Terkadang kita bosan dengan sarung jok mobil bawaan dari pabrik. Sarung jok yang sudah terlalu lama juga bisa rusak. Yuk, simak.

Kamu memang bisa memilih tipe universal untuk mobil, tetapi ada pula yang memang khusus sesuai tipe mobil. Banyak juga berbagai pilihan model jok mobil dari segi material dan fiturnya. Mari kita simak bagaimana tips memilih sarung jok berdasarkan tipe, material, dan fiturnya.

1. Memilih tipe sarung jok mobil

Ada dua tipe cover atau sarung jok yang bisa kamu pilih, yaitu tipe khusus dan universal. Seperti namanya, tipe khusus dapat dikostumisasi untuk mempercantik interior mobil. Sedangkan tipe universal hanya berfokus pada fungsi sebagai pelindung jok dari kotoran.

  • Tipe khusus

Tipe khusus ini dibuat sesuai model jok mobil sehingga ukurannya pas dan lebih indah dipandang. Hasil akhirnya mulus seperti sarung jok bawaan pabrik. Sarung ini tidak akan bergeser ketika digunakan dan tidak ada celah. Harga sarung tipe ini tentu lebih mahal daripada tipe universal, tetapi mampu memberikan kenyamanan yang diinginkan.

  • Tipe universal

Menggunakan sarung jok model universal ini mampu melindungi jok dari kotoran. Tipe ini cocok digunakan bagi kamu yang sering mencuci cover jok. Keunggulan dari tipe universal ini adalah mudah dipasang dan dilepas, bentuk kompatibel untuk berbagai tipe mobil, harganya juga lebih terjangkau.

Ada beberapa tipe pengaplikasian untuk sarung jok model universal. Ada yang sepenuhnya menutup jok, ada yang diikat menggunakan tali, ada juga yang menggunakan karet anti selip sebagai penempelnya. Jika ini lebih pas untuk jok, kamu bisa memilih sarung universal dengan bahan elastis.

2. Memilih material cover jok mobil

Cara memilih sarung jok yang kedua adalah memilih berdasarkan materialnya. Secara umum, material yang digunakan pada sarung mobil adalah kain, kulit sintetis, dan kulit asli.

Ada kelebihan dan kekurangan dari ketiga material tersebut. Bagaimana karakter dari ketiga material?

  • Material kain, mudah dicuci

Material ini cocok digunakan bagi kamu yang memiliki anak kecil atau sering mencuci mobil karena bahan kain ini dapat dicuci sepenuhnya. Kain pada sarung jok memiliki berbagai tekstur dan desain. Di antaranya adalah katun, poliester, dan denim.

Menggunakan sarung jok dari material kain juga memungkinkan kamu untuk sering mengubah suasarn dengan mengganti sarung jok mobil. Tetapi kekurangan material ini adalah cepat menyerap air. Jadi, hati jika jok ketumpahan air karena sarung tidak mudah kering.

  • Kulit sintetis, mudah dirawat

Terdapat pula sarung jok mobil yang menggunakan material kulit sintetis atau PVC. cover ini cocok untuk jok anti debu. Bahan ini juga tidak mudah diserap air, sehingga jika ketumpahan air cukup dilap saja. Bahan ini juga tidak menyerap keringat dengan mudah. Maka dari itu, kamu bisa mengurangi intensitas mencuci sarung jok.

Tampilannya juga terlihat mewah dan harganya relatif terjangkau. Hanya saja, kulit sintetis bisa menjadi lengket kalau sirkulasi udara di dalam mobil tidak baik dan lembap. Kualitas kulit sintetis juga bisa menurun saat terkena sinar matahari atau suhu tinggi. Sehingga, usia pakai kulit sintetis untuk jok sekitar 3-4 tahun saja.

  • Kulit asli, awet untuk jangka panjang

Untuk mendapatkan penampilan yang mewah tetapi jangka waktu pemakaian lebih awet, kamu bisa memilih menggunakan sarung jok dengan bahan kulit asli. Apalagi semakin lama digunakan, penampilan dan tekstur kulit asli juga semakin baik.

Harga model jok dengan kulit asli ini memang cukup mahal, tetapi tidak mudah lembap karena memiliki sirkulasi udara yang baik dan daya serap yang tinggi. Kekurangannya adalah kulit asli ini tidak dapat dicuci sepenuhnya, tetapi kamu bisa memberikan lapisan khusus agar jok tidak menyerap kotoran dan hanya perlu dibersihkan dengan lap basah.

3. Memilih Fitur Sarung Jok Mobil

Selain memilih berdasarkan materialnya, kamu juga memilih jok untuk mobil berdasarkan fiturnya. Ada yang anti air, tahan panas, dan lainnya. Pilih sesuai kebutuhan mobil ya.

  • Anti Air

Sarung jok dengan fitur anti air direkomendasikan bagi kamu yang sering makan atau minum di dalam mobil. Bagi keluarga yang memiliki anak kecil juga disarankan menggunakan bahan ini. Selain itu, jok yang anti air juga membuat jok tidak basah ketika masuk ke dalam mobil setelah berhujan-hujanan.

Jok yang anti air mudah dibersihkan, hanya tinggal dilap saja. Tetapi, jok yang anti air memiliki sirkulasi udara yang kurang baik.

  • Tahan panas

Beberapa kelebihan menggunakan sarung jok yang tahan panas adalah mengurangi risiko kecelakaan mobil terbakar oleh sumber api kecil. Misalnya, ketika penumpang tanpa sengaja menjatuhkan puntung rokok.

  • Berpori

Bahan sarung jok dengan material kulit sintetis atau kulit asli yang berpori akan memberikan sirkulasi udara yang baik. Tetapi, kemungkinan kamu akan kesulitan ketika membersihkan air yang masuk ke cover jok.

  • Pendingin

Tidak hanya fitur AC yang menjadi pendingin dalam kabin mobil. Jok juga ada yang memiliki fitur pendingin sehingga kamu akan tetap merasa nyaman ketika cuaca sedang teruk. 

Pendingin jok ini menggunakan tenaga dari lubang pemantik api mobil dan bisa terasa dingin pada bagian punggung dan alas duduk.

Tetapi, sayangnya produk ini tidak banyak tersedia.

4. Memastikan isi set cover jok mobil

Sebaiknya membeli satu set cover jok agar tampilan kabin mobil menjadi lebih sedap dipandang. Tetapi jika tidak memungkinkan, membeli satu jok saja juga tidak apa-apa. Oleh karena ini, sebelum membeli cover jok, pastikan dan periksa kembali apakah produk yang didapatkan sudah sesuai kebutuhan atau belum.

Apabila memang butuh hanya untuk satu jok saja, maka pastikan yang dibeli adalah sesuai dengan jok yang dibutuhkan. Misalnya hanya ingin mengganti jok depan atau belakang. Jika memilih membeli untuk satu set, maka pastikan kamu sudah mendapatkan semuanya di dalam satu paket.

5. Variasi jok mobil

Yang terakhir adalah memilih jok berdasarkan variasi atau motif yang disukai. Misalnya ingin jok berwarna merah yang ada list hitam, dan sebagainya.

Nah itu tadi tips memilih jok mobil dari segi tipe, material, dan tipenya. Pilih yang sesuai kebutuhan ya. Jika memang belum memiliki anggaran untuk membeli jok, pastikan untuk menjaga kebersihan interior mobil.

Rutin mencuci mobil dari segi eksterior dan interior dapat membantu menjaga kabin mobil tetap bersih, sehat, dan wangi. Temukan beragam bengkel cuci mobil rekomendasi via aplikasi Otoklix.