Toyota resmi meluncurkan versi terbaru dari Avanza bulan November tahun lalu. Di seri terbaru ini, banyak perubahan yang dilakukan pabrikan asal Jepang ini. Avanza sejak kemunculan pertama tahun 2003 merupakan merupakan Low MPV yang sangat laris manis di pasaran Indonesia. Mobil ini berhasil merebut hati masyarakat berkat spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhan. Mesin mobil Avanza sangat tangguh sekaligus ekonomis di kelasnya.

Spesifikasi umum low MPV Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah mobil tipe Low MPV yang ditawarkan dalam dua tipe mesin yakni 1.300cc dan 1.500cc. Kedua jenis mesin ini digunakan sejak generasi pertama hingga generasi terbaru. 

Toyota All New Avanza ternyata tetap mempertahankan pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc Hanya saja, di mesin ini ditanamkan pilihan transmisi baru jenis D-CVT yang membuat posisinya tak lagi membujur (longitudinal engine) melainkan menjadi membentang. 

Spesifikasi mesin yang dimiliki Avanza yakni mesin berkode 1NR-VE  1.329 cc dan 2NR-VE 1.496 cc. Untuk harga, varian termurah Toyota Avanza tipe 1.3 E M/T ditawarkan sekira Rp206,2 juta on the road Jakarta. Serta paling mahal untuk tipe Avanza 1.5 G CVT TSS dihargai Rp264,4 juta OTR Jakarta.

Jenis-jenis mesin Toyota Avanza 

Seperti diketahui, sejak generasi terdahulu, Avanza ditawarkan dua tipe mesin. Yakni 1.300cc dan 1.500cc. Dua tipe mesin ini bisa dipilih untuk transmisi manual maupun otomatis. Nah, OtoFriends, mari kita membahas perbedaan mendasar mesin Avanza 1.300cc dan 1.500cc.  

Mesin 1300cc  

Untuk tipe 1.300 cc memiliki mesin dengan kode 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 96 dk dan torsi 121 Nm. Toyota All New Avanza memiliki lima varian dalam pilihan mesin 1.300 cc Adapun pilihan transmisi yang ditawarkan ada manual serta D-CVT.

Mesin 1500cc

Sementara, untuk mesin yang satu lagi 1.500cc berkode 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder dengan capaian tenaga 104 dk dan torsi 137 Nm. Artinya, antara mesin 1.300 cc dan 1.500 cc yang dipakai hanya memiliki selisih tenaga 8 dk dan perbedaan torsi 16 Nm. Dengan mesin ini, Toyota mengklaim konsumsi BBM lebih irit sebesar 15 persen dari generasi sebelumnya.

Perbedaan mesin Avanza lama dan All New Avanza

All New Avanza yang di-launching November tahun lalu ternyata memiliki perbedaan signifikan dengan generasi terdahulunya. Walaupun secara mesin masih menggunakan mesin yang sama yaitu 1.300cc dan 1.500cc, namun ada sebagian komponen yang mengalami perubahan. Selain itu, dari eksterior dan interior juga ada perubahan jauh.

Dari segi eksterior atau bentukan body, Toyota All New Avanza sangat berbeda dengan Avanza sebelumnya. Mobil dengan julukan ‘sejuta umat’ itu sudah meninggalkan desain lamanya dan kini hadir lebih gagah dan berisi, lebih mirip SUV. Beberapa hal yang mencolok yaitu penggunaan grille besar mirip dengan mobil-mobil SUV Toyota di Amerika Serikat. 

Kemudian, penggunaan pelek 17 inci dengan lima baut. Artinya mobil ini menopang berat yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Terakhir adalah penggunaan lampu belakang LED dan tarikan garis krom yang menyambung dari lampu depan hingga kaca belakang.

Sedangkan di bagian kabin, All New Toyota Avanza sudah meninggalkan desain dashboard lama. Head unit kini sudah floating atau berada di atas AC dan berukuran besar, ada panel-panel soft touch di sekitar interiornya dan jok sudah dilapisi kulit.

Perbedaan lainnya adalah penyematan armrest dan bentuk ventilasi AC yang berbeda di baris ke-2, adanya cup holder baru di depan tombol power window, hand grip di atap sudah retract, serta kemungkinan besar mempunyai wireless charging di bawah armrest depan.

Sementara untuk fitur safety, dari luar nampak penggunaan rem belakang cakram, membuat sistem pengereman lebih optimal dibandingkan model sebelumnya.

Toyota All New Avanza memiliki perbedaan dimensi yang cukup signifikan. Mobil ini memiliki panjang total 4.395 mm. Ukuran ini tentunya cukup besar dibandingkan mobil Avanza sebelumnya. Sedangkan, lebar mobil ini adalah 1.730 mm dengan tinggi sebesar 1.700 mm. 

Sementara dari segi penggerak, Avanza lama masih menggunakan system penggerak belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), sedangkan All New Avanza kini menggunakan Front Wheel Drive (FWD). Untuk harga, Avanza baru tahun 2022 berada di kisaran Rp233,1 Juta hingga Rp 295,8 Juta. Sedangkan untuk tipe lama dijual dengan harga lebih murah. 

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Mobil Avanza 2022, Gagah dan Canggih!

Harga mesin Avanza copotan

Mobil Toyota Avanza yang merupakan kendaraan sejuta umat memiliki harga jual mesin copotan yang lumayan tinggi. Pasalnya, mesin jenis ini paling banyak dicari di bengkel yang jual mesin copotan.  

Alasannya, mesin Avanza banyak digunakan masyarakat Indonesia. Alasan lain juga karena mobil ini sering menjadi bahan praktik anak-anak SMK. Untuk harga, mesin Avanza rata-rata dibanderol mulai dari Rp7,5 juta, tergantung dari kondisi mesin tersebut. Harga iuni biasanya belum termasuk gearbox. Untuk gearbox-nya biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp4,5 juta.

Baca juga: Harga Mesin Mobil Copotan, Jangan Tergiur Murahnya

Nah, untuk terus menjaga performa mobil Toyota Avanza dari kerusakan mesin maka kendaraan harus rutin diperiksa. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.