Kepala aki mobil memang komponen yang tidak mahal dan terlihat sepele. Padahal, fungsinya cukup penting. Kerusakan atau masalah pada kepala terminal aki ini dapat berakibat fatal bagi mobil, bahkan bisa membahayakan penumpang.

Apa saja masalah yang biasa terjadi pada kepala terminal aki? Simak info otomotif seputar kepala aki berikut ini.

Masalah pada Kepala Aki Mobil

Ada dua masalah yang mungkin terjadi pada kepala aki, yaitu kendur dan panas. Mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya?

1. Kepala aki mobil kendur

Ternyata kepala terminal aki yang kendur dapat menyebabkan masalah pada aki hingga mempengaruhi umur pakai aki. Maka dari itu kamu perlu mengecek apakah kepala aki, baik pada terminal positif (+) maupun negatif (-), kendur atau tidak.

Mengapa kepala terminal aki yang kendur dapat menyebabkan masalah pada aki? Kepala aki yang kendur akan membuat pengisian tidak maksimal, sehingga aki mudah tekor atau soak. Arus listrik yang masuk ke aki dipengaruhi oleh kekencangan kepala aki. 

Kepala aki yang kendur pada terminal aki yang positif (+) juga dapat menimbulkan percikan api. Akibatnya bisa fatal apabila kepala aki terlalu kendur. Tidak hanya percikan api, aki juga bisa meledak dan tentunya membahayakan bagi penumpang kendaraan.

Tips agar aki mobil tidak kendur bisa dilakukan dengan tiga cara. Pertama, selalu cek kekencangan kepala aki. Kedua, jangan menambahkan terlalu banyak aksesoris pada kepala aki yang bisa menyebabkan baut menjadi kendur. Ketiga, gunakan kunci yang pas saat membuka baut-baut pada kepala terminal aki, agar baut-bautnya tidak slek atau dol. 

Cara agar lebih mudah memasang aki adalah dengan memberi gemuk, grease atau stempet (berupa gel atau cairan yang licin). Pemberian pelicin ini selain berfungsi menutup celah juga dapat mencegah tumpukan kerak dan jamur akibat air aki sehingga dapat menghantarkan listrik secara optimal.

2. Kepala aki mobil panas

Kepala aki mobil yang panas adalah akibat dari aki mobil yang panas. Aki mobil yang panas juga bisa menyebabkan menggelembung. Apa saja penyebab aki mobil panas?

a. Short antar plat dalam aki

Setiap sel aki memiliki lempeng elektroda positif dan negatif. Kedua lempeng itu memiliki isolator sebagai pemisah antar plat. Aki yang sudah digunakan untuk waktu yang lama dapat membuat bentuk plat berubah.

Plat-plat ini menjadi melengkung dan air aki juga dapat mengendap. Plat yang berubah bentuk menjadi melengkung serta endapan air aki ini yang menyebabkan terjadinya hubungan short pada aki.

Aki yang sering dibiarkan dalam keadaan panas akan menggelembung dan rusak. Salah satu tanda yang dapat dirasakan adalah mobil susah distarter.

b. Menggunakan Air Aki yang Tidak Sesuai

Penyebab lainnya dari hubungan singkat (short) pada aki juga adalah penggunaan air aki yang tidak sesuai. Contohnya menambahkan air aki dengan air mineral. Hal ini dapat membuat reaksi kimia yang bisa menyebabkan aki panas sebab tingkat keasaman dan berat jenis air aki berubah.

c. Over charge

Aki memang sesekali perlu di-charge jika kurang setrum. Tetapi pengisian listrik yang berlebihan juga bisa membuat aki bermasalah. Hal ini terjadi karena IC regulator pada alternator bermasalah.

Kamu disarankan mengisi tegangan aki antara 12,7 volt sampai dengan 14 volt. Apabila aki diisi dengan tegangan di bawah 12,7 volt maka akan terjadi kehabisan daya listrik dan aki menjadi cepat tekor.

Sedangkan jika melakukan pengisian di atas 14 volt, akan muncul banyak gelembung udara pada aki, serta meningkatnya tekanan dan suhu pada aki. Aki yang terlalu lama dibiarkan dalam kondisi seperti ini akan memperpendek usia aki, bahkan bisa merusak ECM, kontrol elektronik, sistem, dan lainnya.

Fungsi Tutup Kepala Aki

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa terminal aki tertutup dengan tutup plastik atau karet berwarna merah? Ternyata bukan tanpa tujuan. Tutup tersebut memiliki dua fungsi.

Tutup merah pada terminal aki menandakan bahwa itu adalah terminal positif. Kabel terminal positif dan negatif yang dipasang keliru juga bisa menyebabkan mobil sulit distarter hingga terjadi kerusakan komponen elektronik. 

Tutup itu juga mencegah terjadinya short circuit dengan terminal negatif. Selain itu, saat kap mesin ditutup, jarak aki dengan kap mesin menjadi cukup dekat sehingga berpotensi pula terjadinya arus pendek. Kemungkinan terburuk adalah bisa terjadi kebakaran pada mobil.

Berapa Harga Kepala Aki Mobil

Harga kepala aki yang beredar di pasaran dimulai dari sekitar Rp30 ribuan. Murah, bukan?

Mengingat fungsi yang cukup penting dan harga yang murah, kamu tidak perlu ragu lagi mengganti kepala aki dengan yang baru apabila kepala terminal aki yang lama sudah rusak atau kendur.

Kepala aki mudah didapatkan di bengkel atau toko aksesoris mobil terdekat. Cari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Dapatkan juga promo menarik seputar ganti aki di bengkel mitra Otoklix.