Konsumsi BBM Fortuner terbaru dikabarkan jauh lebih boros dari pada pendahulunya karena memiliki kapasitas lebih besar. Termasuk dalam salah satu mobil paling laris di Indonesia, Toyota fortuner hadir dengan dua versi mesin, yakni versi bensin dan diesel. Namun, versi diesel lebih banyak menjadi favorit para konsumen Toyota di Indonesia. Lantas bagaimana spesifikasi dan konsumsi BBM yang ditawarkan? Apakah lebih boros? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya untuk OtoFriends.

Baca juga: Jenis Mobil Toyota: SUV, MPV, Hatchback, Sedan, Sport

Spesifikasi dan Perbandingan Konsumsi BBM Fortuner Bensin Vs Diesel

Nama Fortuner sendiri diambil dari bahasa Inggris “Fortune” yang memiliki arti keberuntungan. Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini berasal dari perusahaan Jepang, Toyota, dan sudah dipasarkan cukup lama di Tanah Air. Toyota membuat mobil ini berdasarkan platform IMV yang terdiri dari Toyota Hilux dan Toyota Kijang Innova. SUV ini tak hanya laris di pasar nasional, tapi sampai sekarang juga menjadi salah satu produk utama yang diekspor oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ke beberapa negara lainnya, seperti negara tetangga.

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

Untuk mesin bensin, Toyota Fortuner masih mengandalkan mesin 2TR-FE dengan kapasitas 2.7 L Dual VVT-i. Mesin yang memiliki kapasitas sebesar 2.4 L ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum hingga 163 PS pada putaran mesin 3.400 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 242 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Untuk mesin diesel, masih mengandalkan 2GD-FTV 4 silinder dan dilengkapi teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) with Intercooler. Mesin dengan kapasitas 2.4L ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 149,6 PS pada putaran mesin 3.400 rpm dan torsi maksimum mencapai 400 Nm pada putaran mesin 1.600 rpm hingga 2.000 rpm.

Pilihan sistem transmisi manual hanya dapat ditemui pada tipe G. Selain itu, tipe G juga hanya tersedia dengan sistem penggerak roda 4×2. Pilihan mesin bensin juga hanya terdapat pada tipe GR Sport 2.7 L. Sistem penggerak roda 4×4 juga hanya dapat ditemui pada tipe GR Sport 2.8 L terbaru.

Cara menghitung konsumsi bahan bakar sebenarnya ada beberapa teknik. Metode pengukurannya sendiri dibedakan pada medan jalan yang dilalui yakni dalam kota dan luar kota.

Dari data yang dikumpulkan, untuk perjalanan dalam kota,Toyota Fortuner bensin mampu mencatat konsumsi bahan bakar rata-rata 9 km/liter. Angka ini bisa tercapai meskipun kerap menemui kondisi jalan padat dan kadang tersendat. Sedangkan untuk penggunaan kendaraan di jalanan luar kota, konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner bensin mencapai 11 km/liter. Hasil ini didapat dari kondisi jalan yang terbilang sepi dan trek lurus panjang.

Untuk Toyota Fortuner versi diesel, penggunaan dalam kota mencapai dikisaran 12 km/liter. Kondisi stop and go menyebabkan kendaraan lebih rakus meminum solar. Lalu pada perjalanan luar kota, Toyota Fortuner diesel mencatat konsumsi bahan bakar mencapai di kisaran 16 km/liter. Angka ini cukup luar biasa mengingat bodi kendaraan yang cukup besar. 

Harga Mobil Toyota Fortuner

Berminat melakukan pembelian mobil Toyota Fortuner, OtoFriends harus menyiapkan kocek mulai dari Rp 484 – 678 Juta. Namun rentang harga tersebut bergantung pada tipe, jenis bahan bakar dan tahun pembuatan.

Baca juga: Lengkap! Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota Fortuner 2022

Tips Membuat Konsumsi BBM Mobil Irit

Selain spesifikasi dan penggunaan bahan bakar, gaya berkendara bisa membantu konsumsi BBM Fortuner menjadi lebih irit. Berikut adalah beberapa tips untuk berkendara hemat bahan bakar yang bisa OtoFriends terapkan dalam berkendara sehari-hari:

  • Lakukan akselerasi secara perlahan. Pengendara diharapkan untuk tidak langsung menekan pedal gas terlalu dalam ketika mulai berakselerasi.
  • Berkendaralah dengan sedikit akselerasi dan deselerasi, yaitu mengemudi dalam kecepatan yang konstan sambil tetap menjaga jarak dengan mobil di depan.
  • Manfaatkan engine brake secara positif, serta melepas dan tidak menekan pedal akselerator berlebihan
  • Hindari menempatkan mesin dalam kondisi idle atau berhenti di tempat dalam waktu lama, khususnya ketika berhenti sesaat dalam waktu lebih dari 10 menit.

Perawatan di Otoklix

Berniat untuk memiliki mobil, OtoFriends harus mengimbanginya dengan kesiapan finansial dan kerutinan pengecekan mesin mobil. Kedua hal tersebut saling terhubung karena apabila ada komponen mobil yang rusak dan tidak segera diperbaiki, OtoFriends harus rela merogoh kocek lebih dalam. Hal ini tentu dapat menjadi penyebab kantong jebol. Oleh sebab itu, rutin melakukan perawatan mobil setidaknya setiap 6 bulan sekali tidak boleh ditinggalkan. 

Baca juga: Biaya Servis Mobil Suzuki Ertiga Berbagai Tipe

Booking servis di bengkel rekanan Otoklix lebih mudah dan cepat karena harga servis akan diberitahu di awal booking. Harga lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi. Bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek, 20.000+ mobil telah ditangani. Download app nya sekarang untuk berikan perawatan maksimal pada mobil kesayangan OtoFriends!

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Fortuner

Toyota Fortuner diesel mencatat konsumsi bahan bakar mencapai di kisaran 16 km/liter. Angka ini cukup luar biasa mengingat bodi kendaraan yang cukup besar.

Berminat melakukan pembelian mobil Toyota Fortuner, setidaknya harus menyiapkan kocek mulai dari Rp 484 – 678 Juta. Namun rentang harga tersebut bergantung pada tipe, jenis bahan bakar dan tahun pembuatan.

Fortuner hadir dengan dua varian bahan bakar bensin dan diesel.