Sebagai pecinta dunia otomotif tentu tidak asing lagi mendengar kata mobil BMW M4. Mobil yang didapuk sebagai mobil balap ini muncul dengan kelebihan, fitur, tampilan dan performa yang lebih baik dari sebelumnya. M4 Competition adalah latest version dari seri BMW M4 yang diluncurkan oleh BMW Group Indonesia. 

Walaupun harganya terbilang mahal dan membutuhkan perawatan, mobil balap ini tetap menjadi incaran bagi para pengendara yang hobi bermanuver pada kecepatan tinggi. Lalu bagaimana spesifikasi lengkap BMW M4? Apakah fitur-fitur yang diusung di dalamnya sesuai dengan harga fantastis yang ditawarkan?

    Untuk lebih lengkapnya, mari simak ulasan berikut ini.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota New Vellfire Variant 

    Spesifikasi BMW M4

    Dengan mengetahui spesifikasi suatu mobil, OtoFriends dapat memiliki gambaran mengenai apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Berikut ini adalah spesifikasi mobil M4 dari BMW

    1. Performa Mesin

    M4 merupakan jenis mobil coupe. M4 Competition sebagai versi terbaru dibekali dengan mesin Petrol 2979 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 431 hp dan torsi puncak 550 Nm. konfigurasi mesin BMW M TwinPower Turbo inline 6-cylinder petrol engine. Sistem transmisi yang digunakan 7-Speed Automatic dengan jenis penggerak roda belakang (RWD)

    Dengan performa yang tinggi, akselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya ditempuh dalam waktu 4,1 detik. M4 mampu mencapai kecepatan maksimum 250 kmph. Mesin pada mobil ini lebih rendah emisi. M4 ini berkapasitas 4-penumpang dengan 2 pintu. 

    1. Dimensi

    BMW M4 tersedia 1 varian yaitu M4 Coupé Competition. Dimensi M4 ini adalah P 4794 x T 1393 x L 1887 (mm). Seperti mobil coupe pada umumnya, BMW M4 menggunakan dua pintu dengan empat penumpang. 

    Baca juga: Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat: Rekomendasi dan Jenis Oli

    Desain BMW M4

    Setelah mengetahui spesifikasi di atas, mari kita berkenalan lebih jauh dengan desain yang diusung BMW M4 sehingga membuat tampilannya semakin sporty.

    1. Desain Interior

    Ketika membuka pintu kemudi nuansa driver oriented sangat kental pada mobil sport ini. Setir dilengkapi tombol multifungsi untuk mengatur fungsi mobil seperti audio, cruise control, pemanas setir, dan paddle shift di belakang.  

    Berbagai model dan fitur berkendara tersedia pada mobil ini seperti pengaturan respon mesin, gear shift assistant, M Traction Control, electronic damper, power steering, pengereman, sampai M xDrive System. M Mode Button digunakan untuk OtoFriends yang mengikuti pengaturan otomatis dari mobil. 

    Kesan mewah dihadirkan oleh guratan Alumunium Tetragon pada bagian dashboard yang berbahan material soft touch. Terdapat dua buah layar berukuran 12,3 inch dan 10,25 inch sebagai layar utama. 

    Sistem keamanannya dibekali Anti Theft Device & Anti-Theft Alarm.

    Fitur keselamatan M4 Coupé Competition dilengkapi dengan fitur diantaranya

    • Dynamic Stability Control (DSC) incl, 
    • Dynamic Traction Control (DTC) brake Stand-by, 
    • Brake Drying, Fading Compensation, Brake Assist, and Brake Force Display.
    • sistem airbag: Side Airbags dan front airbags untuk pengemudi dan penumpang, head airbags, curtain airbags untuk semua penumpang termasuk protective sail.
    1. Desain Eksterior

    Jenis lampu depan Adaptive headlights with BMW Laserlight and BMW Selective beam. Lampu kabut depan dan lampu belakang menggunakan LED.  Kaca spion tetap menggunakan sistem Electric Auto folding mirrors.

    Pada bagian kap, M4 Competition 2021 menampilkan lekukan yang mengikuti gril depan besar sehingga fascia depan tampak lebih gahar. Tampilan grill juga dibuat berbeda dengan seri 4 dimana pattern bar disusun secara horizontal terbagi menjadi dua. Bumpernya dengan spoiler lip sukses membuat tampilannya semakin gagah.

    Pada bagian belakang, adanya ducktail di atas bagasi mobil semakin meneguhkan tampilan mobil balap. 

    Ukuran ban depan dan belakang berbeda. Ban depan berukuran  275/35ZR19 dan material velg menggunakan 19/20 inch M forged wheels Double-spoke style 825 M Bi-colour Jet Black. Ban belakang berukuran  285/30ZR20 dengan velg 20 inch 

    Battle BMW M3 Vs BMW M4 Competition 

    Perbedaan pada kedua BMW ini telah nampak dari segi eksterior dimana M3 Competition merupakan mobil jenis sedan sedangkan M4 Competition merupakan mobil jenis coupe. M3 Competition dapat digunakan hingga lima penumpang sementara M4 Competition maksimal hanya empat penumpang. Kidney grille vertikal berukuran besar sama-sama dipasang pada kedua mobil ini.

    Perbedaan yang nyata nampak pada seri individual untuk keduanya. Pelek pada M3 menggunakan  warna Bicolour Orbit Grey matt double-spoke style 825 M sedangkan M4 berwarna hitam double-spoke style 826 M. Keduanya sama-sama terbuat dari light-alloy.

    Dilihat dari segi fungsi, BMW M3 membidik konsumen yang mencari kemudahan berkendara sehari-hari dengan performa mesin yang tetap tinggi sedangkan BMW M4 lebih ditujukan pada konsumen yang ingin mengendarai mobil sporty. Nah oleh karena itu jok pada M4 dibuat lebih menyerupai jok mobil balap.

    Kedua mobil sport ini sama-sama pakai konfigurasi enam silinder segaris dengan dua turbocharger. Dari segi harga, M4 Competition sedikit lebih mahal dibanding M3 Competition. 

    Baca juga: Spesifikasi BMW 218i Lengkap dengan Harganya

    Berapa Kisaran Harga BMW M4 Terbaru?

    OtoFriends mungkin sudah menanti-nanti pembahasan mengenai harga mobil BMW M4. Mobil M4 versi Competition ini dibanderol dengan harga 2,12 hingga Rp 2,66 Miliar untuk varian individualnya. Meskipun sangat mahal tentu akan terbayar dengan fitur-fitur canggih dan kemampuan pacunya yang di atas rata-rata.  

    Setelah menjelajahi spesifikasi lengkap dari BMW M4 ini, jangan lupa untuk kembali pada mobil yang ada di garasi rumah. Perhatikan perawatannya untuk menjaga performa agar selalu optimal khususnya saat musim hujan melanda. Apabila OtoFriends kesulitan menemukan bengkel terdekat dan terpercaya, silahkan lakukan pencarian hanya di Otoklix.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar BMW M4

    BMW M4 berkapasitas mesin 2979 cc

    Jenis transmisi yang digunakan pada BMW M4 otomatis

    BMW M4 menggunakan bahan bakar bensin