Mobil baret atau sekadar ingin membuat mobil kita lebih fresh? Body repair bisa dilakukan dari skala ringan hingga skala berat. Lalu bagaimana memilih bengkel cat mobil yang berkualitas dengan hasil yang memuaskan? Yuk, simak tips dan biayanya.

Tips Memilih Bengkel Cat Mobil Berkualitas

1. Perhatikan fasilitas

Untuk memilih bengkel cat mobil, kamu perlu mencari referensi dari beberapa teman dan bandingkan bengkel yang satu dengan bengkel yang lainnya. Fasilitas adalah hal terpenting yang harus dimiliki bengkel cat mobil terbaik.

Kamu bisa cek, apakah bengkel cat mobil itu memiliki alat pengecatan modern atau tidak, ketersediaan ruang oven, spray cat hingga alat pengelasan. Ruang oven yang tersedia juga perlu digunakan semaksimal mungkin.

Kamu juga perlu mengenali interaksi pemilik bengkel atau teknisinya. Ini adalah salah satu bentuk pelayanan bengkel yang bagus. Jika bengkel tersebut memiliki interaksi yang baik dengan pelanggan, maka bisa menjadi nilai tambah 

2. Perhatikan proses dan hasil

Jika kamu melakukan pengecatan di bengkel cat mobil, perhatikan juga proses pengerjaannya. Apalagi jika kamu mengecat mobil setelah mobil kamu mengalami kecelakaan berat seperti tabrakan. Sebelum mobil dicat, tentunya harus dilakukan pengembalian kondisi bodi mobil seperti sedia kala. Prosesnya bisa melalui tahap pengelasan sampai pelat bodi mobil kembali semula. 

Sebelum itu, kamu bisa melakukan pengamatan hasil akhir terhadap mobil-mobil yang sudah mendapatkan perawatan di bengkel cat mobil tersebut. Lihat dengan seksama kesamaan warna cat pada seluruh mobil yang telah selesai direparasi. Bengkel yang bagus tak akan membiarkan ada warna belang sedikit pun di bagian yang dicat.

3. Pertimbangkan biaya

Tentu saja dalam biaya untuk perawatan mobil harus sesuai dengan bujet kita. Hal ini bisa dipengaruhi oleh sebesar apa bagian yang harus dicat, perawatan yang dilakukan, dan juga penggunaan bahan cat mobil. Kamu akan mengetahui estimasi biayanya di artikel ini. 

Mobil yang langsung dilakukan pengecatan siram tanpa mengerok bodi atau memodifikasi bagian mobil tentunya akan lebih murah dibandingkan yang harus dilakukan modifikasi.

4. Simak review atau testimoni pelanggan

Tips terakhir dalam memilih bengkel cat mobil adalah pilih bengkel yang telah memiliki banyak pelanggan. Bengkel profesional akan menampilkan penilaian pelanggan mereka secara terbuka baik di situs atau lokasi Google Maps. Komentar positif dari pelanggan bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk mencoba layanan bengkel tersebut.

Baca Juga: Catat! Jenis Body Kit Mobil dan Fungsinya

Bengkel Cat Umum vs Bengkel Resmi

Nah, bicara soal biaya bengkel cat mobil, berikut perbandingan antara bengkel umum dan bengkel resmi sebagai gambaran.

1. Pengecatan seluruh body mobil

Untuk memberikan tampilan mobil yang seluruhnya seperti baru, tentunya kamu harus melakukan pengecatan seluruh body mobil. Biayanya pun pasti akan lebih mahal. Biasanya, biaya bengkel cat mobil berbeda-beda satu sama lain, tergantung pilihan warna dan kesulitan pengerjaan. 

Kualitas cat mobil akan menjadi penentu paling besar berapa biaya untuk pengecatan body mobil. Sedikit informasi untuk kamu, warna emas dan merah biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan pilihan warna lainnya. 

Biaya untuk pengecatan seluruh bagian mobil berkisar antara Rp5-7 juta. Biaya ini adalah biaya untuk pengecatan di bengkel umum. Jika kamu menggunakan bengkel resmi, biayanya bisa mencapai Rp15 juta. Sedangkan jika ingin menggunakan bengkel cat murah, kamu bisa menggunakan bengkel cat duco, harganya sekitar Rp2,5-Rp5 juta. Cukup mahal juga, ya.

2. Pengecatan bagian bumper depan dan belakang

Jika kamu tidak ada dana untuk melakukan cat keseluruhan body mobil, kamu bisa melakukan pengecatan pada bagian tertentu saja. Misalnya pada bagian yang baret. Biasanya bagian bumper adalah bagian yang rawan terkena goresan atau penyok karena memang berfungsi untuk menahan benturan.

Umumnya, untuk memoles bagian bumper, biaya yang harus kamu siapkan sekitar Rp350-600 ribu. Itu jika kamu menggunakan bengkel umum. Jika di bengkel resmi, biayanya bisa sekitar Rp700-1,5 juta. Bengkel cat duco memiliki biaya paling rendah, yaitu hanya Rp200-400 ribu. Namun, biaya cat mobil tergantung pada tingkat kerusakan dan termasuk warna. 

3. Pengecatan pintu mobil

Pintu mobil juga merupakan bagian yang rawan mengalami baret atau tergores. Biasanya, hal ini terjadi karena bersinggungan dengan pengendara mobil atau kendaraan lainnya. 

Untuk mengecat pintu mobil, kamu harus mempersiapkan dana sekitar Rp600 ribu-900 ribu. Tergantung pilihan bengkel, tingkat kerusakan, dan kualitas cat yang dipakai.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Bengkel Ban Mobil Terdekat di Depok dan Sekitarnya

4. Pengecatan atap mobil 

Mobil yang sering terpapar sinar matahari juga bisa kusam dan pudar pada atap mobilnya. Dibandingkan dengan bagian lainnya, pengecatan atap mobil cenderung membutuhkan biaya lebih mahal, karena cat yang butuhkan lebih banyak.

Biaya yang perlu kamu siapkan adalah sekitar Rp1,5-2 juta.

Bagian atap mobil ini sering sekali terpapar oleh sinar matahari. Sehingga, wajar jika warna atap mobil lambat laun akan memudar dan terlihat kusam. Biaya cat mobil untuk bagian ini sekitar Rp1,5-2 juta rupiah. 

Ketika warna mobil sudah mulai memudar, langkah tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pengecatan ulang. 

Dalam hal ini, kamu bisa memilih melakukan secara full body atau hanya di bagian tertentu saja, misalnya bumper, atap, pintu, dan sebagainya. Biaya yang dipatok pastinya akan berbeda tergantung warna dan tingkat kesulitan pengecatan.

Jadi, sudah dapat gambaran bengkel cat mobil yang harga kualitas? Hmm… ternyata cukup mahal juga ya. Apalagi jika melakukan pengecatan full body.Jika kamu mau mencari bengkel cat mobil terdekat se-Jabodetabek, kamu bisa instal aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!