Kehadiran kerak pada body mobil akan mengurangi kecantikan mobil itu sendiri dan membuat mobil terlihat lebih kotor tak terawat. Sebagai pemilik mobil, OtoFriends  harus lebih perhatian terhadap kualitas mobil, termasuk tampilannya. Tak sembarangan menghilangkan kerak, berikut ini tips menghilangkan kerak pada cat mobil.

Kerak merupakan kotoran membandel yang dibiarkan dalam waktu lama pada permukaan cat mobil. Penyebab timbulnya kerak antara lain pergantian cuaca yang ekstrim, cuaca lembab, endapan sisa air pada cat mobil, mobil jarang dibersihkan, panas matahari, hingga polusi dan debu yang menempel pada permukaan cat mobil.

Kerak mobil sulit dibersihkan namun pemilik mobil tetap wajib membersihkan dan menghilangkan kerak tersebut untuk menjaga tampilan mobil. Selain itu, kerak yang dibiarkan menempel bisa merusak lapisan cat mobil sehingga menciptakan guratan lecet.

Daripada mengeluarkan biaya perawatan yang besar, berikut ini tips otomotif buat menghilangkan kerak pada cat mobil dan tips merawat cat mobil.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam dengan Mudah

Tips Menghilangkan Kerak pada Cat Mobil

Tanpa perlu membawa mobil ke salon mobil, OtoFriends bisa membersihkan dan menghilangkan kerak membandel yang menempel pada permukaan cat mobil dengan tips berikut ini.

Memanfaatkan Sikat dan Lap Lembut

Apabila OtoFriends memiliki lap dengan tekstur lembut seperti kanebo atau sikat dengan permukaan yang lembut juga, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk membersihkan dan menghilangkan kerak pada mobil.

Perhatikan cara untuk membersihkan kerak tersebut. Lakukan gosokan dengan pelan dan hati serta jangan terburu-buru agar tidak menciptakan guratan dan baret yang lebih besar. Kemudian, gosokkan lap atau sikat tersebut dengan teknik gosokan satu arah agar tidak merusak cat mobil.

Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Namun, bila menggunakan sikat atau lap lembut saja keraknya masih sulit hilang, maka OtoFriends bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan jamur pada body mobil yang mengandung hydrophobic polymer.

Caranya pun cukup mudah yakni hanya menyiramkan noda kerak tersebut dengan air, kemudian gosokkan menggunakan cairan pembersih khusus tersebut sampai noda benar-benar hilang.

Alternatif cairan pembersih alami lainnya yang bisa Anda gunakan adalah minyak zaitun atau air garam. 

Caranya tinggal mengoleskan minyak zaitun atau air garam pada bagian body mobil yang berkerak lalu diamkan selama beberapa saat. Kemudian bersihkan bagian tersebut dengan lap yang lembut. Yang perlu digarisbawahi adalah jangan diamkan terlalu lama karena dapat mempengaruhi tampilan mobil.

Baca juga: 10 Pembersih Jamur Kaca Mobil yang Bagus dan Terbaik

Membersihkan Kerak dengan Bantuan Air Bersih

Agar teknik membersihkan dan menghilangkan kerak pada permukaan cat mobil di atas berhasil, sertakan pula air bersih saat menyikat atau menggosokkan permukaan yang terkena kerak tersebut. Sebab air dapat membantu memberikan tekanan terhadap kerak tersebut agar kerak dapat terkikis dan terangkat perlahan dari permukaan cat mobil.

Akan tetapi, saat membersihkan permukaan cat mobil menggunakan air, Anda wajib mengeringkan mobil langsung di bawah sinar matahari supaya cepat kering dan tidak ada sisa air yang mengendap sehingga menimbulkan noda kerak baru.

Membersihkan Noda Kerak Menggunakan Minuman Bersoda

Alternatif bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda kerak dari body mobil adalah dengan menggunakan minuman bersoda. 

Langkah-langkah membersihkannya pun mudah, yakni hanya mencelupkan kain bersih pada minuman bersoda. Lalu gosokkan kain tersebut pada permukaan mobil yang memiliki kerak. Lakukan gerakan menggosok tersebut sampai noda kerak terkelupas dan hilang sempurna.

Mengoleskan Cairan Pengkilap Mobil

Untuk melengkapi semua proses dan tips menghilangkan kerak pada cat mobil ini, tahapan terakhir yakni mengoleskan cairan pengkilap mobil yang mengandung bahan khusus untuk melindungi cat mobil dari sinar UV agar cat mobil tidak pudar. 

Selain itu, cairan pengkilap tersebut juga berfungsi untuk memberikan proteksi tambahan pada cat mobil dari jamur dan kotoran.

Baca juga: Cara Poles Mobil yang Benar, Bikin Mobil Terawat Maksimal!

Tips Merawat Cat Mobil

Hal terpenting supaya tips menghilangkan kerak pada cat mobil berhasil adalah dengan memperhatikan alat dan bahan yang digunakan. Pastikan peralatan dan bahan yang Anda gunakan telah sesuai sehingga kerak dapat hilang tanpa merusak body mobil.

Kemudian setelah melakukan langkah-langkah dan tips menghilangkan kerak pada cat mobil, OtoFriends perlu merawat cat mobil tersebut agar selalu tampak kinclong sehingga dapat meningkatkan tampilan mobil. Tips merawat cat mobil agar tetap awet antara lain:

  • Rutin membersihkan body mobil.
  • Parkir mobil di tempat yang teduh dan tidak langsung terkena sinar matahari.
  • Gunakan sarung mobil saat menyimpan mobil di malam hari.
  • Bersihkan body mobil setelah terkena hujan.

Solusi lain untuk merawat atau memperbaiki body mobil agar terlihat selalu kinclong dan menawan, OtoFriends bisa membawa mobil ke bengkel body repair atau bengkel auto detailing. 

Untuk menemukan bengkel body repair terbaik caranya cukup mudah yakni tinggal download aplikasi Android Otoklix. Kemudian pilih bengkel body repair yang paling dekat dari lokasi OtoFriends.

Keunggulan bengkel mobil Otoklix, Anda tak perlu repot-repot mengantri lama. Sebab OtoFriends dapat melakukan booking service melalui aplikasinya. Sangat mudah, bukan?

Pertanyaan Seputar Tips Menghilangkan Kerak pada Cat Mobil

Tips menghilangkan kerak pada cat mobil antara lain menggunakan sikat atau lap lembut, menggunakan cairan pembersih khusus, menggunakan minuman bersoda, membasuh bagian kerak menggunakan air bersih, dan mengoleskan cairan pengkilap khusus cat mobil.

Cairan pembersih terbaik untuk membersihkan body mobil adalah cairan yang mengandung hydrophobic polymer yang ampuh menghilangkan jamur. Alternatif bahan lainnya yakni air garam, minyak zaitun, atau minuman bersoda.

Tips merawat cat mobil agar tetap kinclong antara lain dengan rutin membersihkan body mobil, memarkirkan mobil di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung, menggunakan sarung mobil di malam hari dan segera membersihkan mobil pasca terkena hujan.