Salah satu bentuk perawatan mobil yang penting adalah rutin mengganti oli mobil. Apa fungsi oli mobil? Apakah OtoFriends selama ini sudah menggunakan jenis oli mobil yang tepat dengan kebutuhan kendaraan? Yuk, simak tips memilih oli mobil yang pas untuk mobilmu pada artikel berikut!

 

Apa Fungsi Oli Mobil?

Oli mesin merupakan komponen penting dalam kendaraan bermotor. Fungsi oli mobil adalah membantu mesin bekerja dengan optimal.

Agar mesin mobil dapat terus bekerja dengan baik, pemilik kendaraan wajib melakukan penggantian oli mobil secara berkala. Langkah ini juga penting karena dapat menjaga keawetan komponen-komponen mesin.

Berikut fungsi oli mobil yang perlu diketahui:

 

  • Sebagai pelumas komponen mesin

Fungsi utama oli mobil adalah memberikan pelumasan pada setiap komponen mesin dan partikelnya. Dengan adanya pelumas, kinerja tiap komponen jadi lebih enteng sehingga langkah kerja yang dihasilkan lebih maksimal. Semakin enteng gerak yang timbul, maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan mesin.

  • Sebagai perekat komponen mesin

Mesin terbentuk dari rangkaian komponen yang tersusun rapi di dalamnya. Setiap komponen tersebut memiliki tugasnya masing-masing, namun saling berkaitan agar semua komponen saling bekerja sama.

Tiap komponen yang terdapat dalam mesin perlu direkatkan dengan kuat agar kinerja mesin dapat lebih optimal. Di sinilah oli berperan sebagai perekat. Oli akan membentuk lapisan di setiap permukaan komponen mesin dan meminimalisasi celah yang mungkin timbul akibat renggangnya komponen mesin.

  • Meminimalisir gesekan

Lapisan oli pada komponen mesin dapat membantu mengurangi besar gaya gesek antarkomponen. Gaya gesek yang timbul juga tidak akan menimbulkan kerusakan pada bagian mesin. Hal ini dapat menghindarkan mesin dari kondisi cepat aus sehingga mesin dapat lebih lama digunakan karena komponennya lebih awet.

  • Melindungi komponen mesin dari korosi

Komponen mesin bisa berkarat akibat terpapar campuran polusi dan air yang menempel pada mesin. Namun, oli dapat membantu dengan menangkap partikel debu yang mungkin masuk ke dalam mesin sehingga tidak menempel pada komponen.

 

Cara Memilih Oli yang Tepat

fungsi oli mobil

Jenis oli mobil yang kamu pilih mungkin dapat memengaruhi performa mesin mobilmu. Oleh karena itu, untuk memilih oli yang tepat, kamu perlu cari tahu beberapa jenis mobil. Contohnya:

  • Oli mesin
  • Oli sintetis
  • Oli transmisi
  • Oli rem (minyak rem)
  • Oli gardan
  • Oli power steering
  • Oli transfer

Selanjutnya, sesuaikan jenis oli dengan kebutuhan kendaraanmu. Agar tidak salah pilih, simak dulu tips memilih oli mobil berikut:

  • Ikut petunjuk pabrikan

Petunjuk ini biasanya terdapat dalam buku panduan kendaraan atau manual pengguna. Pabrikan mobil telah melakukan pengujian yang intensif untuk menentukan oli yang paling sesuai dengan mesin kendaraan mereka. Penggunaan oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan akan membantu pelumasan yang optimal dan kinerja mesin mobil yang baik.

  • Perhatikan viskositas oli

Viskositas oli adalah kemampuan oli untuk mengalir. Semakin tinggi viskositas, semakin kental oli. Viskositas oli biasanya tertera di label botol oli dan ditunjukkan dengan kode seperti 10W-40 atau 5W-30.

Angka pertama menunjukkan viskositas oli pada suhu dingin. Semakin rendah angkanya, semakin mudah oli mengalir pada suhu dingin. Angka kedua menunjukkan viskositas oli pada suhu panas. Semakin tinggi angkanya, semakin kental oli pada suhu panas.

Memilih viskositas yang tepat sangat penting untuk memastikan oli dapat melumasi mesin mobil Anda secara optimal dalam berbagai kondisi suhu.

  • Pertimbangkan tipe oli

Ada beberapa tipe oli mobil yang tersedia di pasaran, yaitu oli mineral, oli semi-sintetis, dan oli sintetis. Saat memilih tipe oli, pertimbangkan kebutuhan mesin mobilmu, lingkungan tempat kamu mengemudi, dan anggaran yang dimiliki.

  • Perhatikan spesifikasi dan standar oli

Pabrikan oli umumnya menyertakan informasi mengenai spesifikasi oli yang sesuai dengan mesin mobil tertentu. Misalnya, spesifikasi yang disebutkan dapat mencakup persyaratan khusus mengenai kekentalan, ketahanan terhadap suhu tinggi, kemampuan membersihkan, dan perlindungan terhadap keausan.

  • Konsultasi dengan ahli atau mekanik

Bila OtoFriends tak yakin harus memilih oli yang mana untuk mobil, cobalah berkonsultasi dengan ahli atau mekanik yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan rekomendasi yang sesuai jenis dan kondisi mesin mobilmu serta memberi tahu kapan ganti oli mobil.

Jika kamu masih punya pertanyaan soal oli mobil, atau tak yakin dengan oli yang sudah dibeli, konsultasi saja dengan OtoBuddy melalui media WhatsApp di nomor 0822-9837-8787.

Kamu juga bisa booking online jadwal ke bengkel Otoklix dan konsultasikan langsung soal jenis oli mobil dengan ahlinya. Mekanik di bengkel Otoklix dapat membantu mengecek apakah oli pilihanmu sudah sesuai dengan mesin mobil. Saat di bengkel, kesehatan mesin mobil juga akan diperiksa sehingga performa kendaraan dapat terjaga.

Kini OtoFriends sudah tahu banyak soal seluk-beluk oli mobil. Pastikan untuk tidak melewatkan jadwal untuk ganti oli mobil, ya!

 

Pertanyaan Seputar Oli Mobil

Berapa jenis oli untuk mobil?

Ada 7 jenis oli untuk mobil, yaitu oli mesin, oli sintetis, oli transmisi, oli rem (minyak rem), oli gardan, oli power steering, dan oli transfer.

Oli mesin mobil yang bagus apa?

Oli mesin yang bagus adalah yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan mesin mobil yang dikendarai. Cara paling mudah adalah memilih oli yang sesuai dengan petunjuk pabrikan.

 

 

References:

https://otomotif.antaranews.com/berita/2959997/bukan-sekadar-pelumas-berikut-lima-fungsi-penting-oli-mesin-kendaraan

https://www.suzuki.co.id/tips-trik/tidak-hanya-melumasi-ini-sebenarnya-fungsi-penting-oli-mesin

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/jenis-oli-mobil

https://www.kawanlama.com/blog/tips/tips-memilih-oli-mobil