Mobil Captiva Diesel merupakan SUV yang sudah tidak lagi dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2018 lalu. Namun, ternyata peminat dari mobil keluaran Chevrolet ini masih sangat tinggi, hal ini bisa dilihat dari aktifnya permintaan dan penawaran Mobil Captiva Diesel bekas di banyak forum jual-beli mobil.

Chevrolet Captiva Diesel banyak digandrungi karena memiliki tampilan mewah dan sporty, baik di bagian interior maupun desain eksteriornya. Meskipun begitu, spesifikasi sebuah mobil tidak hanya mencakup estetikanya saja. Ada beberapa hal yang masih dirasa kurang mumpuni, misalnya seperti konsumsi bahan bakar yang terlalu boros dan harga sparepartnya yang mahal. 

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membeli Mobil Captiva Diesel bekas, sangat penting untuk mengetahui kondisinya terlebih dahulu. Dan berikut ini akan dijabarkan secara detail, langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan!

Lakukan Hal ini Sebelum Membeli Mobil Captiva Diesel Bekas

Membeli mobil bekas jenis apa saja memang memiliki resiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan membeli mobil dalam kondisi baru. Namun, keduanya memiliki plus minus, entah itu dalam hal harga, kondisi mesin, maupun kualitas mobil yang didapatkan. 

Namun, untuk meminimalisir kesalahan dan kerugian saat membeli Mobil Captiva Diesel Bekas, penting untuk mengecek dan melakukan hal-hal berikut ini!

  • Cek harga pasar, hal ini bisa dilakukan lebih mudah dengan mengakses forum-forum jual beli mobil yang ada di internet atau sosial media.
  • Kenali pihak pertama yang menjual mobil bekas, hal ini sangat penting dilakukan karena kondisi mobil bekas biasanya sangat terpengaruh oleh penggunanya. 
  • Lakukan pengecekan secara menyeluruh, dari mulai kondisi bodi mobil hingga keadaan mesinnya, pastikan bahwa mobil tidak mengalami depresiasi penggunaan yang parah.
  • Cek kelengkapan dokumen-dokumen kepemilikan dan pajak mobil.
  • Khusus untuk Mobil Captiva Diesel Bekas, jangan lupa untuk melihat kondisi sparepartnya. Hal ini dilakukan karena harga sparepart Mobil captiva Diesel sangat tinggi di pasaran.  

Masalah Chevrolet Captiva Diesel yang Harus Diwaspadai

Setelah melakukan pengecekan secara menyeluruh, dan memutuskan untuk membeli Mobil Chevrolet Captiva Diesel bekas. Pengguna wajib mengetahui bahwa ada beberapa masalah pada mobil ini yang patut diwaspadai. Hal ini merupakan kondisi-kondisi yang umum terjadi saat membeli Mobil captiva Diesel bekas. 

Kerusakan Wiring Harness

Masalah pertama yang akan sering ditemui pada Mobil Captiva Diesel bekas adalah kerusakan pada bagian wiring harness, adanya masalah pada bagian ini pada dasarnya disebabkan oleh faktor penggunaan mobil yang sudah cukup lama, panas pada mesin menjadikan kualitas kabel menurun dan harus diganti.

Jika kondisi wiring harness yang rusak dibiarkan dalam waktu yang lama, bisa jadi akan menyebabkan kerusakan pada komponen mobil lainnya. Mobil juga kemungkinan tidak bisa dijalankan karena aliran arus listrik dalam kendaraan bermotornya tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Oli Mesin Boros

Membeli mobil bekas, tentu saja harus paham resiko-resiko yang mungkin akan dialami. Salah satunya oli mesin yang cepat habis. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya karena pemilik sebelumnya tidak teratur mengganti oli mesinnya. Akibatnya kinerja mesin tidak bisa optimal karena komponen di dalam mesin bisa rontok.

Dalam aturan yang sudah diatur dalam buku manual Chevrolet Captiva Diesel, seharusnya oli mesin wajib diganti setiap pemakaian tembus 10 ribu kilometer. Namun, tidak ada salahnya untuk mengganti oli setiap 5 ribu kilometer untuk mendapatkan performa mesin yang lebih optimal. 

Masalah pada Injector Common Rail 

Masalah lain yang sering ditemui ketika membeli Mobil Captiva Diesel bekas adalah pada bagian injector common railnya. Hal ini umumnya disebabkan oleh pengisian bahan bakar yang sembarangan, misalnya penggunaan solar bersubsidi. Pilihan bahan bakar sangat mempengaruhi sistem kerja mesin, untuk itu minimal penggunaan bahan bakar untuk mesin teknologi common rail adalah Dexlite. 

Meskipun begitu, saat terjadi kerusakan parah pada bagian injector common rail, semuanya bisa diperbaiki dan dibersihkan. Injector common rail juga bisa dikalibrasi ulang dengan menganggarkan biaya yang relatif terjangkau. 

Karet Kaki-kaki Aus

Sewajarnya mobil bekas yang sudah dipakai kurang lebih dari 5 tahun, hal ini akan menyebabkan bagian karet kaki-kaki Chevrolet Captiva Diesel sudah aus. Faktor umur guna dan kilometer kendaraan yang sudah tinggi menyebabkan karet-karet engine mounting dan sokbrekernya bermasalah. 

Fuse Box yang Sudah Berkarat

Hal terakhir yang patut untuk diwaspadai ketika memutuskan membeli Chevrolet Captiva Diesel bekas adalah mengecek kondisi fuse boxnya. Sistem kelistrikan mobil jenis ini memang perlu diperhatikan secara khusus, jangan sampai kondisi fuse box atau kotak sekringnya karatan atau korosi. 

Ketika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan sistem kelistrikan Mobil Captiva Diesel tidak bisa optimal. Fuse box yang dibiarkan berkarat dalam waktu yang lama juga akan mempengaruhi kerusakan pada komponen mobil lainnya, dan jika lebih paran bisa membuat mobil mogok.  

Setelah mengetahui ulasan lengkap mengenai Chevrolet Captiva Diesel dan mempelajari resiko apa saja yang mungkin didapatkan saat memutuskan untuk membeli Mobil Captiva Diesel bekas. Kini tidak perlu khawatir lagi mengenai penanganan masalah pada mobil bekas, dengan bantuan Otoklix semuanya bisa lebih simpel. 

Tersedia banyak bengkel terpercaya dan berkualitas dengan banjir promo dan penawaran menarik. Yang pasti, kini  saat memutuskan untuk membeli Mobil Captiva Diesel bekas tidak perlu khawatir lagi!