Konsumsi BBM Pajero yang sangat irit di kelasnya jadi alasan utama mobil berbodi besar ini masih laris manis dipasaran. 

Meski dibanderol dengan harga yang tidak murah, mobil Mitsubishi Pajero Sport tetap banyak peminat. 

    Sekedar informasi, mobil Mitsubishi Pajero Sport ini masih jadi mobil kebanggaan Mitsubishi Indonesia sekaligus jadi mobil SUV favorit karena memiliki kekuatan torsi yang besar. 

    Lantas seperti apa konsumsi BBM pajero dan spesifikasinya? Berikut Otoklix rangkum informasi selengkapnya.

    Spesifikasi Mobil Pajero

    Mobil Pajero Sport dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.442 cc, 4 silinder, MIVEC, turbocharged dengan kekuatan transmisi 8 percepatan otomatis dan 5 percepatan manual. 

    Kapasitas mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 178 hp pada 3.500 rpm dengan putaran torsi maksimal di angka 430 Nm pada 2.500 rpm. 

    Sebenarnya mobil Pajero ini juga hadir dalam varian mesin bensin, namun karena banyak konsumen yang lebih menyukai varian mesin dieselnya, maka mobil Pajero Sport varian bensin ditarik dan dihentikan penjualannya.

    Baca juga: New Pajero Sport 2023, Kapan Masuk di Indonesia?

    Konsumsi BBM Pajero

    Berbekal kapasitas mesin mumpuni, konsumsi BBM Pajero Sport mampu mencapai 1:10 km/liter rute kombinasi dan 1:20 km/liter mode Eco Driving. 

    Dari hasil uji coba, mobil Pajero mengangkat beban yang cukup berat dengan kapasitas penumpang 4 orang, dengan rute perjalanan sejauh 520,5 km, konsumsi BBM Pajero menghabiskan 35,96 liter saja. 

    Artinya rata-rata perjalanan berkisar 14,47 km per liter. Pencatatan angka ini terbilang cukup irit untuk konsumsi BBM pajero sekelas mobil SUV berbodi besar. 

    Penyebab Konsumsi BBM Pajero Irit

    Konsumsi BBM yang irit tentu akan membantu OtoFriends melakukan penghematan biaya bahan bakar sehingga meski harus berkendara jauh sekalipun, tidak hanya fisik yang aman dan nyaman namun kondisi kantong juga. 

    Ada beberapa cara yang bisa OtoFriends gunakan untuk memaksimalkan pengiritan konsumsi BBM pajero. 

    Selain memang memiliki kapasitas mesin yang baik, penyebab konsumsi BBM Pajero irit juga bisa dicapai dengan teknik berkendara yang konstan. Tidak disarankan juga menggunakan AC terlalu berat. 

    Berikut adalah beberapa tips untuk berkendara hemat bahan bakar yang bisa OtoFriends terapkan dalam berkendara sehari-hari:

    • Lakukan akselerasi secara perlahan. Pengendara diharapkan untuk tidak langsung menekan pedal gas terlalu dalam ketika mulai berakselerasi.
    • Berkendaralah dengan sedikit akselerasi dan deselerasi, yaitu mengemudi dalam kecepatan yang konstan sambil tetap menjaga jarak dengan mobil di depan.
    • Manfaatkan engine brake secara positif, serta melepas dan tidak menekan pedal akselerator berlebihan
    • Hindari menempatkan mesin dalam kondisi idle atau berhenti di tempat dalam waktu lama, khususnya ketika berhenti sesaat dalam waktu lebih dari 10 menit.

    Baca juga: Spesifikasi Mobil Pajero Sport 2022, Fitur Canggih dan Mewah

    Harga Mobil Pajero Bekas dan Baru

    Tahun baru tertarik untuk beli mobil baru? OtoFriends bisa menjadikan  mobil Pajero ini sebagai alternatif pilihan yang tepat. 

    Meski dibanderol dengan harga yang tinggi, bisa dipastikan OtoFriends tidak akan menyesal melakukan pembelian mobil Pajero Sport karena sudah terbukti keunggulannya. 

    Adapun harga baru mobil Pajero ini berkisar di rentang harga Rp425 jutaan hingga Rp650 jutaan. 

    OtoFriends juga bisa melakukan pembelian mobil Pajero Sport bekas dengan menyiapkan rupiah mulai dari Rp180 jutaan. Rentang harga ini tentu bervariatif, tergantung dari kondisi dan jenis mobil, dan besar dimensi mobil Pajero Sport yang OtoFriends pilih.

    Perbandingan BBM Pajero dan Toyota Fortuner

    Sekedar informasi, bagi OtoFriends yang ingin melakukan pembelian mobil Pajero Sport namun masih ragu, OtoFriends bisa melakukan perbandingan dengan mobil Toyota Fortuner karena kedua mobil ini merupakan mobil SUV terbaik dan sudah menjadi andalan di pasaran. 

    Sama-sama memiliki tenaga yang mumpuni, desain garang dan sporty, kedua mobil ini kerap kali dibandingkan sehingga menimbulkan persaingan yang sengit di pasar mobil SUV.

    Hadir dengan 8 varian, mobil Toyota Fortuner ini dibanderol dengan rentang harga yang hampir sama, yaitu berkisar Rp542 jutaan. 

    Bedanya, mobil Toyota hadir dalam varian bensin dan diesel, dan kedua varian tersebut disukai konsumen Indonesia. 

    Pada varian bensin, konsumsi BBMnya mampu mencapai hingga 12,2 km/liter pada jalur dalam kota. Sehingga dapat terlihat konsumsi BBM Toyota lebih unggul tipis ketimbang konsumsi BBM Pajero.

    Memiliki selisih konsumsi BBM yang tidak terlalu jauh, lantas mobil SUV apakah yang menjadi pilihan OtoFriends? 

    Mobil apapun itu, tidak akan terjamin keiritan konsumsi BBMnya apabila OtoFriends tidak melakukan teknik berkendara dan perawatan mobil yang tepat. OtoFriends harus mengimbanginya dengan kerutinan pengecekan mesin mobil. 

    Kedua hal tersebut saling terhubung karena apabila ada komponen mobil yang rusak dan tidak segera diperbaiki, OtoFriends harus rela kehilangan keunggulan mobil irit BBM karena proses pembakaran bahan bakar tentu tidak akan berjalan lancar. 

    Baca juga: Konsumsi BBM Xpander Diklaim Irit, Seperti Apa Spesifikasinya?

    Booking servis di bengkel rekanan Otoklix setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk perawatan mesin mobil yang maksimal. 

    Bengkel rekanan Otoklix melayani servis seperti ganti oli, ganti ban, tune-up, ganti aki, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil. Kualitas pelayanan bengkel umum rekanan sama dengan bengkel resmi. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Pajero

    Mobil Pajero memiliki kapasitas mesin diesel, sehingga penggunaan pertalite sebagai bahan bakar sangat dilarang.


    Konsumsi BBM Pajero yang sangat irit di kelasnya jadi alasan utama mobil berbodi besar ini masih laris manis dipasaran. Meski dibanderol dengan harga yang tidak murah, mobil Mitsubishi Pajero Sport tetap banyak peminat.


    Berbekal kapasitas mesin mumpuni, konsumsi BBM Pajero Sport mampu mencapai 1:10 km/liter rute kombinasi dan 1:20 km/liter mode Eco Driving.