harga aki bekas

Kisaran Harga Aki Bekas, tapi Yakin Mau Pakai?

Aki mobil memang memiliki harga yang lumayan mahal bagi sebagian orang. Bagi kamu yang memiliki dana terbatas mungkin terpikir untuk membeli aki bekas jika mempertimbangkan harga aki bekas yang lebih murah daripada aki baru.

Apalagi aki mobil memang mudah dilakukan rekondisi. Maka dari itu, banyak pula oknum yang menjual aki bekas. Memangnya, berapa sih harga aki bekas? Bagaimana ciri-ciri aki bekas dan rekondisi?

Harga Aki Mobil Bekas

Aki mobil bekas atau seken dihargai tergantung kondisi aki. Bahkan bisa hanya sepertiga dari harga baru. Misalnya harga aki mobil baru Rp800 ribu, maka harga bekasnya ada yang menjual hanya Rp250 ribuan.

Berikut ini beberapa contoh harga aki bekas dari merek GS Astra.

Tipe AkiHarga Aki Bekas
Aki basah NS40 32 AhRp200 – 250 ribu
Aki basah NS40Z 35 AhRp300 – 350 ribu
Aki hybrid NS40 32 AhRp250 – 300 ribu
Aki MF NS40 32 AhRp400 – 450 ribu
Aki MF NS60L 45 AhRp500 – 600 ribu
Aki MF N70L 70 AhRp 450 – 800 ribu

Seperti yang sudah kita lihat di atas, harga aki mobil bekas bervariasi, tergantung kondisi aki. Ada yang masih cukup baik, misalnya bekas tukar tambah, maka harga aki bekas masih bisa agak mahal. Apalagi jika masih ada sisa garansi.

Apakah Aki Bekas Sama dengan Aki Rekondisi?

Banyak yang menganggap aki bekas sama dengan aki rekondisi. Ternyata anggapan tersebut salah. Aki bekas dan rekondisi memang sama-sama bukan aki baru, tetapi ada perbedaan antara dua aki tersebut.

Aki bekas biasanya adalah aki yang masih baik kondisinya, tetapi kehilangan setrum. Jadi solusinya bisa saja hanya di-recharge sebelum digunakan kembali. Biasanya yang menggunakan aki bekas ini adalah pemilik angkot dan ojek. Tetapi tidak menutup kemungkinan pengguna kendaraan pribadi juga menggunakan aki bekas.

Berbeda dengan aki rekondisi yang merupakan aki rusak lalu direkondisi. Ciri-ciri aki rekondisi dapat dilihat secara kasat mata, yaitu wadah aki terlihat sudah pernah dibongkar lalu disolder kembali. Aki rekondisi ini tidak dianjurkan dipakai.

Ciri-ciri Aki Bekas

Jika kamu tidak berniat membeli aki bekas, jangan tergiur melihat harga aki mobil yang murah. Kenali dulu ciri-ciri aki bekas agar tidak dikelabui oleh penjual. Tidak jarang ada oknum yang mengaku bahwa aki yang akan kamu beli adalah aki baru. Tampilannya pun dikemas sedemikian rupa menjadi seperti baru.

Ini dia ciri-ciri yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli aki dengan harga murah yang tidak wajar.

1. Segel kemasan rusak

Aki yang baru pasti masih memiliki segel plastik pada kemasannya. Jika aki hanya disegel menggunakan selotip biasa dan kardusnya sudah terlihat kotor, maka kamu perlu mewaspadai bahwa itu adalah aki bekas.

2. Kepala aki tergores

Aki yang sudah pernah dipakai biasanya terlihat ada goresan pada kutub positif maupun negatif. Sementara pada aki yang baru, kedua kutub tersebut terlihat masih mulus.

3. Kondisi cover aki

Aki yang sudah pernah dipakai atau rekondisi terlihat menggembung. Itu artinya aki tersebut pernah dibongkar untuk direkondisi. Selain itu, warna pada cover aki juga terlihat pudar dan agak kotor jika dibandingkan dengan aki baru.

4. Garansi sebentar

Saat membeli aki mobil, kamu disarankan untuk bertanya tentang garansi aki. Biasanya penjual aki bekas atau rekondisi akan memberikan garansi yang tidak lama. Paling hanya 1-3 bulan, bahkan bisa kurang dari itu. Tetapi hal ini tidak bisa dijadikan patokan ya.

5. Harga aki bekas murah

Ciri-ciri ini juga patut dicurigai. Harga aki mobil yang terlampau murah bisa menjadi tanda bahwa aki yang dijual adalah aki bekas. Padahal, jika kamu menghitung harga aki bekas dan berapa lama aki tersebut dapat bertahan, hasilnya akan lebih merugikan.

Berapa Lama Aki Bekas Dapat Bertahan?

Memangnya berapa lama usia pakai aki bekas? Usia pakai aki baru dengan aki bekas pasti berbeda. Contohnya saja untuk aki kering bisa bertahan 1,5 – 2 tahun. Sementara aki bekas hanya bisa bertahan beberapa bulan. Jika kondisinya masih bagus, aki bisa bertahan sampai 6 bulan. Tetapi jika kondisinya kurang bagus, paling lama hanya bertahan 2 bulan.

Hati-hati! Penyalahgunaan Aki Bekas

Ternyata bukan hanya pengguna mobil dengan dana minim yang mengincar aki bekas. Tetapi juga oknum yang melakukan peleburan aki bekas. Aki mobil bekas ini dilakukan peleburan untuk mendaur ulang timbal (Pb).

Aki bekas untuk dilebur ini biasanya dihargai per kilo. Harga aki bekas per kilo adalah Rp30 ribuan. Dengan modal Rp20 juta, hasil yang didapatkan bisa Rp30-40 jutaan. Proses peleburan yang mudah dengan hasil yang cukup menjanjikan membuat oknum banyak melakukan kegiatan ini.

Padahal, peleburan aki tanpa pengamanan, hanya dilakukan di halaman belakang pemukiman, bisa membahayakan warga sekitar. Dampaknya bisa terjadi cacat mental dan fisik pada anak-anak. Selain itu dapat berdampak juga pada orang dewasa, seperti kerusakan fungsi otak, gagal ginjal, keguguran, dan sebagainya.

Nah, jadi menggunakan aki bekas ternyata tidak selalu menguntungkan meskipun harga aki bekas relatif lebih murah daripada aki baru.

Daripada mencari aki bekas dengan harga murah, lebih baik mengganti dengan aki baru dengan memanfaatkan promo ganti aki pada aplikasi Otoklix. Otoklix adalah platform booking servis mobil untuk berbagai perawatan, termasuk ganti aki dengan harga murah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *