Kondensor AC merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi menyejukkan kabin. Tentu udara akan terasa panas apabila bepergian tanpa AC dalam mobil. Berikut fungsi dan cara kerja kondensor AC mobil. Simak baik-baik!

Fungsi Kondensor AC Mobil

1. Mengeluarkan hawa panas

Fungsi pertama dari kondensor AC mobil adalah mengeluarkan hawa panas. Saat terkena macet di jalan dan AC mobil tidak nyala, tentu rasanya pengap sekali. Oleh sebab itu, kondensor AC diperlukan agar dapat mengeluarkan hawa panas sehingga penumpang tidak merasa pengap. Pembuangan gas yang ada di kondensor AC terjadi saat ada perubahan freon dari gas menjadi cair.

    2. Menukarkan panas

    Selanjutnya, kondensor AC dapat menukarkan panas. Panas yang awalnya berwujud gas akan diubah menjadi cair oleh komponen refrigerant. Ketika gas akan diubah menjadi cair itulah, dibutuhkan udara untuk mendinginkan AC mobil. Komponen AC seperti kipas dapat membuang atau melepaskan panas.

    3. Mengubah gas menjadi cairan

    Gas refrigerant dapat diubah menjadi cairan freon dalam komponen kondensor AC yang terletak di radiator. Saat mobil bergerak, udara bisa diserap dan diproses kembali agar AC menjadi lebih dingin.

    Baca juga: Fungsi Kondensor AC Mobil, Rawat Supaya AC Selalu Dingin

    Cara Kerja Kondensor AC

    Kondensor AC terdiri dari komponen elektrikal dan komponen mekanikal. Komponen elektrikal ini terdiri dari motor fan, magnetic clutch, relay, motor blower, werstan, saklar angin, thermostat, dan amplifier AC. Sementara, komponen mekanikal terdiri dari evaporator, kondensor, filter drier, dan kompresor.

    Kondensor AC bekerja mengubah gas menjadi cair pada sistem pendinginan mobil. Kondensor juga mengubah uap freon menjadi air pendingin dengan cara mengubah temperatur dan tekanan. Pada mulanya, freon dipompa kondensor pada sistem pendingin, kemudian dialirkan menuju kondensor dalam bentuk gas bertekanan tinggi. Selanjutnya, motor fan bekerja dan angin yang dihasilkan menurunkan tekanan serta temperatur freon.

    Baca juga: Jenis Kompresor AC Mobil, Fungsi, Tipe dan Cara Kerja

    Cara Merawat Kondensor AC

    1. Buka AC mobil

    Pertama-tama, bongkar kondensor terlebih dahulu. Siapkan peralatan yang lengkap, seperti kunci socket, kunci pas, kunci inggris, dan kain lap bersih untuk mengangkat kondensor. Dengan peralatan tersebut, pembongkaran kondensor bisa berjalan dengan baik.

    2. Carilah bagian kondensor AC

    Setelah AC dibongkar, cari bagian kondensor AC, kemudian lepas untuk dibersihkan. Saat mengangkat kondensor AC, lakukan dengan hati-hati.

    3. Semprot kondensor AC dengan air

    Semprotkan air ke beberapa bagian kondensor AC mobil. Pastikan menggunakan air bersih.  Selain itu, jangan merendam kondensor AC mobil ke dalam rendaman air sabun agar tidak rusak. Saat menyemprot kondensor AC, lakukan dengan bertapa. Kemudian, keringkan dengan lap bersih.

    4. Pasang kembali kondensor AC

    Setelah kondensor AC dipastikan bersih, pasang kembali. Kencangkan baut kondensor dengan kunci soket atau kunci pas.

    Baca juga: 14 Komponen AC Mobil, Fungsi, dan Cara Kerjanya 

    Tips Perawatan Kondensor AC

    Saat membersihkan kondensor AC, pastikan OtoFriends menggunakan air mengalir, bukan air bertekanan tinggi. Sebab, air bertekanan tinggi dapat menyebabkan kisi-kisi kondensor Ac melengkung. Seperti diketahui, kisi-kisi kondensor Ac memang sangat tipis. Jika kisi-kisi kondensor AC itu melengkung, hal itu akan menghambat aliran udara.

    Apabila kondensor AC terlalu kotor, gunakan air dengan sabun dan sikat gigi. Setelah kondensor AC dibersihkan, jangan lupa untuk mengecek freon AC. Apabila pemakaiannya sudah lama, sebaiknya ganti freon AC yang baru disertai oli kompresor.

    Fungsi kondensor AC mobil adalah mengubah suhu panas menjadi dingin. Cara kerja dari kondensor AC adalah mengubah zat freon menjadi zat cair. Oleh sebab itu, diperlukan proses perawatan dan perbaikan yang maksimal. Apabila OtoFriends tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan kondensor AC, OtoFriends bisa meminta bantuan di bengkel terdekat, misalnya saat ganti oli. Merawat mobil secara rutin tentu dapat menjaga performa mobil tetap prima. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk lakukan perawatan di bengkel.

    Untuk menghindari antrian panjang di bengkel, OtoFriends bisa memanfaatkan aplikasi Otoklix. Lakukan booking online, kemudian datang ke bengkel sesuai jadwal yang ditentukan. Selain itu, OtoFriends juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik dari Otoklix, mulai dari diskon harga hingga dapat jaminan uang kembali sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Fungsi dan Cara Kerja Kondensor AC

    Kondensor AC adalah salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi menyejukkan kabin. Kondensor AC dapat mengubah suhu panas menjadi dingin. Cara kerja kondensor ini adalah dengan mengubah zat freon menjadi zat cair. Karena fungsinya begitu penting, diperlukan proses perawatan dan perbaikan yang dilakukan dengan hati-hati.

    Kondensor AC mobil yang bocor masih bisa diperbaiki dengan cara dilas. Namun, apabila kebocorannya terlalu banyak dan parah, maka tidak bisa diperbaiki. Sebab, faktor usia juga mempengaruhi performa kondensor. Sebaiknya segera ganti kondensor AC yang baru apabila kondisinya sudah rusak parah.

    Biaya pembersihan kondensor AC biasanya berkisar Rp175 ribu. Akan tetapi, apabila kondensornya sudah rusak dan ganti baru, diperlukan biaya sekitar Rp500 ribu. Harga kondensor AC mobil biasanya tergantung dari tipe mobil.