Salah satu kelebihan pasang sunroof mobil adalah sirkulasi udara di dalam mobil jadi lebih lancar dan memudahkan cahaya matahari masuk. Sebelum memasangnya, kita harus mengetahui harga pasang sunroof mobil terlebih dulu.

Biasanya, sunroof mobil hanya digunakan oleh mobil yang dijual dengan harga tinggi. Namun, mobil-mobil berukuran medium atau jenis mobil MPV juga bisa memodifikasi mobilnya dengan menambahkan sunroof pada kabin atas mobil.

    Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah harga pasang sunroof mobil serta kelebihan dan kekurangannya.

    Kenali Sunroof dan Jenis Atap Kaca Mobil Lainnya

    Mulanya, mobil dengan atap sunroof ini diperkenalkan oleh Ford Thunderbird di tahun 1960-an. Tak lama kemudian beberapa mobil keluaran Eropa mulai mengikuti perkembangannya seperti mobil Volkswagen, mobil BMW, dan mobil Mercedes Benz.

    Berjalannya waktu, kini mobil-mobil keluaran Jepang ikut memasang sunroof di beberapa mobil keluarannya yang bersegmen market kelas atas juga.

    Melihat market dan peluang itu, di Indonesia banyak bengkel umum yang bisa dipercaya untuk memodifikasi bagian kabin atas mobil untuk dipasang sunroof mobil. Dengan begitu, kita bisa memiliki mobil atap sunroof dengan harga yang cukup murah.

    Sebut saja Toyota Avanza, Honda Brio, dan Suzuki Ertiga, banyak bengkel modifikasi yang menyediakan layanan pasang sunroof mobil untuk ketiga mobil ini.

    Selain sunroof, ada dua jenis atap kaca mobil lainnya, yakni moonroof dan panoramic roof. Apa bedanya sunroof, moonroof, dan panoramic roof?

    Jenis kaca sunroof adalah jenis kaca atap mobil yang dioperasikan dengan cara bukaan kaca ke atas. Konsep moonroof adalah kaca yang terbuka masuk ke dalam atap mobil. Sedangkan panoramic roof berukuran lebih besar menyerupai ukuran atap mobil.

    Baca juga: Mobil yang Atapnya Bisa Dibuka dan Ditutup atau Pakai Sunroof

    Kelebihan dan Kekurangan Sunroof

    Bukan hanya sunroof, jenis kaca atap mobil panoramic sunroof atau panoramic roof juga bisa menjadi pilihan. 

    Keuntungan yang paling terlihat saat memiliki atau memodifikasi kabin atap mobil menggunakan sunroof adalah mobil kita akan terlihat lebih elegan dan kesan sebagai mobil premium kelas atas kuat terasa.

    Keunggulan pasang sunroof mobil lainnya adalah sirkulasi udara di dalam mobil jadi lancar dan paparan cahaya sinar matahari akan lebih mudah masuk ke dalam kabin mobil.

    Sekalipun tidak disarankan, pada saat pawai kita bisa mengeluarkan kepala kita melalui atap mobil. Khusus untuk negara dengan 4 musim, fungsi sunroof mobil sangat nyata saat memasuki musim panas atau musim semi.

    Sementara itu, kekurangannya terletak pada berat mobil. Untuk diketahui OtoFriends bahwa sunroof itu sendiri memiliki berat 35 kilogram, sehingga untuk mobil pada kelas SUV tidak disarankan memasang sunroof. 

    Pasalnya, semakin besar beban berat mobil maka hal tersebut bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya.

    OtoFriends juga harus lebih memperhatikan perawatan sunroof yang dimodifikasi tersebut. Layaknya jendela dan pintu pada umumnya yang bisa saja macet saat akan dibuka. Bila sudah terjadi, maka kita harus mengeluarkan dana darurat untuk melakukan perbaikan.

    Sekalipun visual mobil akan terlihat jauh lebih elegan dan mewah, tetapi saat kita menjual mobil yang telah dimodifikasi bagian atasnya menggunakan sunroof sulit untuk mendapatkan harga jual mobil yang tinggi akibat modifikasi mobil yang bersifat masif ini.

    Baca Juga: Mau beli mobil yang ada sunroofnya? Ini rekomendasinya

    Harga Pasang Sunroof Mobil

    OtoFriends bisa menemukan kaca mobil jenis sunroof di marketplace atau bengkel modifikasi dan body repair yang menyediakan layanan ganti atap. Harga sunroof mobil cukup variatif mulai dari Rp6 jutaan sampai Rp10 jutaan.

    Walaupun merasa bisa pasang sunroof mobil sendiri di rumah, tetapi butuh alat dan keterampilan khusus untuk meminimalisir gagalnya instalasi jendela kaca atap mobil. Lebih baik kita membawanya ke bengkel spesialis pemasangan atap.

    Dikutip dari berbagai sumber, harga pasang sunroof mobil bervariasi tergantung produksi asal mobil. Umumnya, harga pasang sunroof mobil keluaran Jepang berkisar Rp10 juta sampai Rp15 jutaan. 

    Sedangkan untuk mobil keluaran Eropa bisa mencapai Rp20 jutaan. Alasan harga pasang sunroof mobil keluaran Eropa lebih mahal adalah karena jendela kaca atap yang dipasang pada mobil Eropa merupakan jenis kaca moonroof.

    Pada beberapa kasus seperti mobil BMW dan mobil Mercy mematok harga pasang sunroof mobil yang cukup fantastis yakni Rp25 jutaan di bengkel resmi.

    Sementara itu, harga pasang sunroof mobil Avanza berkisar antara Rp10 jutaan sampai Rp15 jutaan. Untuk pemasangan jenis kaca panoramic sunroof bisa memakan biaya sampai Rp35 jutaan. Harga pasang sunroof Avanza ini juga berlaku untuk mobil kelas medium dan MPV lainnya.

    Durasi pemasangan sunroof mobil bisa memakan waktu pemasangan maksimal 2 minggu. Yang perlu digaris bawahi pemilik mobil Avanza adalah bila kita akan memasang atap sunroof maka konsekuensinya adalah kehilangan double blower atau air conditioner.

    Untuk meminimalisir kerusakan, sebaiknya percayakan bengkel pemasangan atap mobil kepada Otoklix. Pasalnya, OtoMechanic di Otoklix telah terjamin pengalamannya sehingga bisa meminimalisir kerusakan pada mobil.