Mobil ceper merupakan salah satu jenis modifikasi mobil yang banyak disukai oleh pecinta otomotif. Namun, karena bentuknya yang rendah, tak jarang modifikasi ini malah membuat mobil jadi tidak nyaman dikendarai. Oleh karena itu, kamu perlu beberapa tips mobil ceper tapi nyaman dikendarai.

Keluhan yang sering dirasakan terkait modifikasi mobil ceper adalah mobil jadi keras dan tidak nyaman. Hal ini lantaran suspensi pada mobil ceper dibuat rendah, sehingga tidak bisa meredam getaran dengan baik seperti mobil dengan suspensi standar lainnya.

Agar mobil ceper tetap nyaman saat dikendarai, kamu bisa melakukan beberapa strategi yang sudah Otoklix rangkum berikut ini.

Tips Modifikasi Mobil Ceper Agar Tetap Nyaman

Mobil ceper kamu tetap bisa kok dikendarai dengan nyaman asalkan kamu tahu beberapa tipsnya. Yuk, simak berikut ini. 

1. Pasang Lowering Kit

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan memasang lowering kit seperti coilover. Coilover sendiri merupakan per yang menyatu dengan shockbreaker. Bentuknya sekilas mirip dengan shockbreaker yang ada pada motor. 

Pemasangan lowering kit seperti coilover ini akan memudahkan kamu dalam menyeting ketinggian mobil. Pastikan kamu membeli coilover yang ukurannya pas dan ulir yang dipilih memiliki diameter besar. 

Kamu juga bisa menggunakan sport kit, loh! Kamu bisa memilih sport kit sesuai kebutuhan. Sport kit yang keras bisa memaksimalkan handling. Ada juga sport kit yang lebih empuk sehingga bisa membuat berkendara jadi nyaman. 

2.  Potong Ulir Per Standar Bawaan Mobil

Cara berikutnya yang bisa dilakukan agar mobil ceper kamu tetap nyaman dikendarai adalah dengan memotong ulir per standar yang menjadi bawaan dari mobil. Cara ini cukup praktis dan juga terbilang murah. 

Untuk memotongnya, sebaiknya bawa saja ke bengkel modifikasi mobil, ya. Sebab, jika kamu memotong berlebihan, malah bisa membuat suspensi mobil jadi tidak bekerja maksimal dan mobil akan semakin tidak nyaman dikendarai. 

3. Ganti Ulir Per dan Sokbreker dari Mobil Lain

Untuk mengganti ulir per, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya, ya. Sebab, dimensi suspensi harus benar-benar diukur dan tidak boleh asal-asalan. 

Ulir dengan diameter yang lebih besar dipercaya bisa memberikan kenyamanan yang baik untuk mobil ceper. Kamu bisa memilih menggunakan ulir per mobil asal Eropa. Tapi, tetap harus dikonsultasikan dulu, ya.

4. Modifikasi Air Suspension

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memodifikasi air suspensi. Cara ini bisa dibilang cukup ekstrem tapi canggih di mana per akan digantikan oleh kantung udara. 

Salah satu kelebihan dari modifikasi ini adalah lebih nyaman, sebab sistem suspensi jadi lebih mudah diatur ketinggiannya melalui tombol yang dibuat dekat dengan setir. 

Kekurangannya, modifikasi ini membutuhkan biaya yang mahal. Lalu, ketika melewati jalanan yang rusak, maka air suspension juga akan gampang rusak. 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper

Modifikasi mobil ceper adalah praktik mengubah suspensi, tinggi ground clearance, dan sistem suspensi lainnya untuk menjadikan mobil lebih dekat ke tanah. 

Ini memberikan tampilan yang khas dan meningkatkan performa kendaraan. Namun, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan modifikasi mobil ceper.

Kelebihan Modifikasi Mobil Ceper

1. Penampilan Gagah dan Menarik

Mobil dengan modifikasi ceper memiliki penampilan yang khas dan atraktif. Ground clearance yang rendah memberikan kesan sporty dan agresif pada kendaraan.

2. Lebih Stabil dan Handling Responsif

Dengan pusat gravitasi yang lebih rendah, mobil ceper cenderung memiliki stabilitas yang lebih baik saat bermanuver dan handling yang lebih responsif. Pengalaman berkendara pun jadi lebih menyenangkan.

3. Performa Meningkat

Modifikasi suspensi ceper seringkali juga melibatkan penggantian komponen suspensi dengan yang lebih baik. 

Hal ini dapat meningkatkan kemampuan handling, traksi, dan respons kendaraan, sehingga meningkatkan performa secara keseluruhan.

4. Pengurangan Roll Body

Mobil ceper cenderung mengalami sedikit atau tidak ada roll body (miring ke samping saat berbelok), yang dapat memberikan kestabilan tambahan saat melewati tikungan dengan kecepatan tinggi.

Kekurangan Modifikasi Mobil Ceper

1. Kemampuan jadi Terbatas

Mobil dengan modifikasi ceper dapat memiliki masalah saat melewati rintangan seperti kecepatan berlebih, jalan yang tidak rata, atau lereng curam. 

Ground clearance yang rendah dapat membatasi kemampuan mobil untuk melintasi berbagai jenis medan.

2. Tidak Nyaman

Suspensi yang lebih keras pada mobil ceper dapat mengurangi kenyamanan berkendara, terutama saat melintasi jalan yang rusak atau berlubang. Mobil ceper juga cenderung lebih rentan terhadap goncangan di jalan.

3. Pemakaian Ban Pendek

Mobil dengan modifikasi ceper seringkali memiliki sudut kemiringan ban yang berbeda, yang dapat menyebabkan ban terkikis lebih cepat dan mempengaruhi umur pakai ban.

4. Tidak Cocok untuk Kondisi Jalan Tertentu

Mobil ceper mungkin tidak cocok untuk kondisi jalan dengan salju, es, atau permukaan yang sangat tidak rata. 

Modifikasi ceper lebih sesuai untuk digunakan di lingkungan perkotaan dengan jalan yang relatif baik.

Penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan ini serta memahami regulasi dan batasan hukum di daerah kamu sebelum melakukan modifikasi mobil ceper. 

Agar performa mobil tetap stabil, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin seperti ganti oli, tune up, hingga servis AC mobil, ya. Kamu bisa berkonsultasi dengan ahli yang sudah berpengalaman di bengkel Otoklix.

Ganti oli mobil di Otoklix harganya murah, mulai dari Rp89 ribu per liternya. Kalau booking lewat aplikasi Otoklix, kamu bahkan bisa hemat sampai 50%, loh!

Dapatkan harga spesial ganti oli mobil hanya Rp89 ribu di bengkel Otoklix. Booking sekarang lewat Aplikasi Otoklix karena bisa hemat sampai 50%!

Pertanyaan seputar Tips Mobil Ceper Tapi Nyaman

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan memasang lowering kit seperti coilover. Coilover sendiri merupakan per yang menyatu dengan shockbreaker.

Lowering kit adalah komponen suspensi yang biasanya dibuat oleh pabrikan aftermarket yang bisa meningkatkan handling mobil.

Potkit adalah istilah potong sedikit, di mana bagian kaki-kaki mobil dipotong sedikit agar lebih ceper..