servis berkala mobil

Kapan Saat yang Tepat Untuk Servis Mobil?

Mobil menjadi salah satu transportasi yang banyak digunakan karena memiliki tingkat kenyamanan tinggi. Di balik keunggulannya tersebut, ketika kamu mempunyai kendaraan roda empat ini, diperlukan perawatan yang tepat seperti servis mobil secara rutin. Lalu, kapan saat yang tepat untuk melakukan servis pada kendaraan satu ini? Lebih jelasnya, simak ulasannya disini.

1. Apabila Terdengar Suara yang Asing

Ketika kamu memiliki mobil, tentunya kamu harus lebih jeli untuk mengenali kondisi yang terjadi pada mobil kamu. Salah satunya, saat kamu mulai mendengar suara asing atau tak biasa pada mobil. Suara tersebut bisa muncul dari bagian mobil mana saja, sebut saja seperti pada bagian mesin, saat pergerakan suspense ataupun di bawah kendaraan.

Saat kamu jeli dengan kondisi yang terjadi pada mobil, hal ini bisa mencegah kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itu, apabila kamu mendengar adanya suara yang bising pada bagian tersebut atau yang lain, maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan kondisi mobil.

Sehingga, ketika kamu telah mendengar adanya suara yang aneh atau tidak beres, terutama pada bagian tersebut, maka saat ini adalah waktu yang pas untuk servis mobil. Kamu pun bisa segera membawanya ke bengkel langganan untuk mengecek kondisi mobil. Kerusakan yang terdeteksi sejak dini akan mencegah mobil mengalami kondisi rusak yang lebih parah.

2. Saat Rem Tidak Bekerja Semestinya

Tak hanya ketika terdengar suara asing, saat kamu mendapati rem tidak berfungsi atau tidak bekerja dengan semestinya, hal ini juga dapat menjadi pertanda bahwa kamu perlu segera membawanya ke bengkel. Pasalnya, rem merupakan salah satu komponen terpenting di dalam mobil yang perlu kamu perhatikan.

Rem adalah bagian yang memiliki fungsi penting untuk menunjang keselamatan di dalam berkendara. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk mengendalikan laju dari kendaraan roda empat tersebut. Contohnya seperti menghentikan maupun memperlambat laju dari mobil yang kamu kendarai.

Sehingga, ketika kamu mendapati bahwa mobil yang kamu bawa sedang dalam kondisi rem yang tidak normal, maka hal ini dapat menimbulkan hal yang sangat fatal. Oleh karena itu, ketika kamu merasa ada yang tidak normal dengan rem mobil, sebaiknya segera untuk melakukan servis mobil.

Ada beberapa tanda saat rem tidak bekerja dengan normal. Mulai dari pedal rem yang terasa ringan hingga menyentuh ke dasar mobil, terdengar suara bunyi ketika rem sedang bekerja dan lainnya, maka hal ini dapat menjadi tanda bahwa kamu perlu membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perawatan. Sebab, hal ini menjadi salah satu tanda bahwa rem tidak berfungsi semestinya.

3. Tentukan Waktu Servisnya

Jika kamu termasuk tipikal orang yang jarang mengendarai mobil atau mobil tersebut hanya dipakai untuk menempuh jarak yang pendek saja dalam satu hari, untuk menentukan kapan harus servis mobil adalah dengan berdasarkan waktu yang sudah terlampaui. Apa itu waktu servis yang terlampaui?

Kata tersebut merupakan istilah untuk menentukan waktu servis pada kendaraan roda empat. Biasanya untuk mobil yang baru, akan dilakukan servis berdasarkan jangka waktu seperti yang telah ditentukan. Sebut saja dalam satu bulan, dalam enam bulan, dalam dua belas bulan, enam belas bulan dan seterusnya.

Adanya jangka waktu terlampaui tersebut memiliki tujuan agar nantinya mobil yang kamu miliki tetap dalam kondisi yang prima. Sehingga, kamu tidak perlu untuk menunggu kondisi mobil mengalami kerusakan baru melakukan servis. Dengan melakukan servis berkala tersebut dapat mencegah mobil mengalami kerusakan sejak awal.

4. Jarak Tempuh Terlampaui

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk servis mobil adalah melalui jarak yang telah ditempuh. Biasanya hal satu ini sering kali dilontarkan oleh banyak orang, jika kamu bisa melakukan servis berdasarkan jarak tempuh terlampaui. Untuk mobil baru biasanya kamu akan melakukan servis secara berkala ketika jarak yang sudah ditempuh oleh mobil tersebut sekitar 1.000 km. 

Kemudian, untuk servis yang selanjutnya, ketika mobil telah ditempuh berdasarkan jarak 10 ribu kilometer, kemudian 20 ribu kilometer dan seterusnya. Umumnya, komponen atau part yang harus diganti berdasar jarak tempuh adalah penggantian olinya. Hal ini juga berlaku ketika mobil tersebut digunakan setiap hari atau sering dipakai.

Ketika kamu mendapati hal yang mengganjal pada mobil saat berkendara, sebaiknya segera bawa ke bengkel. Dengan begitu, kamu pun akan menjadi tahu masalah apa yang sedang terjadi pada mobil tersebut.

Pastikan bengkel yang akan menangani mobil kamu adalah bengkel berkualitas dengan teknisi yang berpengalaman. Kunjungi Otoklix dan temukan mitra bengkel Otoklix yang terdekat dari lokasi kamu. Dengan servis melalui Otoklix, kamu akan mendapatkan harga servis yang lebih murah hingga 50% dibanding bengkel authorized dan garansi pengerjaan hingga 30 hari setelah servis. Booking jadwal servisnya sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *