Over kredit mobil adalah salah satu cara yang bisa OtoFriends tempuh apabila ingin memiliki mobil dengan harga relatif murah. Over kredit mobil memberikan kesempatan kepada OtoFriends untuk melakukan transaksi jual beli mobil dengan status cicilan, sehingga OtoFriends hanya perlu melanjutkan proses cicilan atau kredit mobil tersebut hingga lunas.

Over kredit mobil umumnya bisa terjadi apabila ada pembeli mobil yang melakukan transaksi jual beli mobil dengan proses kredit, namun di kemudian hari tidak sanggup untuk melanjutkan cicilan mobil. Hingga akhirnya, mobil tersebut dialihkan status kepemilikannya kepada pembeli selanjutnya alias pihak kedua.

Memberikan keuntungan kepada OtoFriends yang ingin memiliki mobil dalam waktu singkat dengan harga murah, over kredit mobil memiliki mekanisme dan persyaratannya tersendiri. Berikut ulasannya:

Keuntungan Over Kredit Mobil

Over kredit mobil memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, yaitu pihak pertama yang tidak sanggup secara finansial melanjutkan kredit mobil dan pihak kedua yang ingin melakukan pembelian mobil secara over kredit mobil. 

Pihak pertama akan diuntungkan oleh uang dari pihak kedua yang ingin melakukan over kredit mobil. Uang tersebut sebagai ganti dari uang yang sudah dikeluarkan oleh pihak pertama untuk membayar kredit mobil di masa sebelumnya. Sedangkan keuntungan untuk pihak kedua adalah mendapatkan harga kredit mobil baru yang tidak semahal harga kredit mobil awal. Hitungannya adalah sisa bulan kredit mobil. Jika mobil tersebut tersisa 6 bulan masa kredit, maka pihak kedua hanya perlu membayar atau melunasi cicilan sejumlah 6 bulan tersebut. 

Baca juga: Cara Hitung Kredit mobil Sesuai Kebutuhan dan Simulasinya

Kerugian Over Kredit Mobil

Meski memberikan keuntungan dari segi harga, over kredit mobil juga memberikan kerugian apabila OtoFriends tidak berhati-hati dalam melakukan over kredit mobil. Sebisa mungkin OtoFriends harus mengetahui dengan jelas proses kredit mobil sebelumnya, apakah proses kredit mobil berjalan dengan baik atau tidak, ada keterlambatan atau tidak, atau muncul denda akibat tunggakan kredit mobil dari pihak pertama. Jangan sampai OtoFriends yang meninggalkan mobil dengan harga murah malah justru harus buntung karena dipaksa membayar kreditan mobil hasil over kredit mobil yang bermasalah. 

Sebaliknya, jika pada proses over kredit mobil OtoFriends sebagai pihak pertama, OtoFriends juga harus memperhatikan kepada siapa OtoFriends melakukan over kredit mobil. Jangan sampai pihak kedua ternyata telah masuk ke dalam blacklist bank atau leasing mobil. 

Jika OtoFriends sebagai pihak pertama salah dalam memilih pihak kedua untuk melakukan proses over kredit mobil, OtoFriends dapat ikut tertarik ke dalam kasus pidana kredit macet. Jadi waspadalah dan berhati-hati sebelum melakukan proses over kredit mobil, agar over kredit mobil dapat berjalan dengan lancar, memberikan keuntungan dan bukan kerugian.

Baca juga: Daftar harga Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta Terlengkap

Hal Penting dan Mekanisme dalam Over Kredit Mobil

Agar tidak salah langkah dalam melakukan proses over kredit mobil, berikut beberapa hal penting yang harus OtoFriends lakukan, antara lain:

  1. Memeriksa Kelengkapan Dokumen Mobil

Membeli mobil tanpa surat-surat sama halnya dengan menghancurkan kondisi finansial OtoFriends secara perlahan. Terlebih jika OtoFriends melakukan proses over kredit mobil. Kelengkapan dokumen administratif, surat-surat mobil, hingga riwayat kredit penjual harus OtoFriends miliki untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan terjadi. Jadi, bacalah dan perhatikan secara menyeluruh sehingga tidak ada dokumen penting yang terlewatkan sedikitpun.

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Sama halnya dengan membeli mobil bekas, melakukan over kredit mobil berarti OtoFriends akan mendapatkan mobil yang sudah pernah digunakan sebelumnya. 

Baca juga: Cara Jitu Cek Mesin Mobil Bekas Bagi Pemula

Perhatikan kondisi mobil dengan baik, cek setiap komponennya secara keseluruhan. Jangan sampai kualitas mobil yang OtoFriends terima tidak sesuai dengan jumlah biaya yang harus OtoFriends keluarkan. Jika ragu, OtoFriends tidak perlu terburu buru dalam melakukan transaksi over kredit mobil. Pikirkan terlebih dahulu agar tidak salah langkah dalam membeli mobil dengan cara over kredit mobil.

  1. Paham Mekanisme Over Kredit Mobil

Selanjutnya, penting bagi OtoFriends untuk memahami mekanisme dan aturan over kredit mobil. Ingatlah, salah dalam memahami ketentuan over kredit mobil bisa berakibat fatal, karena aturan over kredit mobil memiliki perhitungannya sendiri dan sudah diatur oleh Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999. 

Ada baiknya OtoFriends melibatkan pihak kreditur seperti bank atau leasing secara langsung, agar pembiayaan sebelumnya dapat diketahui secara transparan dan pihak kreditur dapat menilai secara langsung kelayakan dari pihak kedua dan pertama dalam melakukan over kredit mobil. Hindari melakukan transaksi over kredit mobil tanpa sepengetahuan kreditur karena belum tentu terjamin keamanannya.

Tips Aman Over Kredit Mobil

Selain 3 hal penting di atas, OtoFriends perlu mengetahui tips aman over kredit mobil yang satu ini yaitu, bisa melakukan perhitungan over kredit mobil secara mandiri. Dari banyak kasus, baik OtoFriends sebagai penjual atau OtoFriends sebagai pembeli, pastikan bahwa OtoFriends bisa melakukan perhitungan over kredit mobil secara mandiri sehingga dapat meninjau kelayakan dari harga yang sudah dipatok. Sehingga OtoFriends tidak merasa dirugikan dikemudian hari jika ada ketidaksesuaian dalam transaksi over kredit mobil. 

Itulah ulasan singkat mengenai syarat, mekanisme dan untung rugi dalam transaksi over kredit mobil. Jika Over kredit mobil OtoFriends berjalan lancar, jangan lupa melakukan perawatan mobil di bengkel rekanan Otoklix. Booking servis mobil lebih mudah di aplikasi Otoklix

Pertanyaan Seputar Over Kredit Mobil

Over kredit mobil merupakan transaksi jual beli mobil dengan melanjutkan proses kredit dari pihak pertama yang tidak sanggup secara finansial untuk menyelesaikan cicilan mobil.

Tentu bisa. Namun ada beberapa cara dan mekanisme over kredit mobil yang harus dipahami sehingga proses over kredit mobil dapat berjalan aman dan lancar.

Proses over kredit mobil yang aman dapat dilakukan dengan sepengetahuan kreditur seperti pihak bank atau leasing, sehingga harga dan riwayat kredit dapat diketahui secara transparan.