Kalau kamu butuh mobil berkapasitas besar untuk menampung seluruh keluarga, kamu bisa menggunakan Honda Freed. Apalagi harga bekasnya sekarang mulai dari Rp120 jutaan. Tapi sebelum membeli mobil Honda Freed, sebaiknya kamu perlu tahu dulu tentang ganti oli matic Honda Freed.

Otoklix akan membahas tentang kunci agar transmisi matik Honda Freed tetap awet. Simak juga cara ganti oli matic Honda Freed.

Berapa Km Ganti Oli Matic Honda Freed?

Diproduksi oleh produsen otomotif ternama, tak heran jika Freed termasuk MPV yang tahan banting alias awet meski sudah lama dipakai. Menurut salah satu pemilik bengkel spesialis Honda, transmisi matik Honda Freed tetap awet dan tidak rewel meskipun mobil sudah dipakai ratusan ribu kilometer.

Tetapi, dengan catatan bahwa ini adalah Honda Freed dengan transmisi AT atau transmisi matik konvensional. Bukan Freed transmisi CVT. Honda Freed AT Konvensional terkenal bandel yang tidak mudah rusak.

Nah, kunci agar transmisi matik Honda Freed tetap awet adalah jangan telat mengganti oli transmisi. Mobil MPV matik yang sudah berhenti produksi tahun 2016 itu akan memiliki usia pakai transmisi yang panjang jika rajin ganti oli transmisi.

Waktu yang disarankan untuk ganti oli matic Honda Freed adalah setiap 20.000 km atau bahkan sebelum itu. Kemudian pada 40.000 km kamu bisa melakukan kuras oli matic Honda Freed.

Meskipun di buku manual Honda Freed disarankan untuk mengganti oli transmisi setiap 40-60 ribu km, tetapi seiring semakin tua mobilnya, sebaiknya lebih sering mengganti oli matic Honda Freed. Tujuannya adalah agar tidak timbul masalah karena faktor usia.

Baca Juga: Daftar Tempat Ganti Oli Mesin Mobil Terdekat se-Jabodetabek

Oli Transmisi Apa yang Cocok untuk Honda Freed?

Salah satu alasan agar kamu lebih sering ganti oli matic Honda Freed adalah karena harga ganti oli transmisi ini tidak terlalu mahal. Oli matic Honda Freed berapa liter? Honda Freed membutuhkan 2,8 liter oli transmisi.

Jika menggunakan oli transmisi standar Honda dengan spesifikasi ATF DW 1 atau Idemitsu, harganya adalah Rp280 ribu. Jasa bengkelnya sekitar Rp20 ribuan. Jadi total biaya mengganti oli matic Honda Freed adalah sekitar Rp300 ribu. Harga ini berbeda-beda tergantung bengkel dan oli yang digunakan.

Perbedaan Ganti Oli dan Kuras Oli

Ganti oli matic Honda Freed setiap 20.000 km tapi kuras oli setiap 40.000 km? Memangnya apa perbedaan dari keduanya?

Ganti oli transmisi matic adalah hanya mengganti oli pada bak atau tangki oli. Sedangkan kuras oli artinya mengeluarkan seluruh oli pada sistem transmisi. Idealnya kuras oli matic dilakukan saat sulit memindahkan gigi, terasa delay, atau berbunyi.

Fungsi Oli pada Transmisi Matic Mobil

Transmisi matic akan lebih awet jika sering mengganti oli transmisinya. Apa saja fungsi oli pada transmisi matic?

Baca Juga: Rekomendasi Oli Matic Mobil dan Waktu Tepat Menggantinya

1. Melumasi Komponen Transmisi

Seperti fungsi oli pada umumnya, yaitu sebagai pelumas, maka oli pada transmisi matic juga melumasi komponen-komponen pada sistem transmisi. Dengan adanya oli maka gesekan antar komponen bisa lebih halus dan juga bisa menghilangkan karat pada komponen.

2. Menjaga Suhu Transmisi

Fungsi yang kedua adalah menjaga suhu transmisi agar tidak overheat. Beberapa mobil matic memiliki jalur langsung yang terhubung ke radiator agar sistem transmisi tidak panas. Panas pada sistem transmisi akan mengakibatkan komponen rusak, biasanya ditandai dengan bunyi ‘jeduk’.

3. Menjaga Keausan Komponen

Kamu juga tentu tahu apabila komponen sering bergesekan maka dapat terjadi keausan komponen. Bisa terjadi pada komponen internal transmisi, misalnya kampas kopling hidrolik, body valve, brake band, manual linkage, planetary gear, dan lainnya.

Kondisi komponen yang aus bisa sampai terbakar. Kalau sudah terbakar, mobil bahkan bisa mogok.

Baca Juga: Intip Biaya Service Mobil Berdasarkan Jenis Perawatannya

Cara Ganti Oli Matic Honda Freed

Jika kamu ingin mencoba ganti oli matic sendiri di rumah, ini dia caranya. Cukup mudah kok. Tetapi kalau kamu tidak sempat, takut salah, atau menurutmu rumit, kamu bisa menyerahkannya kepada pihak bengkel.

1. Mempersiapkan alat dan bahan sebagai berikut:

  • 3 liter oli matic Honda ATF DW 1
  • Extension bar ukuran ½ inci
  • Corong
  • Selang
  • Wadah penampung oli bekas

2. Mengeluarkan oli lama

Langkah selanjutnya adalah mencari cari lubang atau baut drain oli matic, lokasinya sejajar dengan drain plug oli mesin yang berada di bagian bawah mobil. Kemudian buka bautnya menggunakan extension bar dan putar menggunakan tangan. Kemudian biarkan oli lama keluar sampai habis atau tersisa tetesan-tetesan saja.

3. Mengisi oli baru

Caranya adalah dengan membuka penutup oli transmisi dan memasukkan selang ke lubangnya. Kemudian tuang oli baru secara perlahan dengan menggunakan corong. Tambahkan 2 botol oli matic kemasan 1 liter, lalu setengah isi botol ketiga. Hal ini karena Honda Freed hanya butuh 2,8 liter oli.

4. Mengecek menggunakan deep stick

Selanjutnya adalah mengecek oli menggunakan deep stick. Jika masih kurang, bisa ditambahkan sedikit demi sedikit agar tidak meluber.

5. Selesai

Nah itu dia informasi tentang ganti oli matic Honda Freed, mulai dari kunci awet transmisi matic Honda Freed, sampai dengan cara ganti oli transmisi pada Honda Freed.

Kamu bisa mencari bengkel terdekat untuk ganti oli transmisi melalui Otoklix. Temukan 1.000+ bengkel umum tepercaya se-Jabodetabek. Harga yang dibayar sesuai di aplikasi.

Pertanyaan Seputar Ganti Oli Matic Honda Freed

Oli matic Honda Freed berapa liter? Honda Freed membutuhkan 2,8 liter oli transmisi. Jika menggunakan oli transmisi standar Honda dengan spesifikasi ATF DW 1 atau Idemitsu, harganya adalah Rp280 ribu. Jasa bengkelnya sekitar Rp20 ribuan.

Penggantian oli matic Honda Freed dilakukan tiap kelipatan 20.000 km dengan metode refill atau mengganti oli di carter penampungan oli.

Jika menggunakan oli transmisi standar Honda dengan spesifikasi ATF DW 1 atau Idemitsu, harganya adalah Rp280 ribu.