Biaya tune up mobil Xenia di bengkel resmi berbeda dengan tune up di bengkel umum. Umumnya, biaya tune up mobil Xenia di bengkel resmi lebih mahal, bisa sekitar Rp1-2 jutaan, bahkan bisa lebih besar tergantung dengan spare part yang diganti. 

Sementara itu biaya tune up mobil Xenia di bengkel umum biasanya sekitar Rp400 ribu sampai dengan Rp1 jutaan. Biaya tune up mobil Xenia ini juga masih bisa lebih mahal kalau ada banyak penggantian spare part.

Pengertian Tune Up Mobil

Tune up mobil dilakukan agar performa mesin mobil tetap terjaga. Tune up ini berbeda dengan servis biasa karena akan dilakukan pengecekan seluruh komponen mesin bagian dalam. Jadi, bisa dibilang, tune up ini seperti general medical check up jika dilakukan pada manusia.

Perawatan berkala tetap dibutuhkan, tetapi tune up mobil dapat mendeteksi kerusakan secara keseluruhan lebih dini.  Jadi, jangan lupa untuk rutin tune up juga ya.

Pengecekan Komponen Saat Tune Up Mobil

Lalu, apa saja komponen yang dicek saat tune up mobil? Ada beberapa komponen yang umum dilakukan saat tune up mobil. Paling tidak ada 12 pengecekan, pembersihan, maupun penggantian komponen saat tune up.

1. Penggantian filter bensin

2. Penggantian filter oli

3. Penggantian oli mesin

4. Penggantian kampas rem

5. Pembersihan filter udara

6. Pembersihan filter AC

7. Pembersihan busi

8. Pembersihan injektor

9. Pembersihan ruang bakar

10. Pembersihan throttle body

11. Pembersihan dan penyetelan rem

12. Scanning sistem injeksi

13. Pengecekan aki

14. Pengecekan v-belt

Tune up mobil sebaiknya dilakukan setiap 3-6 bulan sekali, setiap 5.000 km sekali, atau saat ganti oli rutin. Maksimal batas toleransi tune up adalah setahun sekali. Waktu pengerjaan tune up juga biasanya tidak terlalu lama, yaitu sekitar 1 jam. Kecuali memang ada spare part tertentu yang membutuhkan perawatan khusus.

Cara Tune Up Mobil

Kebanyakan orang memilih untuk melakukan tune up di bengkel. Tetapi kalau kamu mau mencoba tune up mobil sendiri, ini dia caranya. Tune up sendiri di rumah bisa mengurangi biaya tune up mobil Xenia kesayanganmu.

Cara Tune Up Mobil Injeksi

Tune up adalah mengecek komponen-komponen mobil secara keseluruhan. Periksa beberapa komponen di bawah ini ya, caranya cukup mudah kok. 

1. Periksa aki

Pertama, cek kondisi baterai atau aki terlebih dahulu. Cara memeriksa aki mobil adalah mengecek bagian-bagiannya, yaitu penyangganya, terminal, dan batas air aki.

Biasanya terdapat karat pada terminal aki. Karat pada aki ini bisa menghambat arus listrik karena karat pada terminal aki adalah isolator. Setelah itu periksa volume air aki. Cara ini dilakukan untuk mengecek aki basah. Kalau air aki berada di bawah batas normal, maka kamu bisa menambahkannya dengan air accu.

2. Filter udara

Setelah mengecek aki, komponen selanjutnya yang perlu dicek adalah filter udara. Cara memeriksa filter udara adalah dengan membukanya terlebih dahulu kemudian dibersihkan dengan cara memberikan udara bertekanan dari arah dalam. Kalau kotorannya sudah sangat kotor, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan sabun kemudian pastikan filter udara benar-benar kering sebelum digunakan.

3. Tali kipas

Selanjutnya periksa kelenturan tali kipas. Tali kipas ini bisa saja aus, retak, atau terlalu tegang. Cara mengeceknya adalah dengan memberi tekanan setara dengan 10 kilogram pada tengah pompa.

4. Periksa busi

Berikutnya adalah memeriksa busi yang berada di dalam mesin. Di setiap busi terdapat elektroda pada bagian tengah. Kalau kondisinya sudah terkikis, pecah, atau porselennya rusak, maka busi harus diganti. Kemudian periksa juga tegangannya dengan cara melepaskan dari tutup distributor ketika melepas kabel busi.

Cara Tune Up Mobil Manual

Ada juga cara tune up mobil manual yang ternyata memiliki sedikit perbedaan dengan mobil mesin injeksi. Pertama, komponen-komponen seperti air radiator, oli mesin, serta kondisi visual mesin akan diperiksa.

Kemudian baru dilakukan tune up. Komponen pertama adalah filter udara di dalam mobil. Caranya sama, yaitu membongkar filter udara kemudian membersihkannya menggunakan udara bertekanan.

Selanjutnya adalah memeriksa sistem pendinginan atau radiator. Caranya adalah memeriksa ketinggian air pendingin, apakah sudah sampai garis penuh atau belum.

Setelah itu mengecek tutup radiator menggunakan cup tester. Setelah itu baru diperiksa tali kipas, aki, distributor, dan tekanan kompresi.

Biaya tune up mobil Xenia bisa murah kalau rajin merawat komponen kendaraan. Karena komponen yang rajin dirawat akan membuat usia pakainya lebih lama. Sehingga ketika tune up, tidak perlu mengganti banyak sparepart.

Itu dia informasi tentang biaya tune up mobil Xenia dan juga cara tune up mobil. Kalau kamu ragu dan tidak ada waktu melakukan tune up sendiri, kamu bisa mempercayakannya pada mekanik di bengkel terdekat.

Otoklix memiliki bengkel mitra Power Workshop yang sudah sesuai dengan standar Otoklix dan memiliki persediaan spare part yang orisinal. Yuk, segera tune up mobil kamu jika sudah waktunya!