VW Tiguan jadi pilihan tepat bagi OtoFriends si pecinta mobil SUV premium. Meski di Indonesia Volkswagen sudah tidak lagi beroperasi, namun mobil VW Tiguan masih tetap eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Lantas, apa saja keunggulan yang ditawarkan? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkap terkait spesifikasi SUV keren mobil VW Tiguan.

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

Versi Mobil VW Tiguan

Terdapat 3 varian mobil VW Tiguan yang harus OtoFriends ketahui, Tiguan Allspace, Tiguan Allspace The Sport Edition, dan Tiguan Allspace Facelift. Terdapat selisih harga yang cukup signifikan antara ketiga varian mobil VW Tiguan ini. Beberapa ubahan di bagian eksterior dan interior terlihat cukup jelas, terlebih untuk mobil VW Tiguan varian sport. Ubahan tersebut dilakukan di bagian bumper dan foglamp. Mobil VW Tiguan Sport kini masuk dalam kategori mobil yang dijual dengan terbatas. Menariknya, mobil VW Tiguan varian sport mampu mengangkut hingga 7 orang penumpang. 

Desain Eksterior Mobil VW Tiguan

Mobil VW Tiguan memberikan tampilan eksterior yang keren dan modern setelah mengalami pembaharuan. Mobil ini didesain dengan tampilan sudut bumper berbentuk huruf C. Jika dilihat dari samping terdapat fender yang didesain panjang dan ramping. OtoFriends dapat melihat IO.light di bagian lampu belakang dengan hiasan garis berbentuk L terbalik. 

Terdapat 5 pilihan warna untuk Mobil VW Tiguan ini, Deep Black, Indium Grey, Reflex Silver, Candy White, dan Silk Blue. Adapun mobil VW Tiguan ini cocok digunakan untuk berkendara bersama dengan teman-teman atau keluarga. Memiliki ukuran dimensi panjang 4.701 mm, lebar 2.099 mm, dan tinggi 1674 mm, OtoFriends dapat melipat kursi bagian belakang dan memasukkan barang-barang lebih banyak ke bagasi. 

Desain Interior Mobil VW Tiguan

Dari segi Interior, mobil VW Tiguan sudah dilengkapi dengan lingkar kemudi tiga palang lengkap dengan berbagai tombol multifungsi. OtoFriends dapat melihat panel instrumen full digital berukuran 8 inci serta layar 10 inci sebagai opsi. 

Sistem hiburan yang canggih tersedia, namun masih sama dengan versi mobil VW Tiguan generasi sebelumnya, hanya saja ada tambahan Modular Infotainment Matrix generasi ketiga. Sudah tersedia juga fitur charging smartphone nirkabel, Android Auto, pencahayaan kabin dengan 15 pilihan warna, Apple CarPlay, serta sound system yang dilengkapi dengan 9 speaker.  Bisa dipastikan, OtoFriends akan berkendara nyaman dengan mobil VW Tiguan terbaru ini.

Fitur Mobil VW Tiguan

Memiliki desain interior yang modern, mobil VW Tiguan juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih. Terdapat fitur least autonomous emergency braking, rear cross traffic alert, dan blind spot monitoring. Ada juga beberapa pilihan fitur lain seperti parking assist, traffic sign recognition, dan automatic high beam. OtoFriends juga akan dimanjakan dengan ventilasi dan pemanas yang terletak di kabin jok depan. OtoFriends dapat melakukan pengaturan pada lingkar kemudi melalui fitur kontrol iklim climatronic touch.

Mesin dan Performa Mobil VW Viguan

Mobil VW Viguan dibekali dengan standar mesin empat silinder 2.0 liter turbocharged yang menghasilkan 184 tenaga dan 221 pound feet of torque. Terkait transmisi ada pilihan manual 6 percepatan atau DSG dual clutch tujuh percepatan. Dibandingkan dengan mobil-mobil kompetitor sekelasnya, mobil VW Tiguan ini menawarkan penggunaan BBM yang ekonomis. Namun, VW Tiguan perlu cangkupan torsi yang cukup besar sehingga performer dapat lebih kuat.

Harga Mobil VW Tiguan

Terkait harga, mobil VW Tiguan ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Berbeda varian berbeda pula harganya. Adapun mobil VW Tiguan sport dipasarkan dengan harga mulai dari Rp650 jutaan. Harga ini berbeda lebih mahal berkisar Rp37 jutaan dengan varian mobil VW Tiguan Varian standar standar. OtoFriends dapat melakukan pengecekkan mobil-mobil lainnya yang setara dengan mobil VW Tiguan seperti MG ZS Ev, Toyota Fortuner, Renault Koleos, Nissan X Trail dan Mazda CX-30 terlebih dahulu sebelum mantap melakukan pembelian mobil VW Tiguan.

Tips Perawatan Mobil VW Tiguan

Tampil dengan beberapa kelebihan dari mobil-mobil pesaingnya, ada beberapa kelemahan mobil VW Tiguan yang harus OtoFriends ketahui agar dapat melakukan perawatan maksimal untuk mobil VW Tiguan kesayangan OtoFriends. Mobil keluaran Jerman ini kini sudah tidak diproduksi lagi sehingga brand yang menaungi yaitu PT Garuda Mataram Motor melakukan perakitan mobil VW Tiguan secara lokal. 

Baca juga: 9 Merek mobil Jerman Paling populer di Dunia, Mana Favorit Kamu?

Artinya tidak ada bengkel atau dealer resmi untuk melakukan perawatan mobil VW Tiguan ini. Sebagai gantinya OtoFriends dapat menggunakan aplikasi Otoklix untuk melakukan booking servis mobil VW Tiguan. Otoklix bekerja sama dengan bengkel-bengkel umum tepercaya untuk melakukan perawatan profesional. 

Baca juga: Cara Daftar Otoklix dan Keuntungan Servis di Otoklix

Bengkel tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek. Jangan lupa untuk melakukan rutin servis setidaknya setiap 6 bulan sekali. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait perawatan profesional mobil VW Tiguan.

Pertanyaan Seputar Mobil VW Tiguan

Pajak tahunan mobil VW Tiguan berkisar hingga Rp78,253 juta.

Mobil VW memiliki beberapa tipe, ada yang tipe mini atau biasa disebut dengan Volkswagen Polo, lalu ada Volkswagen Golf, Scirocco, Tiguan, dan Caravelle.

VW atau biasa disingkat Volkswagen adalah perusahaan mobil asal Jerman yang berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony Jerman.