Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang dibekali pada head unit mobil kian berkembang. Kini, mobil modern sudah memiliki fitur layar sentuh yang dapat difungsikan ke berbagai hal, salah satunya menyetel musik.

Tak perlu khawatir jika daftar lagu (playlist) ada di ponsel. OtoFriends bisa menyambungkannya melalui jaringan bluetooth yang tersedia di ponsel dan perangkat audio di mobil.

    Sebenarnya, ada cara lain menghubungkan ponsel ke audio mobil, yakni menggunakan kabel AUX. Namun menyambungkan ponsel ke audio mobil melalui bluetooth memiliki kelebihan dibandingkan dengan kabel AUX. 

    Sebelum mengetahui cara menghubungkan ponsel ke audio mobil lewat bluetooth, sebaiknya OtoFriends ketahui dulu perbandingan penggunaan bluetooth dari perangkat lain seperti kabel AUX.

    Kelebihan Koneksi Bluetooth daripada AUX

    Kekurangan pertama kabel AUX,  kita harus mengeluarkan anggaran lebih untuk membeliny karena bukan produk bawaan ponsel maupun mobil. Untuk harganya bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tergantung kualitasnya.

    Selain itu, AUX juga membuat penggunaan ponsel terbatas. Sebab, ponsel perlu diletakkan berdekatan dengan lubang audio audio sehingga pengguna tergantung keterjangkauan kabel. 

    Sementara koneksi bluetooth lebih praktis karena nirkabel sehingga ponsel dapat digunakan tanpa batasan panjang kabel. Meski nirkabel, kecepatan transfer data bluetooth bisa mencapai 24 Mbps sehingga tidak akan mempengaruhi lagu yang diputar.

    Kelebihan lainnya yaitu bluetooth, yakni fitur bawaan dari ponsel dan mobil keluaran terbaru sehingga OtoFriends tidak perlu merogoh kocek berlebih untuk membeli kabel tambahan. 

    Selain itu, koneksi bluetooth tak terbatas hanya memutar lagu dari ponsel saja. OtoFriends juga bisa menerima panggilan telepon yang masuk sehingga berkendara lebih aman.

    Jika sudah mengetahui kelebihan koneksi bluetooth audio mobil, OtoFriends juga perlu memahami cara setting atau mengatur bluetooth audio mobil dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

    Cara Setting Bluetooth Audio Mobil

    1. Pilih Menu Setup

    Pertama, nyalakan perangkat audio mobil, lalu pilih opsi Setup. Apabila tak terlihat di menu utama, OtoFriends bisa mencari setup di audio mobil.

    2. Pilih Opsi Menu System

    Jika sudah, pilih menu system yang ada di menu setup. Di bagian system, ada beberapa opsi menu lalu pilih bluetooth setup. Biasanya opsi ini akan meminta OtoFriends membuat kata sandi (password) yang nantinya dapat menghubungkan perangkat ponsel dengan audio mobil.

    4. Memilih Paired Device List

    Jika sudah memasuki bluetooth setup, OtoFriends perlu mengklik Paired Device List agar bisa menemukan perangkat yang ingin disambungkan. Jika perangkat lain belum terlihat, pilih opsi menu search.

    Jika setting bluetooth audio mobil berhasil dilakukan, selanjutnya OtoFriends bisa menyambungkan ponsel ke perangkat audio mobil. Berikut langkah-langkahnya.

    Baca Juga: Ini Biaya Service Audio Mobil Saat Audio Mobil Mati

    Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil

    1. Nyalakan Bluetooth di Smartphone dan Audio Mobil

    Setelah bluetooth kedua perangkat sudah nyala, klik nama bluetooth perangkat audio mobil yang tersambung ke ponsel. Jika diminta kata sandi, masukkan kode yang sudah dibuat.

    2. Putar Musik di Ponsel

    Apabila langkah pertama sudah berhasil, nyalakan musik favorit OtoFriends dari ponsel dan sesuaikan volume. Jangan menggunakan suara terlalu kencang supaya suara klakson kendaraan di luar masih bisa terdengar.

    3. Memastikan Sistem Audio Musik Berjalan Lancar

    Apabila ponsel dan audio sudah terkoneksi, OtoFriends juga perlu memastikan sistem audio musik berjalan lancar. Sesekali, klik tombol ‘play’, ‘next’, atau ‘pause’.

    Hal tersebut guna memastikan koneksi dan sistem audio musik berjalan dengan baik. Kendati demikian, tak sedikit yang mengeluhkan bluetooth pada audio mobil bermasalah saat ingin terkoneksi dengan ponsel.

    Beberapa juga mengeluhkan musik tidak terdengar pada audio mobil padahal bluetooth sudah terkoneksi. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa caranya.

    Baca Juga: Tips Memilih Bengkel Audio Mobil dan Perawatan Rutinnya

    Cara Mengatasi Koneksi Audio Mobil

    1. Mengatasi Masalah Koneksi Bluetooth Ponsel

    Matikan bluetooth dari ponsel dan di audio mobil. Selanjutnya aktifkan keduanya kembali. Pastikan kedua perangkat telah tersambung dan terhubung dengan benar.

    Jika masih belum bisa, buka pengaturan bluetooth di ponsel lalu pilih opsi ‘lupakan’ perangkat audio mobil. Selanjutnya sambungkan kembali bluetooth ponsel dengan audio mobil seperti semula.

    2. Mengatasi Masalah Musik Tidak Terdengar dari Audio Mobil

    Jika koneksi antara audio mobil dan ponsel sudah tersambung tapi audio masih belum nyala, cek kembali tingkat volume baik di ponsel maupun tombol audio yang ada di head unit mobil. Bisa jadi OtoFriends lupa membesarkan volume.

    Namun jika suara masih tidak ada, periksa Media Audio yang ada di ponsel. Sebab jika Media Audio mati, OtoFriends tidak akan bisa memutar lagu dari ponsel.

    Apabila dengan menyalakan Media Audio suara masih belum keluar, artinya ada masalah pada audio mobil. Untuk perawatannya, OtoFriends bisa melakukan pengecekkan rutin dengan memanfaatkan fitur booking online di aplikasi Otoklix dan temukan bengkel terdekat lewat Otoklix.