Oli merupakan salah satu komponen penting yang menjaga performa mesin sebuah mobil. Untuk menjaga performa mesin tersebut, oli perlu diganti secara berkala dengan yang baru. Untuk mobil matic, oli bukan hanya oli mesin saja, tetapi juga ada oli transmisi yang menjaga transmisi mobil matic tetap halus.

Apabila lalai dalam memperhatikan kualitas oli matic mobil, maka bukan tidak mungkin akan timbul kerusakan yang cukup besar pada mobil matic di kemudian hari. Untuk mendapatkan oli matic terbaik, simak dahulu beberapa informasi pentingnya berikut  ini.

Rekomendasi dan Harga Oli Matic Mobil

Saat ini ada berbagai oli matic mobil yang ada dipasar dan mudah untuk ditemukan. Dari beragam pilihan tersebut, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya untuk kamu.

Oli Mobil Matic Top 1

Rekomendasi oli matic yang pertama datang dari merek Top 1. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi oli mobil matic top 1

  1. Oli Transmisi Matic TOP 1 ATF EVOLUTION MV 1 liter, harga  Rp105 ribu
  2. Oli Transmisi Matic TOP 1 CVT FLUID 1 liter, harga  Rp90.750
  3. Oli Transmisi Matic TOP 1 ATF MULTI VEHICLE (MV) 1 liter, harga Rp79.200

Oli Mobil Matic Shell

Rekomendasi yang kedua adalah oli matic dari merek Shell. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

  1. Shell SPIRAX S5 CVT X 1 liter, harga Rp110 ribu
  2. Shell SPIRAX S5 ATF X 1 liter, harga Rp60 ribu

Baca Juga: Kekentalan Oli Mesin untuk Mobil Tua, Mana yang Paling Baik

Oli Mobil Matic Castrol

Rekomendasi oli matic untuk transmisi selanjutnya adalah dari merek Castrol. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi oli transmisi matic Castrol.

  1. Oli Transmisi Atf Original Castrol Transmax Multivehicle 1 liter, harga Rp3.500
  2. Oli ATF Castrol Transmax Dexron IIIH, Mercon MultiVehicle 1 liter, harga Rp75 ribu

Oli Mobil Matic Total

Terakhir adalah rekomendasi oli matic untuk transmisi dari merek Total. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

  1. Total Fluidmatic MV LV, harga Rp135 ribu
  2. Total Fluidmatic LV MV, harga Rp135 ribu
  3. Total Fluidmatic MV, harga Rp90 ribu
  4. Total Fluidmatic DIII, harga MV Rp85 ribu
  5. Total Fluidmatic CVT, harga Rp90 ribu

Fungsi Oli Matic

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi oli matic untuk transmisi terbaik, pentingnya untuk OtoFriends mengetahui apa sajakah fungsi dari oli matic untuk transmisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsinya.

Melumasi Transmisi Mobil

Oli pada umumnya memiliki fungsi utama untuk melumasi komponen mesin. Dengan komponen yang terlumasi dengan baik, hal ini akan mencegah berbagai kerusak yang bisa muncul pada komponen tersebut.

Menjaga Suhu Mobil

Selain untuk melumasi komponen mobil, oli juga memiliki fungsi untuk menjaga suhu komponen mobil tidak menjadi terlalu panas. Jika komponen mobil menjadi terlalu panas, tentu ini akan menyebabkan masalah pada komponen tersebut.

Memperlancar Perpindahan Transmisi

Jika dalam berkendara terdapat masalah pada saat memindahkan transmisi, maka hal ini bisa disebabkan oli matic yang tidak berfungsi dengan baik. Oli transmisi sangat berperan untuk menjaga kelancaran perpindahan transmisi mobil matic

Mencegah Kerusakan Besar

Fungsi oli matic yang terakhir tentunya adalah untuk mencegah kerusakan besar pada komponen mobil matic. Dengan memperhatikan kualitas oli matic, maka kamu akan terhindar dari kerusakan besar mobil yang akan membutuhkan pengeluaran yang cukup besar.

Baca Juga: Penting! Ketahui Berapa Km Mobil Harus Ganti Oli

Kapan Waktu Ganti Oli Matic Mobil

Untuk mengganti oli transmisi mobil matic, OtoFriends dapat mengganti setiap jarak 15.000 kilometer. Lalu setiap jarak 50.000 kilometer oli dapat dikuras secara menyeluruh. Waktu penggantian ini dapat berubah tergantung dari intensitas penggunaan mobil matic.

Apabila mobil matic sangat sering digunakan dan terlebih mobil tersebut sering melewati rute-rute perjalanan yang macet seperti di Jakarta, maka waktu penggantian bisa dipercepat menjadi 7.000 kilometer atau 8.000 kilometer.

Sangat disarankan untuk melakukan pergantian oli di bengkel. Hal ini karena kamu juga dapat berkonsultasi dengan mekanik tentang kondisi mobil matic kamu saat ini. Untuk menemukan bengkel ganti oli terdekat sangatlah mudah, kamu cukup mencarinya di Otoklix dan menemukan berbagai bengkel terbaik sesuai keinginan.

Tanda Oli Matic Mobil Harus Diganti

Selain waktu mengganti oli transmisi yang harus diperhatikan, tentunya terdapat tanda-tanda bahwa ada masalah pada bagian transmisi yang bisa jadi disebabkan oleh masalah oli dan harus diganti. Hal ini bisa kamu sampaikan kepada mekanik saat berkunjung ke bengkel. Berikut ini adalah beberapa tanda-tandanya.

Suara Aneh dari Sistem Transmisi

Tanda yang pertama adalah munculnya suara aneh pada sistem transmisi mobil matic kamu. Bunyi aneh ini bisa sangat terdengar jelas ketika memindahkan gigi pada transmisi mobil matic. Jika hal ini terjadi, maka tentu ada masalah pada sistem transmisi dan oli matic mobil.

Saat Memindahkan Transmisi Matic Terasa Berat

Selain bunyi yang muncul saat memindahkan gigi pada transmisi mobil matic, apabila saat memindahkan transmisi matic terasa berat, maka sudah dapat dipastikan bahwa ada masalah pada bagian transmisi mobil matic. Segera konsultasikan hal ini dengan mekanik bengkel terdekat.

Lampu Check Engine Sudah Menyala

Tanda yang paling mudah untuk kamu ketahui bahwa oli matic perlu untuk diganti adalah melalui indikator check engine. Indikator ini biasanya terdapat pada mobil matic keluaran terbaru. Jika indikator ini sudah menyala, segera bawa mobil ke bengkel terdekat

Warna Oli Sudah Gelap

Tanda berikut ini mungkin adalah yang paling umum orang ketahui. Ketika berkunjung ke bengkel, pasti kamu melihat oli yang sudah berwarna hitam gelap. Ini merupakan tanda bahwa oli tersebut sudah harus untuk diganti termasuk di mobil matic kamu.

Jarak Tempuh Mobil Sudah Tinggi

Tanda berikut ini adalah tanda yang paling mudah digunakan untuk mengetahui bahwa oli matic perlu untuk diganti, yaitu melalui jarak tempuh mobil. Jika jarak tempuh mobil sudah tinggi, tentunya oli matic perlu untuk diganti agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya

Mobil Sulit untuk Menanjak

Tanda yang terakhir adalah mobil matic sulit untuk menanjak meskipun transmisi sudah diubah untuk kondisi menanjak. Jika hal ini terjadi pada mobil matic, maka segera ganti oli matic dengan yang baru.

Itulah beberapa informasi penting mengenai oli matic yang bisa Otoklix berikan kepada OtoFriends. Berdasarkan informasi tersebut kamu dapat memilih salah satu dari rekomendasi oli matic yang cocok untuk mobil matic dan tahu kapan harus mengganti oli tersebut dengan mencari bengkel ganti oli di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Oli Matic

Disarankan untuk penggantian oli transmisi matik setiap interval 15.000 kilometer. Selanjutnya, untuk menguras oli ini secara menyeluruh dilakukan tiap 50.000 kilometer.

Oli pada umumnya memiliki fungsi utama untuk melumasi komponen mesin. Dengan komponen yang terlumasi dengan baik, hal ini akan mencegah berbagai kerusak yang bisa muncul pada komponen tersebut.

Tahukah kalian jika oli mesin mobil manual & matic ternyata tidak sama? Pada mobil transmisi manual, fungsi oli sebagai sistem pelumasan yang bisa menjaga kinerja mesin agar tetap prima. Sementara pada transmisi matic, oli berfungsi sebagai pelumas yang mengantarkan mekanisme perpindahan gigi transmisi.