Kuras radiator mobil penting dilakukan untuk menghindari segala risiko kerusakan komponen mesin mobil. Radiator mobil berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil, jika radiator mobil rusak, mobil tidak akan bisa digunakan bepergian jarak jauh, karena mesin mobil akan overheat dan alhasil mesin mobil menjadi mudah mati. Jika sudah begitu, perjalanan OtoFriends akan terganggu karena tidak bisa sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu.

Baca juga: Estimasi Biaya Harga Servis Radiator Mobil dan Pengecekkan 

    Menghindari hal ini, kuras radiator mobil secara rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali dapat menjadi solusi. OtoFriends dapat melakukan kuras radiator mobil secara mandiri dirumah atau membawa mobil OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix yang dekat dengan lokasi OtoFriends berada. Jika OtoFriends memiliki waktu lebih dan ingin melakukan kuras radiator mobil secara mandiri, ingatlah bahwa ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, agar kuras radiator mobil dapat dilakukan dengan tepat.

    Komponen Penting Radiator Mobil

    Beberapa komponen penting dalam melakukan kuras radiator mobil antara lain:

    1. Tutup Radiator

    Tutup radiator atau yang biasa dikenal dengan radiator cap tidak boleh luput dari perhatian OtoFriends. Jika ingin melakukan kuras radiator mobil, pastikan OtoFriends membuka dan juga menutupnya dengan benar. hal ini untuk mengantisipasi kebocoran pada radiator mobil.

    1. Drain Plug

    Drain plug atau baut radiator adalah tempat OtoFriends melakukan kuras radiator mobil. Pastikan OtoFriends mengetahui letak dan cara membukanya, agar OtoFriends tidak kebingungan saat melakukan kuras radiator mobil secara mandiri di rumah.

    1. Radiator Core

    Radiator core merupakan bagian inti dari radiator mobil. Bentuknya seperti pipa dengan lubang di sekelilingnya. Lubang tersebut berfungsi untuk melepaskan suhu panas dari air radiator mobil ke udara.

    1. Fin Radiator

    Fin radiator berperan dalam proses pelepasan panas ke udara. Letaknya ada di dalam radiator core. Fin radiator bekerja dengan bantuan kipas radiator

    1. Upper Tank

    Upper tank berperan sebagai penampung air radiator mobil yang merupakan sisa dari pendinginan mesin. Perlu OtoFriends ketahui, upper tank terletak di bagian atas radiator dan memiliki bentuk yang memanjang.

    Ciri Harus Kuras Radiator Mobil

    Terlalu sibuk bekerja terkadang membuat OtoFriends lupa untuk melakukan kuras radiator mobil secara rutin. Beberapa ciri berikut dapat dijadikan sebagai penanda bahwa kuras radiator mobil harus segera dilakukan, antara lain:

    1. Mesin mobil panas atau overheat
    2. Sudah melewati 6 bulan atau satu tahun pemakaian tanpa kuras radiator mobil
    3. Warna coolant atau air radiator mobil sudah kotor atau memudar

    Baca juga: Air Radiator Mobil yang Bagus dan Laris di Pasaran

    Jika OtoFriends melihat tanda-tanda tersebut, segeralah melakukan cek radiator mobil untuk menghindari risiko kerusakan radiator. Mesin mobil yang panas dapat menyebabkan proses pengolahan bahan bakar terganggu, sehingga risiko mobil mati secara tiba-tiba dapat terjadi. 

    Cara Kuras Radiator Mobil

    Ingin melakukan kuras radiator mobil secara mandiri dirumah, berikut Otoklix rangkum beberapa hal yang harus OtoFriends perhatikan:

    1. Pastikan mobil sudah dipanaskan terlebih dahulu. Diamkan mesin mobil beberapa menit setelahnya agar dapat melakukan kuras radiator mobil dalam kondisi mesin mobil sudah dingin. 
    2. Buka tutup radiator dan baut pembuangan air radiator. Tunggu hingga air radiator habis atau selesai dikeluarkan.
    3. Tutup baut pembuangan dengan rapat dan isi air radiator kembali.
    4. Setelah selesai melakukan kuras radiator mobil atau mengisi air radiator mobil, pastikan OtoFriends telah menutup radiator mobil dengan benar.  

    Setelah selesai melakukan pengisian dan memastikan bahwa tutup dan baut radiator mobil telah tertutup rapat, OtoFriends dapat menyalakan mobil kembali dalam kondisi AC mobil tidak menyala. Hal ini untuk memastikan bahwa radiator mobil telah berfungsi dengan baik. 

    Sesudah itu Otofriends bisa mematikan mesin mobil kembali dan mengecek kondisi radiator mobil. Segera lakukan pengisian ulang apabila air radiator tidak penuh dan jangan lupa melakukan pengecekkan tangki cadangan air radiator apakah masih dalam batas minimum atau tidak. 

    Baca juga: Waspada 5 Tanda Air Radiator Mobil Habis atau Berkurang

    Biaya Kuras Radiator Mobil

    Jika OtoFriends tidak memiliki waktu luang untuk melakukan kuras radiator mobil secara mandiri di rumah, OtoFriends dapat menggunakan aplikasi Otoklix untuk melakukan booking bengkel terdekat dari lokasi OtoFriends berada. Harga kuras radiator mobil di bengkel pun bisa terbilang cukup terjangkau. Mulai dari Rp35 ribu saja OtoFriends bisa menikmati kelancaran berkendara tanpa perlu repot melakukan kuras radiator mobil secara mandiri di rumah. Rasa khawatir mesin mobil cepat panas pun akan hilang seketika, karena kuras radiator mobil akan ditangani langsung oleh tenaga profesional.

    Melakukan kuras radiator mobil secara mandiri dirumah terbilang cukup sulit, karena OtoFriends harus selalu memperhatikan kondisi komponen radiator mobil lainnya agar tidak salah dalam melakukan kuras radiator mobil. Membawa mobil ke bengkel untuk melakukan kuras radiator mobil bisa menjadi solusi. Segera hubungi kami apabila ada pertanyaan atau keraguan mengenai kuras radiator mobil.

    Pertanyaan Seputar Kuras Radiator Mobil

    Kuras radiator mobil sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau minimal satu tahun sekali untuk menghindari risiko radiator mobil rusak.

    Kuras air radiator mobil di bengkel memiliki harga yang bervariasi, tergantung pada jenis dan tipe mobil. Namun biasanya, kuras radiator mobil dibanderol mulai dari harga Rp300 ribu rupiah.

    Kuras radiator mobil bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kuras radiator mobil dapat dilakukan dengan tepat. Jika ragu, membawa mobil ke bengkel dapat menjadi alternatif pilihan, agar kuras radiator mobil bisa dilakukan oleh tenaga profesional.