Tidak seperti aksesoris pada umumnya, harga cover mobil terbilang cukup murah bila dibandingkan fungsinya yang begitu krusial untuk memproteksi mobil kesayangan dari gangguan eksternal yang dapat merusak body mobil khususnya permukaan cat mobil.

Pasalnya cat mobil dapat perlahan kusam bila selalu terpapar sinar matahari dan air hujan secara langsung. Resiko lain yang dapat merusak body mobil adalah goresan benda tajam atau benda di sekitar mobil yang dapat merusak body mobil.

Untuk itu, daripada OtoFriends mengeluarkan biaya cukup besar untuk memperbaiki body mobil di bengkel body repair, lebih baik asuransikan tampilan eksterior mobil melalui sistem proteksi dari cover mobil. Yuk, cari tahu harga cover mobil terbaru saat ini.

Baca juga: Tips Pilih Penutup Mobil Anti Air dan Kokoh

Harga Cover Mobil Terbaik

Cover mobil alias car cover merupakan sarung khusus untuk melindungi mobil dari perubahan suhu dan cuaca serta dari ancaman kerusakan eksternal lain seperti misalnya goresan dari ranting pohon. 

OtoFriends dapat menemukan produk car cover dengan mudah di toko cover mobil terdekat atau membelinya secara online di e-commerce favorit OtoFriends.

Mengutip dari berbagai sumber dan e-commerce, berikut ini harga cover mobil terbaru saat ini.

Cover MobilHarga Cover MobilKeunggulan
Foi-Z Premium Cover Mobil Indoor & OutdoorMulai dari Rp115 ribuBisa digunakan di area parkir indoor dan outdoor
Fusion R Cover MobilMulai dari Rp189 ribuTerdapat lock system full karet untuk melekatkan erat cover dengan mobil
Urban Car CoverMulai dari Rp315 ribuTerbuat dari material yang waterproof 100% dan anti UV
OtoCover SUPERFINE Cover MobilMulai dari Rp340 ribuTerbuat dari material anti luntur, anti UV, dan waterproof 75%
Dayata Cover Mobil OutdoorMulai dari Rp355 ribuUkuran dapat disesuaikan dengan ukuran mobil
Impreza Cover Mobil Motif ArmMulai dari Rp370 ribuCover mobil ini menggunakan jahitan double stitching untuk mempererat cover dengan mobil
Mobeo Cover Body MobilMulai dari Rp500 ribuTerbuat dari material waterproof 90% dan gampang dicuci
Universal Car CoversMulai dari Rp650 ribuanTerdapat pilihan ukuran S, M, L, XL, sampai XXL
Cover Super Cover Mobil SuperiorMulai dari Rp759 ribuTerdapat garansi apabila salah mengirimkan warna, ukuran dan garansi servis. Tahan lama hingga pemakaian 2 tahun
Durable Rubik Car CoverMulai dari Rp827 ribuTerdapat 3 lapisan proteksi dengan fungsi yang berbeda-beda
SMC ExtremeMulai dari Rp1,1 juta – Rp1,8 jutaan
Krisbow Car Cover Prestige Size BMulai dari Rp1,7 jutaan
Krisbow Prestige Sarung Mobil Suv Tipe CMulai dari Rp1,9 jutaTerbuat dari material anti UV, tidak mudah robek, dan terdapat storage bag
Krisbow Type SUV CMulai dari Rp2,2 jutaan

Baca juga: Tips Menghilangkan Kerak Pada Cat Mobil Paling Ampuh dan Praktis

Tips Memilih Cover Mobil Terbaik

Bagaimana cara agar kita dapat membeli cover mobil terbaik sesuai kebutuhan dengan harga yang murah? Berikut ini tips memilih cover mobil terbaik.

Ukuran Cover Sesuai dengan Ukuran Mobil

Pastikan cover mobil yang kita beli memiliki ukuran yang sama atau tidak jauh berbeda dengan mobil. Beberapa merek cover menyediakan variasi ukuran S, M, L sampai XXL yang bisa OtoFriends sesuaikan dengan ukuran mobil.

Mengapa penting membeli cover mobil sesuai dengan ukuran mobil? Sebab saat cover terlalu besar biasanya cover bisa terbang saat tertiup angin. Atau, potensi baret dan goresan karena terciptanya celah antara cover dan mobil sehingga debu atau kotoran dapat masuk ke dalam cover.

Sebaliknya, bila cover terlalu kecil maka cover tersebut tidak dapat memproteksi body mobil secara menyeluruh. Beberapa bagian mobil tetap berpotensi rusak akibat paparan sinar matahari, air hujan, atau timbulnya baret dan goresan karena terkena debu dan kotoran.

Half Cover atau Full Cover? Pilih Sesuai Pemakaian

Cover mobil tipe half cover hanya memberikan perlindungan terhadap beberapa bagian mobil sesuai kebutuhan. Half cover lebih praktis dibawa kemana saja dan pemasangannya pun mudah. 

Hanya saja, kita bisa menggunakan half cover apabila mobil berada di area parkir semi outdoor atau full indoor. Kalau di area parkir outdoor, tipe cover ini tidak dapat memberikan proteksi secara menyeluruh.

Sedangkan tipe full cover dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh pada mobil yang sedang di parkir di area outdoor. Bahkan, saat menggunakan cover full cover orang lain akan sulit mengenali mobil kita. Kekurangannya adalah tipe ini membutuhkan beberapa waktu untuk pemasangan dan penyimpanan.

Dari kedua tipe tersebut, kita bisa memilih cover mobil sesuai pemakaian kita. Apakah outdoor atau indoor.

Kenali Bahan Cover Mobil

Tips yang ketiga adalah dengan mengenali bahan pembuat cover seperti apa yang bagus. Idealnya material pembuat sarung mobil sebaiknya yang memiliki lapisan lembut di bagian dalamnya, tidak mudah robek, dan tahan terhadap sinar matahari serta air.

Secara umum ada 5 bahan yang biasa digunakan sebagai pelapis cover mobil, antara lain sebagai berikut:

  • Plastik, cover berbahan plastik tidak bisa digunakan untuk melindungi mobil di area parkir outdoor. Selain itu, penggunaan cover plastik juga tidak awet dan hanya bisa melindungi mobil jangka pendek saja.
  • Satin imitasi, cocok digunakan di area parkir indoor. Bersifat tahan lama, ringan, dan dapat memproteksi lapisan clear coat.
  • Polipropilena, bahan cover ini dapat memberikan proteksi maksimal untuk area parkir indoor ataupun outdoor. Memiliki sifat breathable yang dapat menjaga kelembaban dan mencegah jamur.
  • Woven polyester, cocok digunakan di area outdoor. Salah satu bahan pelapisnya poliuretan yang dapat mengalirkan air dan anti bocor. Lapisan berbahan peraknya sendiri sebagai reflektif UV dan dapat mengontrol suhu interior mobil.
  • Ultra soft fleece, terdapat lapisan bulu (poly blend fleece) yang lembut sehingga dapat melindungi body mobil dari baret saat pemasangan.

Jangan Asal Murah, Kualitas Paling Penting

Walaupun OtoFriends jarang menggunakan cover mobil, namun saat membeli sarung mobil tersebut sebaiknya jangan membeli karena harga murah dengan anggapan kita akan jarang menggunakannya. Justru pemikiran tersebut keliru.

Lebih baik membeli cover yang telah terjamin kualitasnya sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. 

Cover berkualitas terbaik adalah yang dapat melindungi mobil secara menyeluruh, memiliki lapisan yang tahan terhadap air (waterproof), tahan terhadap anti ultraviolet, memiliki lapisan lembut di bagian dalam sehingga dapat meminimalisir baret dan goresan.

Sebaiknya membeli cover mobil langsung oleh dealer atau produsen mobil, sebab cover dari dealer atau produsen mobil telah terjamin kecocokannya digunakan untuk mobil kita.

Cover Memiliki Sistem Pengaman Tambahan

Tips terakhir yang cukup penting untuk kita pertimbangkan saat membeli body cover mobil adalah memiliki fitur tambahan pada sistem pengamanannya. Fitur yang dimaksud adalah fitur pengencang, umumnya berbentuk belt atau strap.

Tali pengaman karet juga dapat melindungi mobil namun dinilai kurang optimal daripada fitur pengaman strap atau belt. Fitur pengaman tambahan lainnya juga dapat berupa jahitan pengencang khusus di sekeliling pinggiran cover.

Baca juga: Tips Pilih Bengkel Cat Mobil Berkualitas dan Ini Biayanya

Rawat dan Perbaiki Mobil Anda di Bengkel Berkualitas Terbaik

Memiliki cover mobil waterproof menjadi upaya kita sebagai pemilik mobil untuk merawat mobil agar tidak mudah rusak dan dapat digunakan dengan lebih optimal.

Namun, setiap komponen mobil memiliki usia pakai yang berbeda sehingga kita tetap perlu memeriksakan seluruh komponen mobil termasuk eksterior mobil.

OtoFriends bisa konsultasikan perawatan mobil secara online di aplikasi Otoklix! Kemudian melakukan booking service di dalam aplikasi yang sama.

Setelah menentukan waktu servis, kita tinggal datang ke Bengkel Otoklix dan mobil bisa diservis tanpa perlu mengantri. Mudah, bukan?

Pertanyaan Seputar Harga Cover Mobil

Cover mobil alias car cover merupakan sarung khusus untuk melindungi mobil dari perubahan suhu dan cuaca serta dari ancaman kerusakan eksternal lain seperti misalnya goresan dari ranting pohon.

Membeli cover mobil penting untuk menjaga body mobil sekaligus kualitas cat mobil agar tidak kusam dan baret karena faktor eksternal seperti paparan sinar matahari dan air hujan secara langsung ataupun baret dan goresan dari benda-benda di sekitar mobil yang terparkir.

Cara memilih cover mobil cukup mudah, langkah awal adalah memastikan ukuran cover sesuai dengan dimensi mobil, lalu tentukan tujuan pemakaian apakah di indoor atau outdoor, membeli cover sesuai bahan yang tepat, perhatikan kualitas dan memiliki sistem pengaman tambahan.