Gampang-gampang sulit menemukan bahan cover mobil yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kita. Dua di antara banyaknya jenis bahan cover mobil yang sering digunakan adalah sarung mobil bahan polyester dan parasut. 

Parasut dan polyester memiliki keunggulannya masing-masing sebagai bahan pelapis cover mobil. Salah satu keunggulan bahan parasut yakni beberapa kain jenis parasut memiliki sifat waterproof, mudah kering dan awet walaupun bahan ini tipis. Sedangkan cover berbahan polyester memiliki sifat waterproof, tahan sinar UV dan tidak mudah pudar.

Apakah keunggulan-keunggulan yang disebutkan di atas cukup menjadi kriteria bahan cover mobil yang bagus? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini kriteria bahan cover mobil yang bagus dan perbandingan bahan cover mobil yang bagus.

Baca juga: Mengenal Jenis Bahan Cover Mobil dan Cara Merawatnya

Kriteria Bahan Cover Mobil yang Bagus

Secara garis besar, kriteria yang dibutuhkan untuk melindungi mobil adalah cover mobil yang memiliki sifat waterproof, berwarna terang  untuk memantulkan paparan sinar matahari dan ultraviolet.

Kemudian cover memiliki ukuran yang sesuai dengan dimensi mobil sehingga dapat melindungi seluruh bagian mobil termasuk ban mobil dan cover tersebut memiliki jahitan yang rapi sehingga awet dan tahan lama.

Berikut ini penjabaran dari masing-masing kriteria untuk bahan cover mobil yang bagus.

Kualitas Bahan Anti Air dan UV

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kriteria bahan cover mobil yang bagus dan paling utama adalah cover tersebut memiliki lapisan khusus dengan sifat anti air atau waterproof dan anti UV sehingga dapat melindungi permukaan cat mobil.

Pasalnya saat cat mobil terkena paparan sinar matahari, air hujan, atau sering terkena perubahan suhu dan cuaca langsung, maka cat mobil cepat rusak dan terlihat kusam. Bila sudah kusam dan rusak mau tidak mau kita harus membawa mobil ke bengkel body repair untuk melakukan cat ulang.

Bagaimana cara mengetahui apakah bahan tersebut waterproof? Caranya cukup mudah yakni OtoFriends hanya perlu menyiramkan air pada sisi terluar cover mobil dan cermati. Apakah bahan tersebut memiliki efek seperti daun talas sehingga air tidak mudah rembes atau justru sebaliknya.

Adapun cover mobil yang tahan terhadap paparan sinar matahari langsung biasanya yang berwarna terang namun tidak warna-warni.

Selain memperhatikan kualitas sisi terluar cover, kita juga perlu memperhatikan kualitas dan tekstur cover bagian dalam yang langsung bersentuhan dengan mobil. Bagian tersebut harus memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak menciptakan baret dan gores pada body mobil.

Bahan Cover Mudah Dikeringkan

Kemudian hal yang perlu kita cermati adalah apakah cover tersebut memiliki bahan yang mudah dibersihkan dan dikeringkan. Saat terkena air hujan atau setelah cover mobil dibersihkan, maka cover tersebut harus cepat kering agar dapat digunakan kembali.

Apabila cover masih basah akan menciptakan area yang lembab. Sejalan dengan itu, maka timbullah jamur pada permukaan cat mobil yang dapat merusak cat body mobil.

Bahan Memiliki Sifat Anti Luntur

Sifat anti luntur ini biasanya sejalan dengan sifat anti ultraviolet. Jadi, selain bahan tersebut dapat memantulkan paparan sinar matahari sehingga suhu panasnya tidak merembes ke dalam mobil, bahan yang bagus juga tidak mudah luntur.

Ada banyak merek cover mobil outdoor yang bagus yang mengeluarkan varian warna cukup berani selain warna-warna netral. Cover mobil yang lebih berwarna berpotensi cepat luntur saat terkena hujan dan panas.

Oleh karena itu, uji terlebih dulu cover mobil warna-warni sebelum kita beli. Apabila cover tersebut luntur saat terkena hujan maka cover akan mentransfer warnanya ke cat body mobil sehingga warna body mobil jadi belang-belang.

Ukuran Cover dengan Dimensi Mobil

Kriteria yang cukup penting lainnya adalah memastikan kesesuaian antara ukuran cover mobil dengan dimensi mobil sehingga cover dapat menutupi mobil secara menyeluruh.

Jika kita memilih cover yang terlalu kecil maka ada bagian-bagian tertentu pada mobil yang berpotensi rusak karena tidak terlindungi. Begitu juga bila memilih cover mobil yang kebesaran, maka cover mobil dapat beterbangan tertiup angin. Saat bagian cover mobil beterbangan itulah ada celah kosong yang memungkinkan debu dan kotoran masuk.

Pilih Merk Cover Mobil yang Bagus

Lebih baik membeli cover mobil sedikit lebih mahal namun awet dan tahan lama dalam melindungi mobil kita, daripada membeli cover mobil dengan harga yang murah tetapi kualitas rendah. 

Untuk mengantisipasi kita ditipu oleh oknum, maka lakukan riset terlebih dulu harga cover mobil anti air dan panas dari beberapa merek kemudian bandingkan dengan merek lain.

Cari tahu juga fitur-fitur dan kelebihan cover mobil dari masing-masing merek tersebut  dan apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Keunggulan fitur yang dimaksud adalah sistem pengencang seperti strap, belt atau tali karet pengencang di setiap sudut sehingga cover melekat erat pada mobil dan tidak menciptakan ruang kosong antara cover dan mobil.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Bahan Cover Jok Mobil Anti UV dan Air!

Perbandingan Cover Mobil Terbaik Sesuai Bahannya

Umumnya, bahan cover yang sering direkomendasikan dan dinilai memiliki kemampuan anti air yang baik adalah bahan parasut dan polyester. Padahal, ada beberapa jenis bahan pelapis cover mobil lainnya yang juga bagus dan memiliki keunggulan lebih baik dari dua bahan tersebut. Yuk, kenali jenis-jenis bahan cover mobil yang bagus.

1. Cover Mobil Bahan Taslan

Cover mobil berbahan taslan cocok digunakan untuk semua jenis area parkir, baik itu area parkir indoor, semi outdoor maupun outdoor. Sebab bahan taslan ini lebih bagus daripada parasut, khususnya sifat anti air dan anti UV.  Selain itu, cover mobil bahan taslan umumnya tebal dan kuat sehingga awet digunakan dan tahan lama.

2. Bahan Polyester

Hampir seluruh kriteria bahan cover mobil yang bagus ada pada bahan polyester. Jenis bahan ini memiliki permukaan yang licin dan tidak berpori sehingga kemampuan menahan airnya sangat bagus. Dengan begitu, saat hujan air tidak mudah tembus.

Hanya saja bila ternyata ditemukan embun atau rembesan air pada cover mobil maka segera lepaskan cover dari mobil agar tidak timbul jamur pada permukaan cat mobil.

Selain tahan air, bahan polyester ini juga anti ultraviolet, awet, tahan lama, dan tidak mudah luntur sehingga cocok untuk mobil berwarna putih.

3. Bahan Parasut

Cover mobil berbahan parasut merupakan cover mobil yang banyak dicari dan dijual karena harga cover mobil berbahan parasut ini yang paling murah. Kendati demikian cover berbahan parasut cenderung lebih tipis sehingga menimbulkan keraguan apakah sarung mobil berbahan parasut ini dapat melindungi mobil dari air hujan dan sinar matahari.

Kendati demikian, bahan parasut ini sangat tepat untuk melindungi mobil dari debu, kotoran dan benda tajam lainnya yang berada di sekitar mobil.

Kenali jenis-jenis bahan parasut yang biasa digunakan sebagai pelapis cover mobil, antara lain:

  • Parasut silver, keunggulannya yakni terdapat lapisan anti air atau coating berwarna silver. Umumnya parasut silver digunakan secara terbalik.
  • Parasut metalik, jenis parasut ini memiliki lapisan anti air yang berwarna mengkilap. Keunggulan lainnya yakni bahan tersebut lembut dan lebih luwes.
  • Parasut balon, sesuai dengan namanya parasut balon memiliki lapisan coating berjenis balon yang cukup tebal sehingga jenis parasut ini bersifat waterproof cukup baik.
  • Parasut WP (010), jenis parasut yang terakhir adalah parasut WP yang menyerupai jenis parasut jas hujan hanya saja gramasinya lebih tipis.

Itulah kriteria bahan cover mobil yang bagus dan 3 perbandingan bahan cover mobil yang sering digunakan sebagai material pelapis cover mobil.

Baca juga: Catat! Ini Rekomendasi Cover Body Mobil Outdoor Terbaik

Tempat Terbaik Melakukan Cat Ulang Mobil

Walaupun kita sudah mengetahui kriteria cover mobil terbaik dan keunggulan bahan cover mobil yang bagus, akan tetapi resiko body mobil rusak masih mungkin terjadi. Kerusakan body mobil tersebut bisa dikarenakan faktor eksternal lain seperti kecelakaan atau pengguna jalan dan area parkir lain yang kurang hati-hati.

Saat mendapati adanya baret dan goresan pada body mobil, segera bawa mobil ke Bengkel Otoklix. Jenis kerusakan apapun pada mobil dapat diperbaiki di bengkel mobil ini karena keahlian dan kehandalan tim mekaniknya yang sangat meyakinkan.

Otoklix ikut membantu OtoFriends dalam merawat dan memperbaiki mobil secara menyeluruh dalam satu genggaman. Dapatkan informasi lengkapnya melalui aplikasi Otoklix!

Sebelum mendatangi bengkel, kita dapat melakukan booking service secara online melalui aplikasi Otoklix atau melakukan konsultasi dengan tim profesional yang telah disediakan. Yuk, merawat mobil kesayangan kita dengan ahlinya.

Pertanyaan Seputar Bahan Cover Mobil yang Bagus

Cover mobil merupakan aksesoris mobil yang berperan untuk melindungi body mobil khususnya permukaan cat mobil dari kerusakan dan kusam.

Memiliki cover mobil cukup penting karena ada banyak faktor yang dapat merusak body mobil khususnya permukaan cat mobil, misalnya saja sinar matahari dan air hujan yang dapat merusak permukaan cat sehingga terlihat kusam. Debu, kotoran dan benda tajam di sekitar mobil yang dapat menggores body mobil sehingga timbul baret serta potensi timbulnya jamur.

Kriteria bahan cover mobil yang bagus yakni yang memiliki sifat waterproof, anti sinar matahari, cover mudah dikeringkan, tidak mudah luntur, memiliki ukuran yang sesuai dengan dimensi mobil dan memiliki sifat breathable atau sistem sirkulasi udara yang bagus.