Kamu baru saja membeli Honda HR-V? Setelah membeli mobil, kita juga perlu tahu berapa biaya perawatannya, terutama biaya ganti oli mesin Honda HR-V karena ganti oli adalah perawatan yang paling sering dilakukan.

Artikel ini juga mungkin bermanfaat bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk membeli Honda HR-V. Ini dia informasi tentang ganti oli mesin Honda HR-V.

Berapa Liter Ganti Oli Mesin Honda HR-V?

Oli sangat penting bagi mesin mobil. Selain sebagai pelumas, oli mobil juga berfungsi sebagai pendingin. Tanpa pelumas yang bagus, mesin mobil bisa overheat bahkan rusak. Maka dari itu kamu harus rajin ganti oli mesin Honda HR-V milikmu agar komponen mesin tidak mudah rusak.

Ketika mendekati waktu ganti oli mesin Honda HR-V, kamu perlu mempersiapkan anggarannya. Salah satunya adalah menyiapkan anggaran dana membeli oli mesin. Kapasitas oli pada Honda HR-V adalah 3,4 liter jika tanpa penggantian filter oli. Menjadi 3,8 liter kalau mengganti filter oli juga. Maka dari itu, kamu bisa membeli oli dengan kemasan 4 liter.

Harga oli mesin untuk honda HR-V berkisar Rp400 ribuan, tergantung merek oli yang digunakan.

Tips Memilih Oli Mesin Honda HR-V

Untuk menjaga performa mobil, kamu perlu menggunakan oli mesin yang spesifikasinya sesuai dengan kendaraan dan juga memilih oli dengan kekentalan yang tepat serta teknologi yang digunakan pada oli. Honda menyarankan untuk ganti oli mesin Honda HR-V yang memiliki SAE 0W-20. 

Oli 0W-20 adalah rekomendasi tingkat kekentalan terbaik untuk Honda HR-V. Tetapi ada alternatif lain karena biasanya oli 0W-20 memiliki harga yang cukup mahal. Kamu bisa menggunakan oli SAE 5W-30 atau 10W-30 seperti merek Fuchs Titan.

Mengapa Honda HR-V membutuhkan oli yang encer? Hal ini disebabkan karena mobil HR-V termasuk mobil keluaran terbaru sehingga memiliki celah antar komponen yang sangat rapat, bahkan nyaris tanpa jarak.

Menggunakan oli yang sangat encer akan mengurangi getaran dan suara bising pada mesin mobil. Selain itu, direkomendasikan menggunakan oli berbahan dasar 100% sintetik.

Baca Juga: Honda HRV 2022: Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Fungsi Oli untuk Honda HR-V

Oli mesin pada mobil sangat berpengaruh terhadap performa mobil. Sudah disinggung di atas bahwa oli menjaga mesin agar tetap dingin dan komponen dalam mesin tidak mudah rusak. Oleh karena itu butuh oli mesin yang bagus. Ini dia penjelasan lebih rinci tentang fungsi oli pada Honda HR-V.

1. Melindungi mesin dari kerak dan endapan

Oli mesin yang bagus untuk HR-V akan meminimalisasi pembentukan kerak dan lumpur di ruang mesin ketika temperatur dalam ruang bakar sedang tinggi. Biasanya oli dengan standar ILSAC  GF-5 sudah memenuhi fungsi tersebut.

2. Menghemat bahan bakar

Oli yang sangat encer bagi Honda HR-V akan mempermudah kerja mesin. Pelumas akan mengalir ke celah mesin yang sempit dan komponen tidak perlu bekerja terlalu keras sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

3. Didesain untuk kendaraan-kendaraan terbaru dan LCGC

Mobil-mobil keluaran terbaru memang masih memiliki celah yang sempit antar komponen. Tidak seperti mobil lawas yang celah antar komponennya sudah agak renggang sehingga butuh oli yang lebih kental. Selain itu oli-oli encer juga biasanya sudah dilengkapi berbagai zat aditif yang mendukung kerja mesin mobil baru.

Baca Juga: Daftar Mobil LCGC Beserta Spesifikasinya, Mulai Rp100 Jutaan

4. Perlindungan maksimum dari oksidasi dan korosi

Oksidasi dan korosi pada ruang mesin membuat kinerja mobil menurun. Maka dari itu membutuhkan oli yang mampu melindungi komponen mesin dari korosi dan oksidasi secara maksimal.

5. Cocok untuk mobil ‘Stop and Go’

Lalu lintas yang padat dan kemacetan akan membuat oli bekerja keras. Maka dari itu, bagi kamu yang sering melalui kemacetan, pilih oli berkualitas yang cocok bagi mobil yang sering terjebak macet.

6. 100% sintetik, lebih tahan lama

Yang terakhir, kamu bisa ganti oli mesin Honda HR-V menggunakan oli berbahan 100% sintetik. Oli ini bersifat lebih stabil, tahan terhadap temperatur tinggi, dan tidak mudah menguap. Sehingga konsumsi oli akan lebih tahan lama. 

Sebagai tambahan informasi, oli mineral harus diganti setiap 5.000 km sekali, sedangkan oli sintetik hanya perlu diganti setiap 10.000 km. Jadi secara perhitungan pengeluaran untuk membeli oli kurang lebih sama, mengingat interval waktu penggantian oli.

Baca Juga: Intip Biaya Service Mobil Berdasarkan Jenis Perawatannya

Biaya Ganti Oli Mesin Honda HR-V

Biaya ganti oli mesin Honda HR-V bisa bervariasi karena pemilihan oli yang beragam. Ada yang seharga Rp75 ribu per liter, ada pula sampai Rp200 ribuan per liter. Tetapi jika ingin mengambil paket standar untuk oli 0W-20, biayanya kemungkinan hanya habis sekitar Rp300-400 ribuan.

Kamu juga bisa memanfaatkan promo paket ganti oli mesin Honda HR-V di Shop&Drive yang telah bermitra dengan Otoklix. Dapatkan juga diskon 50% dan cashback Rp50 ribu untuk ganti oli dengan Shell Astra berbagai tipe. Gratis biaya jasa pemasangan juga lho.

Pertanyaan Seputar Ganti Oli Mesin Honda HR-V

Kapasitas oli pada Honda HR-V adalah 3,4 liter jika tanpa penggantian filter oli. Menjadi 3,8 liter kalau mengganti filter oli juga. Maka dari itu, kamu bisa membeli oli dengan kemasan 4 liter. Harga oli mesin untuk honda HR-V berkisar Rp400 ribuan, tergantung merek oli yang digunakan.

Untuk urusan pilihan oli yang bagus, mesin Honda HR-V membutuhkan oli yang sangat encer, yakni pada tingkat kekentalan SAE 0W-20. Sebenarnya, pemilik mobil honda HR-V bisa memilih oli dengan kode SAE 0W-20, 5W-30 atau 10W- 30. Namun oli dengan kode SAE 0W-20 adalah rekomendasi tingkat kekentalan terbaik.

Untuk jadwal penggantian, seperti oli transmisi matik CVT Honda Mobilio atau HR-V menurut buku petunjuk perawatan berkala pabrikan jadwal penggantian setiap 40.000 kilometer.