Mencuci mobil sendiri di rumah selalu menjadi bagian yang menyenangkan bagi kita. Terlebih jika menggunakan mesin cuci mobil sendiri. Pasalnya, hal tersebut dapat menghemat biaya pengeluaran kita dalam merawat mobil. Pertimbangannya adalah masih banyak yang belum tahu harga mesin cuci mobil watt kecil. 

Jenis-jenis mesin cuci mobil watt kecil

Kali ini Otoklix merangkum beberapa mesin cuci mobil yang memiliki watt kecil serta ramah di kantong kalian semua, salah satunya adalahnya mesin cuci mobil merk Lakoni, berikut ulasannya.

1. Mesin Cuci Mobil Merk Lakoni

Mesin cuci mobil Lakoni yang dibahas kali ini adalah Lakoni Laguna 70. Mesin cuci mobil ini termasuk yang memiliki watt kecil. Sebab, Lakoni Laguna 70 ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 500 watt saja dengan output maksimal tekanan udara sebesar 100 bar.

Dengan tekanan udara yang cukup besar, mesin cuci mobil watt kecil ini mampu digunakan untuk berbagai macam kebutuhan rumah tangga, bahkan untuk mencuci mobil dan motor sekaligus.

Selain memiliki dua  mode semburan dan botol deterjen pada gun nozzle, water jet cleaner terbaik ini juga dibekali ujung selang yang khusus digunakan untuk membersihkan celah yang sulit dijangkau saat  mencuci mobil.

Selain itu, Lakoni Laguna 70 merupakan salah satu high pressure jet cleaner terbaik yang dan cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.  Hal itu karena produk ini memiliki harga pasaran yang cukup terjangkau. Meskipun terbilang terjangkau, produksi produk ini tetap mengantongi kualitas standar internasional.

Melihat berbagai kelebihannya di atas, tentu Lakoni Laguna 70 ini merupakan salah satu mesin cuci mobil watt kecil yang direkomendasikan untuk kalian semua, produk ini  dibanderol mulai dari Rp700 – Rp800 ribu saja.

2. Mesin Cuci Mobil Merk PJ527 Jet Cleaner Xenon HPW400

Mesin cuci mobil watt kecil selanjutnya ada dari merk PJ527 Jet Cleaner Cleaner Xenon HPW400. Mesin cuci mobil ini menjadi salah satu rekomendasi sebab memiliki daya hanya 400 watt saja.

Tentu PJ527 ini sangat bisa diandalkan untuk membersihkan mobil kesayangan kalian semua. Mesin ini juga memiliki 320 liter per jam, produk ini juga memiliki output maksimal tekanan udara sebesar 100 bar.

Selain memiliki watt yang kecil, PJ527 Jet Cleaner Xenon HPW400 ini juga memiliki harga jual yang murah. Produk ini dibanderol mulai dari Rp500 ribuan saja. Hal itu membuat dia menjadi salah satu mesin cuci mobil watt kecil yang sangat murah.

3. Mesin Cuci Mobil Merk Jet Cleaner Vici Pwc 70

Rekomendasi mesin cuci mobil watt kecil adalah Jet Cleaner Vici Pwc 70 merupakan mesin high pressure cleaner dengan teknologi dua mode pilihan kekuatan full (100 Bar) atau soft (20 Bar) untuk menyemprotkan air.

Sama seperti dua mesin cuci mobil watt kecil sebelumnya, Vici Pwc ini juga memiliki watt yang kecil sehingga dapat digunakan di rumah. Produk ini dibekali daya 220 volt saja. Selain itu, Vici Pwc ini juga memiliki tekanan air maksimal 100 bar. Oleh sebab itu, Vici Pwc ini sangat bisa digunakan untuk membersihkan alat-alat rumah tangga lainnya.

Jet Cleaner Vici Pwc 70 juga dibanderol dengan harga yang cukup murah di pasaran. Produk ini dijual dengan harga Rp700 ribuan saja loh.

Cara Mencuci Mobil Yang Baik

Nah setelah menemukan mesin cuci mobil watt kecil, Otoklix juga memberikan beberapa tips mencuci mobil yang baik dan benar ya OtoFriends.

– Persiapkan Alat Cuci Mobil 

Pertama yang wajib kalian lakukan sebelum mencuci mobil adalah mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan, mulai dari mesin cuci mobilnya, sabun cuci mobil, sikat, ember, spons hingga kain microfiber.

Cara pertama untuk mencuci mobil yang benar dan cepat ini bisa membuat proses pencucian mobil kamu lebih efektif. Perlu diingat, kamu juga perlu menggunakan produk khusus mobil dan alat pencuci mobil. Mulai dari spons, lap, hingga shampo untuk mencuci mobil sangat dianjurkan.

OtoFriends sangat disarankan menggunakan lap yang sangat lembut agar tidak merusak cat dari mobil kesayangan.

– Siram Seluruh Body Mobil

Tahap selanjutnya adalah dengan menyiram atau membasahi seluruh body mobil menggunakan mesin cuci mobil.  Diamkan beberapa saat agar kotoran yang menempel lebih mudah diangkat, ibarat merendamnya.

Air akan membantu melunakkan lumpur kering sehingga lebih mudah dibersihkan tanpa perlu menggosok mobil. Ada tips penting yang perlu diketahui jika melakukan tahap ini dengan air bertekanan tinggi. Hindari menyemprot body mobil secara frontal. Solusinya, lakukan dengan cara menyamping.

 – Cuci Mobil dari Atas Ke Bawah

Setelah membasahi seluruh body mobil, kalian bisa mencucinya dari bagian paling atas terlebih dahulu kemudian bagian terbawah. Mulailah mencuci dan mengelap mobil dari atap mobil atau bagian yang terbersih.

Biarkan air sabun mengalir ke bawah sekalian melunakkan lumpur kering sehingga nantinya mudah dibersihkan ketika kamu mencuci bagian bawah mobil. Setelah itu, kalian bisa juga mencuci atau menyikat bagian velg dan ban mobil.

 – Bilas Body Mobil dengan Air Bersih

Setelah mobil bersih, kita bisa membilas sabun-sabun yang ada di body mobil dengan menggunakan mesin cuci mobil kembali. Bilas mulai dari bagian atas bodi mobil, kemudian kaca, hingga ban dan detail-detail yang ada pada eksterior kendaraan. 

Perlu diingat, hanya lakukan proses ini dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Jika tidak, proses cuci bodi mobil di rumah hingga bersih akan menjadi sia-sia.

– Keringkan Body Mobil 

Setelah membilas sabun-sabun yang ada di body mobil hingga bersih, kita bisa mengeringkannya dengan lap atau kain microfiber. Hal itu agar tidak membuat cat menjadi garis-garis halus atau baret.

Agar tampilan mobil kalian menjadi lebih maksimal, OtoFriends dapat memoles mobil kalian dengan cairan khusus. Namun, pastikan menggunakan cairan poles yang tepat.

Nah, untuk Otofriends yang tidak memiliki waktu yang banyak atau tidak sempat mencuci mobil sendiri di rumah, kalian bisa mencari tempat cuci mobil terdekat di rumah kalian di halaman Otoklix.