Sebagai mobil kecil dengan banyak peminat, harga ban mobil Brio termasuk cukup terjangkau. Kalau ban mobil Brio sudah butuh diganti, misalnya permukaan atau tapaknya sudah gundul, sebaiknya segera cari-cari informasi tentang harga ban mobil Brio.

Beberapa merek ternama di bawah ini memiliki ban dengan ukuran yang cocok digunakan pada mobil Brio, baik Brio Satya maupun Brio RS. Simak selengkapnya.

Harga Ban Mobil Honda Brio

Ban mobil perlu diganti kalau sudah digunakan lebih dari 3 tahun atau sudah melewati jarak tempuh 40.000 km. Bisa juga karena ada kerusakan seperti benjolan, retak, dan lainnya serta ketebalan sudah mencapai TWI (Tire Wear Indicator).

Sebelum pergi ke toko ban terdekat, sebaiknya persiapkan bujetnya. Jadi, catat harga-harga ban mobil untuk Brio di bawah ini.

Brio menggunakan ban dengan ukuran 175/65 R14. Daftar di bawah ini bisa OtoFriends jadikan referensi. Harga ban mobil Brio mulai dari Rp400 ribuan saja.

  • GT Radial Champiro Eco Rp440 ribuan
  • Hankook Kinergy Eco2 Rp5480 ribuan
  • Bridgestone New Techno Rp598 ribuan
  • Dunlop SP Touring R1 Rp599 ribuan
  • Michelin Energy XM2+ Rp702 ribuan
  • Dunlop EC 300 Rp566 ribuan 
  • Bridgestone Ecopia EP150 Rp579 ribuan 

Harga di atas adalah harga perkiraan. Harga bisa berbeda tergantung toko, daerah, dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi Ban Mobil Brio

Setelah mengetahu berapa saja harga ban mobil Brio, OtoFriends juga perlu tahu spesifikasi ban mobil Brio dari beberapa merek dan tipe ban di bawah ini.

1. GT Radial Champiro Eco 175/65 R14 82T 

GT Radial Champiro Eco memiliki ukuran ban yang cocok untuk Honda Brio. Ban ini dirancang dengan tiga alur agar dapat mencegah dari aquaplaning. Ban ini juga cukup senyap di dalam kabin mobil. Selain itu, formula lapisannya mampu mempertahankan tekanan udara untuk waktu yang lama. Sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Menggunakan ban ini juga mampu membantu mengurangi emisi karbondioksida. Keunggulan lainnya adalah ban ini memiliki daya cengkeram yang baik pada jalanan yang kering maupun basah. Harga ban mobil Brio ini bisa didapatkan mulai harga Rp440 ribuan.

2. Goodyear Assurance Duraplus 2 175/65 R14

Goodyear memiliki TrefLife Technology yang bisa menempuh jarak yang lebih jauh. Desain sidewall juga memiliki daya tahan tinggi terhadap benturan dinding ban. Hal ini membuat ban Goodyear lebih aman ketika melewati jalan berlubang.

Pola telapaknya juga didesain agar terhindar dari keausan yang tidak merata. Ban yang cukup senyap ini bisa didapat dengan harga sekitar Rp441 ribuan.

3. Dunlop Enasave 175/65 R14 EC300+

Berbagai keunggulan ditawarkan oleh Dunlop Enasave. Dunlop mengklaim memiliki umur ban yang panjang dan konsumsi bahan bakar yang irit. Ban ini memiliki pengendalian yang baik. Selain itu juga didesain untuk menurunkan emisi CO2 sehingga lebih ramah lingkungan.

Dunlop Enasave juga memiliki low rolling resistance. Sehingga mobil tidak perlu banyak daya untuk membuat ban berputar. Jadi, konsumsi bahan bakar lebih irit. Daya cengkeramnya tentu tidak diragukan. Harga Dunlop Enasave ini sekitar Rp566 ribuan.

4. Bridgestone 175/65 R14 Ecopia EP 150

Bridgestone Ecopia EP150 ini memang menjadi ban standar untuk mobil-mobil LCGC, termasuk untuk mobil Brio. Ban ini dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang CO2. Akan tetapi, pengendalian ban ini tetap baik dan tahan lama. Bridgestone Ecopia EP150 ini bisa didapat dengan harga Rp579 ribuan.

5. Hankook Kinergy Eco2 175/65 R14 

Ban Hankook menggunakan bahan silika dengan daya cengkeram yang tinggi, pada jalanan kering maupun basah. Selain itu, penggunaan alur yang lebar bisa mencegah terjadinya aquaplaning.

Senyawa tapak yang baru juga meningkatkan performa pengereman ketika jalanan basah. Ban ini memiliki daya tahan yang tinggi karena menggunakan kawat strand bead tunggal yang kuat. Harga ban mobil Brio dari Hankook Kinergy Eco 2 ini bisa didapat mulai dari Rp480 ribuan.

Ban Mobil Brio RS

Berbeda dengan tipe Honda Brio lainnya, ban mobil Brio RS menggunakan ukuran yang lebih besar. Ukuran ban mobil Brio RS ini adalah 185/55 R15. Standar ban OEM yang digunakan ada Bridgestone Potenza RE30. Akan tetapi, masih banyak pilihan lain seperti di bawah ini.

1. Hankook Kynergy EX HP H308

Hankook Kynergi EC HP H308 juga termasuk ban OEM untuk Brio RS. Ban ini diklaim mampu membuat bahan bakar irit, tetapi tetap dengan performa yang luar biasa. Ban ini bisa digunakan di jalanan basah atau kering. Ban ini juga termasuk ban yang senyap.

2. Delinte DH2

Delinte DH2 juga adalah ban standar OEM untuk Brio RS. Ban Delinte ini dirancang untuk menempuh jarak yang jauh dan juga stabil di tengah hujan. Daya cengkeramnya baik dan stabil pada jalanan yang basah. Tapak ban ini diklaim tidak mudah aus dan mencegah terjadinya aquaplaning. Ini juga merupakan ban yang senyap ketika digunakan berkendara. Jadi, berkendara bakal terasa lebih nyaman.

3. Toyo Nano Energy 3

Ban berikutnya yang direkomendasikan untuk Brio RS adalah Toyo Nano Energy 3. Ban ini cocok digunakan untuk mobil kompak dan medium. Nano Energy menurut produsen Toyo ini menjamin keamanan, daya tahan, serta efisiensi bahan bakar.

Ban ini tidak hanya memiliki performa yang baik pada jalanan kering, tetapi juga pada jalanan basah. Pasalnya, ban ini menggunakan bahan silika dan polimer dengan gulir rendah yang mampu meningkatkan daya cengkereman. Tingkat kebisingan ban ini cukup rendah, sehingga dikategorikan ban yang senyap.

Tekanan Angin Ban Mobil Brio

Setelah kita membahas tentang harga ban mobil Brio dan merek-merek yang bisa menjadi pilihannya, kita juga perlu tahu tekanan angin ban mobil Brio. Jangan sampai ban mobil tiba-tiba pecah karena tekanan angin yang tidak sesuai. Menggunakan ban berkualitas juga harus disesuaikan dengan tekanan angin yang idel.

Tekanan angin standar untuk ban mobil Brio dengan ukuran 175/55 R14 adalah 29 psi untuk ban depan dan 26psi untuk ban belakang.

Itu dia artikel tentang harga ban mobil Brio, pilihannya, serta tekanan angin yang ideal. Jangan lupa juga rutin melakukan perawatan ban mobil, misalnya spooring dan balancing. Temukan bengkel ban mobil terdekat dan terpercaya di aplikasi Otoklix. Dapatkan harga lebih hemat sampai dengan 50%.