Baik bengkel mobil resmi maupun yang umum memiliki tempat tersendiri di hati para pengendara. Masing-masing bengkel memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget servis.

Servis mobil pada umumnya yang dilakukan di bengkel resmi juga bisa dilakukan di bengkel mobil umum yang sering kita temui di pinggir jalan misalnya ganti oli. Sebagai pelumas yang membantu kinerja kendaraan, oli harus diganti secara berkala. Pengerjaan servis ganti oli biasanya juga mencakup penggantian filter oli. Tujuannya agar kotoran yang tertinggal di dalam filter tidak tercampur dengan oli yang baru.

Lalu apa yang membedakan bengkel mobil resmi dan bengkel umum? Selain biaya, pasti kualitas pengerjaannya. Berikut pembahasannya:

1. Kualitas Pengerjaan Bengkel Resmi versus Bengkel Umum

Bengkel resmi sudah memiliki standar quality control (QC) pengerjaan di setiap cabangnya sedangkan untuk setiap pengerjaan di bengkel umum memiliki quality control yang berbeda. Tidak semua bengkel umum bisa menjamin kualitas pengerjaannya. Masih ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat curang, seperti menggunakan oli palsu atau bahkan oli bekas yang didaur ulang. Namun demikian, masih banyak juga bengkel umum yang sudah lama ada dan mengutamakan kualitas servis dan produk yang digunakan. Sparepart yang digunakan di bengkel umum juga memiliki banyak pilihan jadi pengguna bisa menyesuaikan dengan dana yang sudah disediakan. Mekanik juga akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan untuk masing-masing tipe jenis sparepart.

Baca Juga: Alasan Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum Lebih Murah

2. Biaya Servis Bengkel Resmi VS Bengkel Umum

Menurut peribahasa, ada uang ada rupa. Begitu juga dengan servis mobil. Dengan kualitas pengerjaan yang ada di bengkel resmi, kita harus merogoh kocek cukup dalam. Sebagai contoh untuk biaya ganti oli dan tune up mobil Toyota Avanza di bengkel resmi menghabiskan biaya lebih dari Rp700.000 sedangkan di bengkel umum kita hanya perlu menghabiskan biaya pada kisaran harga Rp500.000.

Sebagai pengguna mobil tentu kita ingin memperoleh kualitas servis setara dengan bengkel resmi dengan harga bengkel umum. Namun untuk mencari sendiri bengkel umum dengan kualitas pengerjaan yang terjamin pasti akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Lalu bagaimana agar kita dapat memperoleh informasi layanan bengkel mobil terdekat dengan harga dan kualitas yang terjamin?

Otoklix menjadi jawaban terbaik atas solusi yang kamu butuhkan. Dengan Otoklix, kamu bisa menemukan bengkel terdekat dari lokasi kamu saat ini. Semua pengerjaan servis di mitra bengkel Otoklix sudah terstandarisasi dan mobilmu akan ditangani oleh mekanik-mekanik handal dan terpercaya. Terlebih lagi, Otoklix berani memberikan garansi hingga 30 hari atau 1.000 Km. Jadi tunggu apa lagi? Kunjungi otoklix.com atau instal aplikasi Otoklix dan booking jadwal servis mobil kamu sekarang.