Rusaknya velg mobil tidak bisa dianggap remeh. Oleh sebab itu perlu penanganan khusus dari bengkel velg mobil profesional.

Sebab velg memilih peran yang sangat penting. Sebagaimana jika kalian melihat ada kerusakan, maka wajib untuk segera diganti dengan yang baru atau setidaknya melakukan perbaikan di service velg mobil atau spesialis repair velg mobil.

Peran velg mobil sangatlah penting, sebagaimana jika kamu melihat ada kerusakan, maka wajib untuk segera diganti dengan yang baru atau setidaknya melakukan perbaikan di service velg mobil atau spesialis repair velg mobil.

Kerusakan pada pelek mobil sangat beragam, mulai dari peyang di bagian bibir pelek atau lips sampai di bagian pinggang pelek atau drop center. Berikut Otoklix rangkuman berbagai kerusakan velg yang sering terjadi.

Retak

Retaknya velg biasanya terjadi karena benturan keras seperti tabrakan atau kecelakaan. Bisa karena menabrak trotoar dengan kecepatan yang tinggi, tetapi hal ini jarang terjadi.

Kerusakan yang satu ini akan mengakibatkan kekuatan velg akan berkurang. Selain itu, velg yang retak akan membuat angin pada ban berkurang secara perlahan.

Tentu hal tersebut akan menimbulkan bahaya bagi pengendara mobil. Jika hal ini terjadi ada baiknya velg yang mengalami keretakan segera dibawa ke bengkel velg.

Baca Juga: Modifikasi Velg Mobil Offroad: Bahan dan Model yang Tepat

Peyang

Velg peyang atau speleng adalah sebutan apabila velg mengalami bagian yang penyok. Biasanya peyang terjadi di bibir pelek yang disebabkan oleh benturan keras atau menginjak lubang yang dalam dengan kecepatan tinggi.

Velg peyang akan membuat putaran roda tidak sempurna. Selain itu juga bisa menimbulkan getaran pada stir mobil kalian.

Gompal

Siapa yang pernah mengalami velg gompal ? Iya Velg gompal terjadi saat velg mobil kalian membentur atau bergesekan dengan trotoar. Memang velg gompal tidak terlalu berpengaruh pada fungsi velg.

Akan tetapi dapat membuat tampilan velg mobil kalian kurang sempurna. Ada baiknya membawa velg yang gompal ke bengkel velg terdekat.

Pecah

Kerusakan velg yang paling parah adalah pecah.  Kerusakan ini disebabkan oleh kecelakaan skala berat atau benturan yang sangat keras. 

Jika sudah begini maka kalian wajib segera membawa velg mobil kalian ke bengkel service. Jangan sampai menunda perbaikan velg yang pecah tersebut.

Harga Repair Velg Mobil

Berbicara mengenai biaya perbaikan velg mobil tentu tidak bisa dipukul rata. Sebab, besaran biaya servis tergantung dengan kerusakan yang dialami oleh velg mobil kesayangan kalian.

Untuk kerusakan seperti peyang di bagian lips atau drop center, biasanya berkisar Rp 150 hingga Rp 200 ribuan saja. Hal itu tergantung dari kondisi velg itu sendiri.

Service velg mobil yang penyok atau peyang ini tidak cukup hanya di-press. Untuk kerusakan tertentu butuh dibubut dan dipapas agar tetap simetris.

Sementara untuk kerusakan yang cukup berat seperti pelek retak rambut dihargai Rp 200-300 ribu per pelek. Memang lebih mahal karena bengkel velg harus melakukan las ulang pada bagian yang retak.

Proses perbaikan velg yang retak atau pecah kurang lebih sama dengan memperbaiki velg peyang. Namun ada langkah tambahan, yakni merapikan dengan dempul dan lem. 

Velg akan disambungkan dengan cara dilas secara manual. Kemudian velg akan dilem dan didempul untuk menutupi bagian yang rusak agar lebih kuat.

Sedangkan untuk perbaikan velg yang pecah perbaikannya harus melakukan kanibal dengan velg yang serupa. Untuk biaya sendiri bisa di atas Rp 400 ribu per velg.

Baca Juga: Catat ini Tips Ganti Ukuran Ban Mobil Tanpa Ganti Velg

Meskipun velg pecah atau retak bisa diperbaiki, velg yang rusak sebaiknya tidak dipakai terlalu lama karena tetap saja velg yang sudah rusak tidak sekuat velg yang masih utuh.

Bengkel Service Velg Mobil di Jakarta

Berikut bengkel service velg di Jakarta yang sudah Otoklix rangkum dan bisa menjadi referensi atau rujukan bagi kalian yang ingin memperbaiki velg mobil yang rusak akibat menghajar lobang, atau bergesekan dengan trotoar jalan.

Nama BengkelAlamat
SM MotorsportJl. Panjang No. 38, Arteri Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Telp. (021) 53678623.
Rajawali Auto GalleryJl. Warung Buncit Raya No. 5, Jakarta Selatan, Telp. (021) 7995886.
Waski GarageJl. Kesehatan Raya No. 8A, Bintaro, Jakarta Selatan, Telp. 085692745110.
Megah Warna BanJl. Warung Buncit Raya No. 7, Jakarta Selatan. Telp. (021) 7940183.
Permaisuri BanJl. Mahakam I No. 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Telp. (021) 7211239.
Autostar Tires & RimsJl. Arteri Kelapa Dua No. 12, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Telp. (021) 53651909.
AutolineJl. Panjang No.119, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Telp. (021) 5828585.
SO TechnicJl. Batu Ceper No.71, Jakarta Pusat Telp. (021) 3501048 & 852568.
Gelora Teknik SarinandeJl. RS. Fatmawati No. 36, Cipete Utara, Jakarta Selatan, Telp. (021) 7694296.
Ban BerjayaJalan Batu Ceper No. 81, Jakarta Pusat (021) 3456778 atau 3454642

Nah itu dia berbagai bengkel velg yang bisa kalian kunjungi untuk memperbaiki velg OtoFriends. Selain itu kalian juga bisa mencari bengkel velg terdekat di website dan aplikasi Otoklix.