Belum selesai pesona Toyota Supra tahun 2022 kemarin, Toyota kembali memperkenalkan mobil Supra terbarunya. PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan bahwa generasi terbaru Toyota Supra yakni New Toyota GR Supra sudah bisa kita beli di Indonesia.

Sejak kehadirannya pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2019 kemarin, Toyota berhasil menarik pada peminat sport car melalui mobil Supra. Walaupun dijual dengan harga miliaran rupiah, akan tetapi masih ada aja konsumen motorsport enthusiast yang rela membelinya.

Kabarnya dari segi eksterior dan interiornya, mobil Supra generasi terbaru 2023 ini gak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Hal tersebut lantaran Toyota berfokus pada upgrade performa dan pengendalian mobil Supra ini. Berikut spesifikasi lengkap New Toyota GR Supra.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Toyota Supra Generasi Baru

Desain Eksterior

Pembaruan pertama yang dilakukan Toyota pada Toyota Supra generasi terbaru ini adalah model velg berukuran 19 inci bermaterial Aluminum Forged two tone dengan Premium Titanium Dark Silver shade and Lighter Wheel.

Desain velg tersebut mirip dengan velg yang digunakan mobil GR Yaris dan GR86. Keunggulan desain velg barunya ini membuat bobot mobil berkurang drastis sehingga performanya semakin meningkat.

Sebab material aluminium lebih ringan sebanyak 1,2 kg per piece daripada material pada generasi sebelumnya. Jika kita akumulasikan maka 4 velg tersebut dapat mengurangi bobot hingga 4,8 kg. Angka tersebut cukup signifikan untuk sebuah mobil sport.

Toyota menggunakan sistem pengereman Ventilated Disc Brake with Fixed Caliper 4-cylinder untuk rem depan sedangkan rem belakang menggunakan Ventilated Disc Brake with Floating Caliper 1-cylinder.

Naik ke bagian lampunya, Toyota Supra menggunakan lampu LED Headlight yang telah dilengkapi dengan fitur Auto Leveling. LED Headlight memiliki 6 pilihan antara lain three low-beam dan three high-beam. Penggunaan lampu LED juga berlanjut hingga Fog Lamp bagian belakang.

Desain pintu mobil ini mempertegas kesan sporty aerodinamis. Justru yang membuat menarik adalah fitur Electric Adjustable with Auto Folding Mirror dan Memory Function pada kaca spionnya yang mempermudah kita melihat dengan tepat. Terdapat fitur Side Turn Lamp dan Heated Mirror.

Mobil sport ini memiliki dimensi panjang 4380 mm, lebar 1855 mm, dan tinggi 1299 mm. Mobil New Toyota GR Supra memiliki 8 pilihan varian warna antara lain Prominence Red, Lightning Yellow, White Metallic, Matte Storm Grey Metallic, Black Metallic, Matte Mineral Water, Portimau Blue, dan Sparkling Cupper Gray.

Baca juga: Mobil Balap Keren, Super Cepat, Paling Ditunggu di Masa Depan

Desain Interior

Adapun bagian interiornya, Toyota memanjakan konsumennya dengan menyematkan 12 speaker JBL, jumlah ini bertambah dari generasi sebelumnya yang hanya 10 speaker. 

Kesan sporty pada mobil Supra semakin terlihat pada desain dashboardnya yang dilengkapi dengan Engine Start Stop Button, Head-Up Display dan Sporty Progressive Combination Meter with MID untuk menampilkan informasi tentang mobil.

Toyota menggunakan Steering Wheel with Steering Switches pada bagian setir kemudi bermaterial leather. Untuk menciptakan pengalaman mengemudi yang berbeda, Toyota menyematkan Convenient Paddle Shift dan Tilt Telescopic Adjustment untuk mengatur posisi antara setir kemudi dan postur tubuh kita. 

Bagian konsol yang terbuat dari carbon fiber ini memiliki Central Console Armrest dan Cup Holder, fitur USB, Driving Mode Switch, iDrive Controller, dan Electronic Parking Brake.

Performa Mesin

Mengingat pembaruan yang dilakukan Toyota berfokus pada performanya, seperti apa spesifikasi mesin mobil Supra generasi terbaru ini? Toyota menyematkan mesin berkapasitas 2.998 cc bertipe 6 Cylinders, Inline Type, 24-Valve DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing (IN/EX), Twin-scroll Turbocharger.

Spesifikasi mesin tersebut dikawinkan Toyota dengan transmisi otomatis 8 percepatan sehingga menghasilkan tenaga maksimal sebesar 387 Ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 500 Nm pada 5.000 rpm.

Bagi Toyota, cara paling efisien untuk mendistribusikan tenaga agar lebih cekatan dan gesit saat dipacu adalah dengan menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan dan rasio gigi rapat. Mesin tersebut juga tetap fleksibel saat melakukan cruising di jalan tol atau jika terkena stop and go di dalam kota.

Di bagian chasisnya, Toyota melakukan beberapa perbaikan seperti penggunaan Adaptive Variable Suspension (AVS), Vehicle Stability Control (VSC) dan Electric Power Steering untuk meningkatkan kontrol dan kendali mobil.

Bersama tim engineer dari Toyota Gazoo Racing, Toyota melakukan fine tune untuk memperbarui sistem redaman shock absorber guna meningkatkan ride comfort dan roll ballance serta memodifikasi bushing stabilizer agar respons awal kemudi lebih baik.

Baca juga: Toyota Gazoo Racing Indonesia di Ajang Balap GT Asia 2023

Fitur-Fitur New Toyota GR Supra

Dari semua fitur keselamatan dan keamanan terbaik yang dibekali Toyota pada mobil sport generasi terbarunya ini. Justru ada hal yang menarik yakni mobil ini telah terintegerasi langsung dengan aplikasi mToyota. Dengan konektivitas tersebut semakin membuat kita merasa aman dan nyaman.

Sebab kita dapat mengetahui dengan akurat melalui aplikasi tersebut di mana posisi mobil kita saat diparkir, mendapatkan notifications saat mobil kita berada di luar zona resmi agar mobil selalu aman setiap saat.

Melalui aplikasi tersebut kita juga dapat melihat riwayat perjalanan mobil lengkap dengan durasi dan jaraknya. Jika butuh bantuan langsung terkait mobil, kita bisa menghubungi support center melalui aplikasi tersebut, termasuk bila kita ingin melakukan perawatan mobil.

Sama seperti Otoklix yang selalu melakukan pembaruan layanan dan fitur guna menjadi teman OtoFriends dalam hal merawat dan memperbaiki mobil kesayangan.

Otoklix memiliki fitur dashboard service online di mana kita dapat melihat riwayat servis mobil lengkap melalui aplikasi Otoklix. Terdapat layanan reminder servis mobil juga sehingga kita gak akan lupa untuk melakukan servis mobil secara berkala.

Mulai dari memeriksa kondisi aki mobil, ban mobil, atau sekadar ganti oli dan AC mobil hingga melakukan servis tune up dan detailing bisa OtoFriends lakukan di Bengkel Otoklix.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan!

Harga New Toyota GR Supra 2023

Dengan semua kemewahan dan performa terbaik sebagai mobil sport, berapa harga mobil Supra generasi terbaru ini?

Mengutip dari situs resminya Toyota, Harga New Toyota GR Supra 2023 Rp2,18 miliar. Harga tersebut merupakan harga On The Road untuk wilayah Jakarta, Bekasi dan Banten yang berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2023.

OtoFriends tertarik untuk membeli sport car Supra generasi terbaru dari Toyota?

Pertanyaan Seputar Mobil Supra :


Mengutip dari situs resminya Toyota, Harga New Toyota GR Supra 2023 Rp2,18 miliar. Harga tersebut merupakan harga On The Road untuk wilayah Jakarta, Bekasi dan Banten yang berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2023.


Mobil Supra merupakan mobil yang diproduksi oleh Toyota yang termasuk ke dalam kelas mobil sport.


Toyota menyematkan mesin berkapasitas 2.998 cc bertipe 6 Cylinders, Inline Type, 24-Valve DOHC, Chain Drive with Variable Valve Timing (IN/EX), Twin-scroll Turbocharger.