Mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) begitu diminati masyarakat. Tak heran berbagai produsen dan merek mobil pun akhirnya berlomba-lomba mengeluarkan setidaknya satu tipe mobil di segmen tersebut. Tak terkecuali PT Toyota Astra Motor (TAM) yang memproduksi Toyota Calya.

Sebenarnya, Toyota sudah cukup lama menghadirkan mobil LCGC tersebut yakni sejak 2016. Namun, pabrikan asal Jepang ini kembali merilis Toyota Calya dengan tampilan terbaru di 2021 lalu. Meski sekadar facelift, Toyota Calya ini cukup mencuri hati para konsumen.

Meski begitu, pasti ada saja konsumen yang tak puas dan ingin memodifikasi tampilan mobil LCGC-nya agar ada unsur pembeda dari milik orang lain. Salah satunya dengan memodifikasi bagian ban dari ukuran standar ke ukuran yang lebih besar, agar terlihat lebih gagah.

Hal yang wajib dierhatikan konsumen Toyota Calya yakni jangan asal pilih ukuran ban mobil. Cari tahu dulu ukuran ban mobil Calya yang dimiliki dan ban apa saja yang bisa menjadi cadangan. Berikut ulasan lengkapnya:

Ukuran Ban Mobil Calya

Standar ukuran ban mobil Calya yakni 175/65 R14. Bila mengutip pernyataan Product Development Dept PT Gajah Tunggal Tbk, Sidik Purna Muda Wijaya, untuk modifikasi ban hanya direkomendasikan melakukan 1-2 inch lebih besar dari ukuran standarnya. Tujuannya untuk menjaga kendaraan dapat dikendarai dengan aman dan nyaman. Di bawah ini merupakan ukuran ban baru yang pas untuk mobil Calya:

  • Ukuran 175/60 R15
  • Ukuran 185/55 R15
  • Ukuran 195/50 R16
  • Ukuran serupa yang tidak lebih dari 1-2 inch dari ukuran standarnya

Rekomendasi Ban Mobil Calya yang Sesuai

  1. GT Radial 

Ban mobil GT Radial tersedia dalam 3 ukuran seperti yang direkomendasikan yakni Champiro Eco 175/60 R15, Champiro BXT Pro atau Champiro GTX Pro 185/55 R15, serta Champiro GTX Pro 195/50 R16.

Selain ukuran, performa yang dihasilkan ketiga ban tersebut juga berbeda. Ini menjadi perhatian bagi konsumen sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Kelebihan ban Champiro Eco yakni dari segi kemampuannya. Performa ban ini memberikan kenyamanan karena memiliki hambatan gulir rendah untuk efisiensi bahan bakar dalam berkendara. 

Sementara, keunggulan ban Champiro GTX Pro ukuran 185/55 R15 terletak pada jarak pakai yang lebih jauh atau umur pemakaiannya lebih panjang. Sedangkan ban Champiro GTX Pro 195/50 R16, kelebihannya bisa dilihat langsung dari tampilan yang sporty dengan desain agresif dan berperforma tinggi.

Harga: 

  • Champiro Eco: Rp495 ribu – Rp550 ribu
  • Champiro GTX Pro 185/55 R15: Rp564 ribu – Rp819 ribu
  • Champiro GTX Pro 195/50 R16: Rp614 ribu – Rp715 ribu
  1. Accelera Eco Plush

Ban Accelera Eco Plush ini bisa dijadikan pilihan untuk mengganti ban bawaan mobil Calya kamu. Adapun ukuran yang direkomendasikan dari merek ini adalah 175/65 R15 atau lebih 1-2 inch dari ukuran standar mobil Calya.

Bicara kelebihan, Accelera Eco Plush merupakan ban all-season yang dirancang khusus untuk mobil penumpang. Dengan begitu, ban tipe ini sangat mengedepankan kenyamanan berkendara dan dapat meminimalkan kebisingan, sangat cocok untuk kebutuhan berkendara sehari-hari, bukan? Ban mobil Toyota Calya ini dibanderol Rp505 ribu – Rp670 ribu

  1. Toyo Teo Plus

Merk ban lainnya yang bisa jadi referensi adalah Toyo Teo Plus. Kelebihan ban satu ini adalah dari segi cengkeraman yang sangat baik di jalanan basah maupun kering. 

Karet tapak ban ini dibuat dengan silika sehingga tahan aus dan lebih hemat bahan bakar. Tidak hanya itu, ban ini juga tidak terlalu bising, sehingga memberi kenyamanan berkendara lebih baik lagi. 

Ban ini memiliki ukuran yang sama dengan ban bawaan mobil Calya yakni 175/65 R14. Namun, bila ingin ukuran yang lebih besar, ban ini juga menyediakan pilihan lainnya yakni 185/65 R14 atau 195/55 R14 dengan harga di kisaran Rp1,2 juta sampai Rp1,5 juta.

  1. Bridgestone

Ban mobil Bridgestone yang juga merupakan merk ban bawaan mobil Toyota Calya bisa dijadikan referensi selanjutnya. Seperti diketahui, Bridgestone Ecopia EP150 merupakan ban Original Equipment Manufacture (OEM) Toyota Calya. 

Bila ingin sekadar mengganti ban, kamu bisa membeli ban dengan tipe yang sama dan ukurannya yang sama yakni 175/65 R14. Akan tetapi, bila ingin memodifikasinya, bisa memilih ukuran lain seperti 185/65R15 atau 195/65R14.

Kelebihan ban ini adalah bisa memberikan manfaat penghematan bahan bakar yang lebih baik, sekaligus benar-benar mengurangi gas buang C02 dan emisi gas rumah kaca karena mengkonsumsi sedikit bahan bakar.

Meski begitu, tipe ini tetap mengedepankan keselamatan dan kontrol kendaraan, serta keawetan. Sementara harganya sekitar Rp603 ribu sampai Rp1,29 juta.

Itulah rekomendasi ukuran ban mobil Calya serta rekomendasi mereknya. Namun, bila ragu soal ukurannya, segera kunjungi bengkel terdekat dan konsultasikan dengan ahlinya. Atau coba unduh aplikasi Otoklix, agar mempermudah proses pencarian bengkel terdekat tersebut.

Tak cuma itu, di aplikasi tersebut, kamu juga bisa melakukan booking service sekaligus mengecek harga service-nya. Jadi, tidak perlu was was bakal kekurangan uang saat sampai di bengkel.