Otoklix untuk membuat mobil ceper. Caranya tingga mencarinya di website dan aplikasi resmi kami.

    Pertanyaan Seputar Mobil Ceper

    Modifikasi mobil ceper adalah mengubah ground clearance mobil jadi sangat rendah. Caranya adalah dengan memodifikasi bagian kaki-kaki dan roda kendaraan. Tampilan mobil ceper terlihat seperti mobil sport, keren dan lebih gesit.

    Sebab, di antara kelebihan mobil ceper adalah lebih stabil, lebih aerodinamis, dan mengurangi hambatan udara, dan tidak mudah terguling. Fungsi ini perlu ditekankan kepada mobil balap yang butuh melaju lebih cepat dan tetap mengutamakan keselamatan.

    Ada sejumlah risiko yang bisa terjadi saat kita memotong per. Misalnya, berpotensi oleng dan sulit dikendalikan. Jadi, ada beberapa tips aman dan nyaman untuk memodifikasi mobil ceper. Di antaranya adalah memasang lowering kit, menggunakan coilover, ganti ulir per dan shockbreaker, dan pasang air suspension.