Kendaraan elektrik mulai menjamur di Indonesia, baik mobil maupun motor listrik terbaik mulai mengaspal di Indonesia. Jaringan pemasarannya cukup luas tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Beragam perusahaan otomotif terkenal seperti Honda sudah mulai memperkenalkan dan memproduksi motor listriknya. Tak ketinggalan merek-merek asal Indonesia seperti Selis dan Gesits pun ikut mengambil kesempatan besar memproduksi motor listrik.

    Sebelum membeli motor listrik, berikut ini rekomendasi motor listrik terbaik lengkap dengan spesifikasi dan harga motor listrik Indonesia.

    Baca juga: Servis Motor Listrik Segway Kini Bisa di Otoklix

    1. Motor Listrik Yaeda

    Rekomendasi motor listrik terbaru yang pertama diproduksi oleh Yaeda di bawah PT Indomobil sebagai pemegang APM Yaeda Indonesia. Terdapat dua varian motor listrik yakni motor listrik Yaeda G6 dan E8S Pro. Apa perbedaan keduanya?

    Mulai dari harga, motor listrik Yaeda E8S Pro dijual dengan harga Rp23,9 jutaan sedangkan Yaeda G6 seharga Rp29,3 jutaan. Keduanya memiliki kapasitas baterai yang sama yakni 2000 watt tipe Graphene 72V 38Ah.

    Adapun perbedaannya terletak pada kecepatan maksimal dan jarak tempuh. Yaeda E8S Pro mampu menempuh jarak hingga 150 km dan kecepatan maksimal 60 km/jam. Sedangkan Yaeda G6 hanya mampu menempuh jarak maksimal sejauh 100 km dan kecepatan maksimal 70 km/jam.

    2. Motor Listrik NIU

    Produsen motor listrik asal Cina yakni NIU ikut meramaikan pasar otomotif di Indonesia dengan menawarkan motor listrik yang berdesain simple namun tetap terlihat sporty dan modern. Harga jualnya berkisar antara Rp16,3 jutaan sampai Rp25,8 jutaan.

    Salah satunya adalah motor listrik Niu Gova 3. Niu mengklaim bahwa motor ini mampu menempuh jarak maksimal sejauh 70 km dan memiliki kecepatan maksimal hingga 60 km/jam. Baterainya menggunakan baterai lithium 60V 40Ah berkapasitas 2000 watt. Untuk satu kali pengisian baterai dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 6,5 jam.

    3. Motor Listrik Rakata

    Motor listrik berdesain sport lainnya diperkenalkan oleh PT Artas Rakata Indonesia yakni Rakata NX8. Saat melihat motor ini, sekilas kita tidak akan menyangka bahwa ini motor listrik. Sebab desainnya menyerupai motor sport konvensional pada umumnya.

    Kemudian bila menelaah tentang spesifikasi dan kemampuan motor listrik ini. Rakata mengklaim bahwa NX8 mampu menempuh jarak sejauh 100 km dan kecepatan maksimal 80 sampai 85 km/jam.

    Baterainya sendiri menggunakan lithium-ion 72V 50Ah berkapasitas 2000 watt. Dengan desain dan spesifikasi tersebut, berapa harga jualnya? Harga motor listrik ini cukup fantastis yakni berkisar antara Rp54,7 jutaan sampai Rp87 jutaan.

    4. Motor Listrik Uwinfly

    OtoFriends sedang mencari kendaraan bermotor ramah lingkungan yang akan digunakan sehari-hari untuk jarak dekat? Motor listrik Uwinfly jawabannya. Motor ini memiliki desain sederhana layaknya motor vespa pada umumnya namun dengan beberapa sentuhan modern sehingga cocok dijadikan kendaraan jarak dekat di sekitar rumah kita.

    Kendati demikian, bukan berarti kita tidak bisa menggunakannya untuk jarak jauh. Kita tetap bisa berkendara menggunakan Uwinfly T3 jarak jauh karena maksimal jarak tempuhnya hingga 50 sampai 70 km, sedangkan kecepatan maksimalnya 55 sampai 50 km/jam.

    Uwinfly membekali Uwinfly T3 dengan baterai 60V 20Ah berkapasitas 800 watt. Untuk mengisi dayanya hingga penuh kita hanya membutuhkan waktu 5 sampai 6 jam. Sementara itu, harga motor listrik Uwinfly T3 terbilang cukup murah yakni Rp7,9 jutaan sampai Rp13,4 jutaan.

    5. Motor Listrik Minerva Electron

    Rekomendasi motor listrik terbaik selanjutnya adalah Minerva Electron M1 yang dijual mulai dari Rp13,8 jutaan sampai Rp24,6 jutaan. Motor ini menggunakan baterai 64V 22,5Ah berkapasitas 1500 watt yang mampu mencapai torsi maksimal sebesar 112 Nm dan kecepatan maksimal 60 km/jam.

    6. Motor Listrik Viar

    Kebanyakan dari kita pasti sudah sering melihat motor listrik Viar New Q1. PT Triangle Motorindo selaku APM Viar Indonesia memproduksi motor ini dan digunakan oleh salah satu perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia setahun belakangan ini.

    Kini, OtoFriends dapat membelinya di mana saja termasuk di marketplace dengan harga mulai dari Rp21,5 jutaan sampai Rp22 jutaan. Viar Q1 mampu menempuh jarak maksimal sejauh 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam.

    Menariknya, kita bisa menempuh jarak lebih dari 100 km bila menggunakan dua baterai yang berisi penuh secara bersamaan. Lamanya durasi pengisian baterai dari kosong hingga penuh berkisar antara 4 sampai 5 jam.

    7. Motor Listrik Katalis Spacebar Evo Electric Scooter

    Menjamurnya kendaraan elektrik di Indonesia saat ini membangkitkan para produsen kendaraan, khususnya yang berada di dalam negeri. Sebut saja salahnya Katalis yang memperkenalkan motor listrik pertama kali di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2021 lalu.

    Katalis menamai motor listrik tersebut Spacebar Evo Electric Scooter. Katalis mengklaim motor ini memiliki kecepatan maksimal 50 km/jam dan maksimal daya angkut sebesar 120 kg. Harga Katalis Spacebar Evo Electric Scooter berkisar antara Rp57,8 jutaan sampai Rp68 jutaan.

    8. Motor Listrik Gesits

    Kita sudah cukup populer dengan motor listrik Gesits karena prototipe motor listrik ini sudah ada sejak tahun 2016. 

    Kini, Gesits melengkapi varian motor listriknya dengan 3 mode yakni mode ECO dengan kecepatan 45 km/jam, mode Urban berkecepatan 60 km/jam, dan mode Sport berkecepatan 70 km/jam. Saat ini motor listrik Gesits dijual dengan harga Rp27,9 jutaan sampai Rp31 jutaan. 

    9. Motor Listrik Segway

    Segway mendesain motor N90C layaknya motor-motor konvensional pada umumnya.

    Adapun baterai yang digunakan adalah baterai lead acid dengan kapasitas 72V 32Ah yang mendukung kecepatan motor listrik ini hingga berkecepatan maksimal 52 km/jam dan kemampuan menempuh jarak maksimal 74 km. Harga motor listrik Segway N90C sebesar Rp27 juta.

    10. Motor Listrik Honda

    Honda ikut memproduksi motor listrik terbaik untuk meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Motor listrik Honda di Indonesia antara lain Honda V-Go dan Honda U-Bee.

    Untuk Honda V-Go, Honda membekali motor listrik ini dengan baterai lithium premium yang digunakan juga oleh Tesla S, berkapasitas 2000 watt. Kecepatan maksimalnya hingga 55 km/jam. Harga motor listrik Honda V-Go dibanderol mulai dari Rp16 jutaan.

    Itulah daftar motor listrik terbaik di Indonesia yang bisa melengkapi pengetahuan kita untuk mempertimbangkan motor listrik mana yang akan kita beli nanti.

    Perihal servisnya, OtoFriends bisa mempercayakan Otoklix. Kita dapat menemukan bengkel mobil khusus untuk kendaraan elektrik.

    Pertanyaan Seputar Motor Listrik Terbaik

    10 rekomendasi motor listrik terbaik antara lain Yaeda, NIU, Rakata,Uwinfly, Viar, Minerva Electron, Gesits, Segway, Katalis Spacebar Evo Electric Scooter, dan motor listrik Honda.

    Harga motor listrik Indonesia bervariasi mulai dari Rp7 jutaan sampai Rp80 jutaan. Motor listrik Uwinfly T3 mulai dari Rp7,9 jutaan, Niu Gova 3 mulai dari Rp16 jutaan, Viar New Q1 mulai dari Rp21 jutaan dan Motor Listrik Rakata mulai dari Rp54,7 jutaan.

    Daftar motor listrik asli asal Indonesia antara lain Rakata NX8 dan motor listrik Gesits.