Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 bakal digelar menghadirkan berbagai produk otomotif. Pameran tahunan ini ditujukan memberikan peluang baru bagi industri otomotif Indonesia untuk berkembang. 

Berbagai brand otomotif di Indonesia juga akan mengeluarkan produk baru. Tak hanya itu, program lainnya untuk memeriahkan acara ini juga tersedia, mulai dari lifestyle corner, boating area, hingga program musik Infinite Live. 

Lengkapnya, berikut informasi jadwal, mobil bakal rilis, hingga harga tiket IIMS 2023

Jadwal dan Lokasi IIMS 2023

Pameran otomotif IIMS 2023 berlangsung pada 11 hingga 19 Maret 2023, digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 16 hingga 26 Februari 2023. IIMS 2023 ini mengusung tagline Bringing Opportunity for Automotive Society Together (BOOST).

Tak hanya pameran otomotif, IIMS 2023 juga diramaikan dengan konser berbalut Infinite live. Konser ini menghadirkan berbagai musisi ternama yaitu DeadSquad feat Isyana, The Changcuters feat Nidji, Vierratale feat RE:UNION, JKT 48, Yura Yunita, Nadin Amizah, Parade Hujan, Soegi Bornean, Ananda Feat. Monita, Dewa 19 Feat. Virzha.

Tentunya, berbagai merek mobil juga akan meriahkan IIMS 2023. Ini daftarnya. 

Daftar Merek Mobil Meriahkan IIMS 2023

Deretan merek mobil dan motor yang bakal hadir di IIMS 2023, yaitu Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW).

Melalui ajang IIMS 2023, ragam merek otomotif itu juga akan menghadirkan berbagai produk baru. Seperti Suzuki yang sudah mengonfirmasi akan menghadirkan Grand Vitara di Indonesia. 

Tak hanya itu, Wuling, Nissan, Chery hingga Subaru disinyalir akan merilis mobil baru. Bahkan, DFSK tampak yakin akan menghadirkan mobil listrik mungil, Mini EV yang menjadi pesaing Wuling Air EV. 

Lengkapnya, berikut mobil diprediksi rilis di IIMS 2023

Baca Juga: Bocoran Mobil yang Akan Rilis 2023, Ada Mitsubishi XFC hingga Wuling Alfez!

Mobil Diprediksi Launching di IIMS 2023

1. Suzuki Grand Vitara

Suzuki mengumumkan secara resmi kehadiran Suzuki Grand Vitara di IIMS 2023. Pabrikan asal Jepang itu mengunggah siluet penampakan SUV terbarunya dari sisi samping. 

Mobil legendaris ini bakal hadir dengan versi terbaru di Indonesia. Diketahui, Suzuki Grand Vitara sebelumnya sudah hadir di India. 

Berpacu pada spesifikasi Grand Vitara yang hadir di India, mobil ini bakal memiliki dimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm, kemudian jarak sumbu roda 2.600 mm. 

Penampilannya gagah sebagai sebuah SUV dengan penggunaan ban 215/60 R17. Grand Vitara bakal dibekali dengan fitur terkini seperti Auto AC hingga ventilated seat sehingga membuat pengendara lebih cepat mendapat kesejukan di dalam kabin. 

Terdapat pula juga wireless charger hingga head-up display didukung pendaran cahaya temaram di kabin. Paddle shift hingga cruise control menjadi fitur yang cukup membantu pengendara lebih praktis. 

2. Chery Omoda 5

Tak hanya Suzuki, Chery juga akan menghadirkan SUV terbarunya, Omoda 5 melalui pameran IIMS 2023. Berdasarkan bocoran yang beredar, SUV ini akan hadir dengan pilihan mesin turbo. 

Desain eksterior Chery Omoda 5 terbilang modern dan futuristik. Tampilan depan mengusung desain grill bergaya susunan batu permata 3D dengan emblem Chery beraksen krom. 

Dimensi Chery Omoda 5 terbilang cukup bongsor. Mobil ini memiliki panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.580 mm. 

Adapun pada dapur pacunya, Chery Omoda 5 menawarkan dua pilihan mesin, yakni 1,5 liter dan 1,6 liter turbo. Performanya cukup bertenaga mampu menghasilkan hingga 195 hp dan torsi puncaknya mencapai 290 Nm. 

3. Wuling Alvez

Selanjutnya, ada Wuling yang disinyalir bakal hadirkan SUV barunya, Wuling Alvez. SUV ini memiliki dimensi panjang 4.365 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.750 mm. 

Sayangnya, tak banyak bocoran spesifikasi yang beredar. Namun, dari gambar yang dirilis Wuling, Alvez tambaknya hadir dengan warna bodi two tone, menggabungkan kuning limau dengan atap hitam. 

Bagian depan dibekali grill beraksen krom. Sementara pada sektor pacunya, mobil ini disebut bakal menggunakan mesin turbo 1.500 cc serta dua pilihan transmisi, yakni CVT dan manual enam percepatan. 

Baca Juga: Daftar Harga Subaru Forester Beserta Spesifikasinya

4. Subaru WRX

Subaru Indonesia mengunggah sebuah video teaser mobil terbarunya pada akun Instagram @subaru.indonesia. Unggahan tersebut bertuliskan “Coming Soon #WorldRallyXperimental”.

Dari deskripsi itu, bisa jadi mobil yang dihadirkan di IIMS 2023 berupa sedan sporty, Subaru WRX baru. Mobil ini terbilang istimewa karena dibekali sasis dari Subaru Global Platform dan mesin boxer berkapasitas 2.400cc.

5. Nissan Terra Facelift

Urutan kelima, ada Nissan yang bakal menghadirkan Nissan Terra Facelift. SUV pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini kabarnya akan mengandalkan mesin 2.500 cc bertenaga 188 dk dan torsi 450 Nm. 

Tak banyak bocoran spesifikasi beredar. Namun, mobil ini diklaim menghadirkan fitur yang mengutamakan kenyamanan pengendara maupun penumpang. 

6. DFSK Mini EV

Prediksi terakhir mobil bakal hadir di IIMS 2023 adalah DFSK Mini EV. Mobil listrik mungil ini akan memiliki dimensi panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm. 

Mengacu pada DFSK Mini EV di negara asalnya, China, mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 9.18 kWh dengan jarak tempuh 120 km. Sedangkan waktu pengisian dayanya berkisar 4-5 jam.

Adapun soal harga, mobil pesaing Wuling Air EV ini dibanderol murah, sekitar Rp200 jutaan. Berminat memilikinya? 

Jika ingin mengetahui mobil apa saja bakal melantai di IIMS 2023, berikut informasi harga tiketnya. 

Harga Tiket IIMS 2023

Harga tiket IIMS 2023 untuk weekdays, yakni Senin sampai Jumat dibanderol Rp50.000. Sementara pada weekend, Sabtu dan Minggu seharga Rp85.000. 

Jika OtoFriends ingin menyaksikan acara Infinite Live, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp200.000 untuk weekdays dan Rp250.000 untuk weekend. Untuk bisa hadir di pameran otomotif tahunan ini, masyarakat bisa membeli tiketnya melalui situs resmi indonesiamotorshow.com.

Biasanya, pameran otomotif memberikan banyak diskon bagi pengunjung yang ingin membeli mobil. Jika OtoFriends salah satu pengunjung yang membeli mobil di ajang IIMS 2023, jangan lupa untuk merawat kendaraan agar mesin tetap bekerja optimal. 

Rawat mobil kesayangan dibengkel terpercaya dengan teknisi profesional. Temukan berbagai bengkel dengan ragam jenis service hanya di aplikasi Otoklix.

Unduh aplikasi Otoklix secara gratis sekarang di Android Play Store atau iOS App Store. Nikmati fitur booking online lewat aplikasi agar waktu service lebih efektif. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan IIMS 2023

Harga tiket IIMS 2023 untuk weekdays, yakni Senin sampai Jumat dibanderol Rp50.000. Sementara pada weekend, Sabtu dan Minggu seharga Rp85.000.

 Untuk bisa hadir di pameran otomotif tahunan ini, masyarakat bisa membeli tiketnya melalui situs resmi indonesiamotorshow.com.

Melalui ajang IIMS 2023, ragam merek otomotif itu juga akan menghadirkan berbagai produk baru. Seperti Suzuki yang sudah mengonfirmasi akan menghadirkan Grand Vitara di Indonesia. 

Tak hanya itu, Wuling, Nissan, Chery hingga Subaru disinyalir akan merilis mobil baru. Bahkan, DFSK tampak yakin akan menghadirkan mobil listrik mungil, Mini EV yang menjadi pesaing Wuling Air EV.