Mengganti oli transmisi memang tidak sama dengan oli mesin karena fungsi penggunaannya pun berbeda. Berbicara mengenai transmisi mobil, kapan sih saat yang tepat untuk ganti oli Honda Jazz? Lalu, bagaimana cara ganti oli transmisi Honda Jazz manual?

Simak artikel berikut yang berisi informasi lengkap tentang transmisi matik dan manual pada mobil Honda Jazz.

    Kapan Ganti Oli Transmisi Matic Honda Jazz?

    Mobil Honda Jazz tersedia dalam tipe transmisi matik dan manual. Bagi kamu pemilik mobil Honda Jazz transmisi matik CVT, sebaiknya mengganti oli transmisi ketika sudah mencapai jarak tempuh 40.000 km atau kelipatannya. Aturan ini terdapat pada manual book Honda Jazz.

    Setelah ganti oli transmisi matic Honda Jazz di 40.000 km, sebaiknya dilakukan pengecekan oli transmisi setiap 20.000 km. Pengecekan ini dilakukan terutama pada kendaraan yang melintas di kota-kota besar dengan kondisi lalu lintas yang padat.

    Seperti pada ganti oli Honda Jazz untuk mesin, meskipun mobil diam, oli transmisi juga tetap bekerja. Apalagi melewati jalanan macet yang tentunya membuat kerja sistem transmisi menjadi lebih berat. Jarak tempuh tidak menjadi patokan karena bisa saja usia pakai oli sudah tercapai. Oli yang usia pakainya sudah tercapai akan mengalami penurunan kualitas. Pengecekan transmisi matik juga dilakukan untuk mencegah terjadinya overheat pada sistem transmisi.

    Berbeda dengan transmisi matik tipe CVT, ganti oli Honda Jazz pada transmisi matik konvensional atau torque converter bisa lebih lama, yaitu sekitar 60.000 km sampai dengan 80.000 km.

    Penyebabnya adalah komponen pada transmisi CVT disusun secara lebih sederhana. Ada sabuk baja di dalamnya yang berisiko putus jika oli tidak rutin diganti.

    Biaya Mengganti Oli Transmisi

    Setiap bengkel menetapkan harga yang berbeda-beda untuk ganti oli Honda Jazz, termasuk oli transmisi. Selain itu, harga oli transmisi matik berbeda spesifikasi tentu berbeda-beda harganya.

    Perbedaan antara ganti oli Honda Jazz di bengkel resmi dan bengkel umum juga tentu ada. Jasa yang ditawarkan oleh bengkel juga ada yang hanya ganti oli transmisi dan kuras oli transmisi. 

    Kalau hanya ganti oli transmisi, biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar karena hanya menggunakan 4-5 liter oli saja. Sedangkan untuk kuras oli bisa membutuhkan sampai 8 liter oli. Sehingga tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk membeli oli akan lebih besar. Kamu bisa menghitung dengan gambaran harga sekitar Rp700-900 ribu untuk kuras oli.

    Akibat Telat Mengganti Oli Transmisi

    Waktu penggantian oli transmisi yang lama cenderung membuat pemilik mobil lupa atau menyepelekannya. Padahal, telat ganti oli Honda Jazz transmisi matik tentu akan ada dampak buruknya di kemudian hari. Apalagi harga komponen sistem transmisi juga tidak murah. Maka dari itu, catat waktunya ya.

    Berikut ini adalah beberapa akibat kalau kamu telat ganti oli Honda Jazz untuk sistem transmisi.

    1. Tenaga mobil terasa berkurang

    Transmisi bertugas untuk membuat akselerasi mobil menjadi bagus. Dampak dari telat ganti oli transmisi adalah efek pelumasnya berkurang karena temperatur yang naik. Tenaga mobil bisa berkurang, laju mobil tertahan, tidak bisa mundur atau bahkan bisa mogok.

    2. Usia pakai komponen di transmisi akan menurun drastis

    Komponen pada sistem transmisi bisa mengalami gesekan berlebih dan juga tertumpuknya residu karena oli transmisi yang jarang diganti.

    3. Terjadi penyumbatan pada sistem transmisi

    Dampak dari jarang menjadi oli transmisi berikutnya adalah kesulitan memindahkan gigi. Kondisi ini disebabkan oleh solenoid valve body akibat oli transmisi yang sudah jenuh karena tercampur kotoran.

    Campuran oli dan kotoran ini akan mengendap dan masuk ke saluran valve body. Sehingga valve body tidak bisa menyalurkan tekanan dari oli transmisi untuk menggerakkan girboks.

    4. Biaya yang membengkak untuk perbaikan

    Jika dihitung-hitung, biaya perbaikan kerusakan pada sistem transmisi bisa mencapai puluhan juta. Tetapi jika hanya pelat kopling dan bongkar transmisi hanya sekitar jutaan. Tetapi tetap saja harga segitu cukup lumayan menguras kantong.

    Cara Ganti Oli Transmisi Honda Jazz Manual

    Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat ganti oli transmisi, biayanya dan juga dampak akibat telat ganti oli transmisi, sekarang mari kita bahas tentang cara ganti oli transmisi Honda Jazz manual.

    1. Dongkrak mobil

    Langkah pertama adalah dengan mendongkrak mobil menggunakan jack stand. Pastikan mobil tidak bergoyang-goyang ya.

    2. Mencari letak baut lubang pengisian (fill plug) dan baut lubang pengurasan (drain plug)

    Biasanya fill plug dapat ditemukan pada bagian samping atau belakang transmisi. Ada juga mobil yang fill plug-nya diberi tulisan “Fill” di sebelahnya. Sementara itu drain plug biasanya berada di bawah housing transmisi.

    3. Kuras oli transmisi

    Untuk menguras oli transmisi, kamu bisa meletakkan wadah untuk menampung oli lama di bawah drain plug. Kemudian, buka bautnya menggunakan kunci pas. Bisa juga meletakkan kain di atas wadah penampungan agar dapat terlihat apakah ada serpihan logam atau kontaminan lainnya.

    Kalau terdapat serpihan logam pada oli lama, maka sebaiknya kamu segera mengecek kondisi mobil di bengkel terdekat untuk diberi tindakan lebih lanjut. Kemudian, kamu bisa menutup kembali drain plug setelah selesai menguras cairan transmisi.

    4. Isi dengan oli transmisi yang baru

    Selanjutnya cara ganti oli Honda Jazz untuk sistem transmisi adalah membuka fill plug. Kamu bisa menggunakan kunci pas untuk membukanya. Setelah itu masukkan cairan transmisi melalui lubang pengisian. Mungkin perlu bantuan pompa tangan maupun selang agar pekerjaan menjadi lebih mudah.

    5. Pasang fill plug kembali

    Setelah selesai pengisian, maka tinggal pasang full plug kembali. Kamu juga bisa menambahkan sealant agar benar-benar rapat.

    Nah, itu tadi adalah informasi tentang ganti oli Honda Jazz untuk sistem transmisi. Mengingat fungsi penting transmisi, maka usahakan untuk tidak lupa mengganti oli transmisi di bengkel mobil terdekat.

    Otoklix dapat membantumu menemukan bengkel terdekat lengkap dengan segala jenis perawatan mobil. Termasuk ganti oli di bengkel terdekat. Ada garansi 30 hari setelah pengerjaan dan sparepart dijamin orisinal!