Kolaborasi antara dua pabrikan mobil besar yaitu Toyota dan Daihatsu kini kembali menghasilkan dua mobil yang hampir serupa namun tentunya memiliki perbedaan. Kedua mobil tersebut adalah Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Apa saja perbedaan mobil Rocky dan Raize?

Jika melihat secara tampilan fisik, kedua mobil ini adalah sama-sama mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dengan ukuran mini. Namun terlepas dari tampilan fisik yang hampir serupa, kedua mobil ini juga memiliki perbedaan, berikut ini adalah beberapa perbedaan mobil Rocky dan Raize.

1. Mesin

Hal pertama yang akan dibahas oleh Otoklix adalah tentang performa mesin dari mobil Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Secara umum kedua mobil tidak terlalu memiliki perbedaan dari segi performa mesin. Kedua mobil ini memiliki tiga silinder dengan kapasitas dapur pacu 1000cc dan dilengkapi dengan Turbocharged Engine.

Dengan hadirnya Turbocharged Engine, pembakaran bahan bakar dapat menjadi lebih efisien, performa dapat ditingkatkan dan emisi gas buang menjadi lebih ramah lingkungan. Perbedaan mesin mobil Rocky dan Raize justru terletak pada masing-masing varian dari kedua mobil tersebut.

2. Exterior

Perbedaan mobil Rocky dan Raize yang akan Otoklix bahas selanjutnya adalah exterior dari kedua mobil tersebut. Secara exterior kedua mobil ini ternyata memiliki dimensi ukuran yang sama, yaitu panjang 4030mm, lebar 1710mm, dan tinggi 1635mm. 

Perbedaan exterior kedua mobil ini paling terlihat dari bagian depan mobil. Daihatsu Rocky memiliki desain grill trapezoid ke atas dengan dilengkapi cover fog lamp yang lebar pada bagian depan. Sementara Toyota Raize memiliki desain grill berbentuk trapezoid ke bawah dengan cover fog lamp berbentuk F. 

Selain itu juga penggunaan velg dari kedua mobil ini juga berbeda. Daihatsu Rocky menggunakan velg alloy yang berbentuk kipas trapezoid two tone berwarna metal. Sementara Toyota Raize memiliki bentuk velg seperti kincir  bilah pisau dan berwarna gelap elegan.

Untuk varian warna dari kedua mobil ini juga berbeda. Daihatsu Rocky memiliki 8 variasi warna dengan dua warna two tone yaitu putih-hitam dan merah-hitam. Sementara Toyota Raize memiliki variasi warna yang lebih banyak, yaitu 11 variasi warna dengan 5 variasi two tone yang bisa OtoFriends pilih.

Baca Juga: Tips Mengganti Velg Mobil Agar Nyaman dan Tampak Indah

3. Interior

Hal berikutnya adalah dari segi interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Secara interior perbedaan mobil Rocky dan Raize terletak pada balutan kemudi, dimana untuk Toyota Raize menggunakan balutan balutan material fabric dan terkesan lebih mewah jika dibandingkan Daihatsu Rocky yang hanya polos saja.

Pada bagian kursi baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah menggunakan leather dan material fabric yang sama. Namun tampilan Toyota Raize lebih mewah dengan warna hitam klasik, sementara Daihatsu Rocky tampil lebih sporty dengan garis merah memanjang pada bagian samping kursi.

Selain pada kemudi dan jok, ternyata ada juga perbedaan dari segi audio mobil. Daihatsu Rocky ternyata telah dilengkapi dengan subwoofer aktif berukuran 8 inch yang tidak ada pada Toyota Raize.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pembersih Interior Mobil Terbaik, Ampuh Bikin Kinclong

4. Fitur Kenyamanan

Untuk fitur kenyaman dalam berkendara, Daihatsu Rocky tentunya lebih nyaman karena telah menggunakan subwoofer aktif berukuran 8 inch, namun Toyota Rocky telah menggunakan convenience paddle shift pada bagian kemudinya yang memungkinkan OtoFriends mengubah transmisi dan mengatur berbagai fitur tanpa perlu melepas tangan dari kemudi.

Selain itu untuk fitu kenyaman, kedua kendaraan ini spion auto retractable mirror, shark fin antenna pada bagian luar mobil. Sementara untuk bagian dalam, kedua mobil ini sudah menggunakan instant start-stop button, dan power mode switch, automatic air conditioner, serta layar head unit berukuran 9 inch yang dapat terkoneksi dengan smartphone OtoFriends.

Untuk mendukung kenyaman dalam berkendara, kedua kendaraan ini juga telah dilengkapi dengan tilt steering yang membuat OtoFriends dapat menyesuaikan posisi stir mobil dalam berkendara agar lebih nyaman.

5. Fitur Keselamatan

Selain kenyamanan, keselamatan berkendara tentunya haruslah menjadi perhatian OtoFriends. Perbedaan mobil Rocky dan Raize dari segi fitur keselamatan terletak pada penggunaan airbag untuk keselamatan. Toyota Raize menggunakan 6 airbag, sementara Daihatsu Rocky hanya menggunakan dual airbag saja.

Untuk keselamatan, baik Daihatsu Rocky dan Toyota Raize beberapa sistem keamanan standar seperti Anti-Lock Braking System, Vehicle Stability Control, Hill Assist. Sementar untuk fitur keamana terbaru, kedua mobil ini sudah menggunakan pre-collision, pedal mis-operation. dan lane departure.

Terdapat juga fitur keselamatan canggih pada kedua mobil ini. Untuk Daihatsu Rocky sistem keamanan tersebut bernama Advance Safety Assist, sementara untuk Toyota Raize bernama Toyota Safety Sense.

Kedua fitur keselamatan canggih tersebut memungkinkan mobil menghindari benturan dengan kendaraan lainnya dan meningkatkan keamanan dalam berkendara. Namun fitur Toyota Safety Sense memiliki 2 fitur tambahan yang tidak ada pada Advance Safety Assist.

Kedua fitur tersebut adalah Rear Cross Traffic Alert yang mampu mendeteksi kendaraan yang mendekat dan juga radar untuk blind monitor. Fitur selanjutnya adalah Adaptive Cruise Control yang mampu menyesuaikan jarak dan kecepatan mobil OtoFriends dengan kendaraan lainnya yang berada di depan mobil.

Baca Juga: Mengenal Airbag Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

6. Harga

Perbedaan mobil Rocky dan Raize yang terakhir tentunya adalah dari segi harga. Untuk harga Daihatsu Rocky adalah berkisar mulai dari Rp214 sampai Rp236 Jutaan. Berikut ini adalah daftar harga lengkap Daihatsu Rocky.

  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT harga Rp214 Jutaan
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT ADS harga Rp222 Jutaan
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT harga Rp227 Jutaan
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADS harga Rp235 Jutaan
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA harga Rp236 Jutaan

Sementara untuk Toyota Raize harganya adalah berkisar mulai dari Rp228 sampai Rp260 Jutaan. Berikut ini adalah daftar harga lengkap Toyota Raize yang OtoFriends perlu ketahui.

  • Toyota Raize 1.0 T G MT harga Rp228 Jutaan
  • Toyota Raize 1.0 T G CVT harga Rp242 Jutaan
  • Toyota Raize 1.0 T G Sport CVT harga Rp254 Jutaan
  • Toyota Raize 1.0 T G Sport CVT TSS harga Rp273 Jutaan
  • Toyota Raize 1.2L G M/T harga Rp202 Jutaan
  • Toyota Raize 1.2L G CVT harga Rp215 Jutaan
  • Toyota RAIZE TURBO G 1.0 harga Rp248 Jutaan
  • Toyota RAIZE GR TWO TONE 1.0 harga Rp260 Jutaan

Kesimpulan

Itulah informasi lengkap mengenai perbedaan mobil Rocky dan Raize yang perlu OtoFriends ketahui. Secara tampilan kedua mobil ini memang terlihat mirip, hanya saja terdapat perbedaan pada bagian depan mobil dan juga velg yang digunakan. Toyota Raize juga memiliki variasi warna yang lebih banyak dari Daihatsu Rocky.

Dari segi interior perbedaan terletak pada bagian kemudi, dan Daihatsu subwoofer aktif berukuran 8 inch, sementara Toyota Raize memiliki convenience paddle shift pada bagian kemudinya.

Dari segi keselamatan, Toyota Raize memiliki jumlah airbag lebih banyak dari Daihatsu Rocky, selain itu juga fitur Toyota Safety Sense pada Toyota Raize memiliki 2 fitur tambahan yang tidak ada pada Advance Safety Assist di Daihatsu Rocky.

Baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky dan semua mobil lainnya tentunya OtoFriends harus selalu menjaga performanya. Untuk dapat menjaga performa kendaraan, OtoFriends bisa mempercayakannya pada bengkel terpercaya dari OtoKlix.