Selain VW Golf GTI, tahun ini Volkswagen memperkenalkan mobil bertransmisi manual yakni Volkswagen Polo GTI. Bedanya dari generasi Volkswagen Polo sebelumnya, tahun ini VW Polo GTI dilengkapi dengan teknologi Direct-Shift Gearbox (DSG).

Dengan adanya teknologi ini menjadikan Volkswagen Polo GTI menjadi mobil transmisi manual berkecepatan tinggi dengan ukuran mobil hatchback yang subkompak. Bayangkan saja, kita bisa berakselerasi mulai dari 0 km/jam sampai 100 km/jam hanya dalam hitungan 6,5 detik.

Apa saja keunggulan mobil Volkswagen? Bagaimana spesifikasi mobil ini? Berikut ini penjelasannya untuk OtoFriends.

Baca juga: Daftar Harga Mobil VW Kodok Bekas Terbaru

Harga Volkswagen Polo

Bila dibandingkan, memang VW Golf GTI lebih terkenal dibandingkan VW Polo sejak dulu di Indonesia. Namun, hal ini justru menjadi tantangan untuk Volkswagen dalam menghadirkan mobil yang lebih merakyat melalui Volkswagen Polo.

Bahkan mobil Volkswagen Polo menjadi mobil city car yang tepat untuk dikendarai di kawasan urban perkotaan. Tak heran bila kita akan melihat banyak wanita dewasa atau anak muda atau keluarga muda yang mengendarai mobil ini di kawasan perkotaan.

Walaupun begitu, Volkswagen Polo generasi terbaru yakni Volkswagen Polo GTI 2022 mulai disejajarkan dengan mobil di kelas hatchback seperti Toyota Yaris, KIA Rio, Honda City Hatchback, Mazda 2 dan Wuling Air ev.

Baca juga: Berikut Harga dan Spesifikasi Honda City Hatchback 2022

Sementara itu, harga Volkswagen Polo GTI 2022 sebagai berikut.

Tipe Mobil Volkswagen PoloHarga Volkswagen Polo (OTR)
Volkswagen Polo 1.2 TSI ATRp315 juta
Volkswagen Polo VRSRp342 juta

Sekalipun harga Volkswagen Polo terbilang cukup murah dibandingkan generasi Volkswagen lainnya, tetapi VW Polo ini tetap dibekali mesin dan fitur sesuai standar Volkswagen pada umumnya. Karenanya, Volkswagen mengklaim bahwa mobil VW Polo sebagai My First German Car.

Yang perlu digaris bawahi adalah harga Volkswagen Polo ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, sebaiknya saat akan membeli mobil kita perlu rutin mengecek harga mobil melalui situs otomotif.

Aplikasi Otoklix menyediakan informasi seputar dunia otomotif lengkap, termasuk harga mobil baru dan harga mobil bekas sampai update harga mobil terbaru.

Performa Mesin Volkswagen Polo 

Volkswagen Polo, baik Volkswagen Polo TSi dan Volkswagen VRS, kedua VW Polo ini dibekali mesin DOHC 4 silinder berkapasitas mesin 1.2 L. Kendati demikian, kedua mobil VW Polo ini memiliki keluaran mesin yang berbeda. 

Pada Volkswagen Polo TSi maksimum daya yang keluar bisa mencapai 105 hp dan torsi maksimal 175 Nm dengan sistem transmisi 7 speed dual-clutch automatic yang membuat mobil ini lincah di kawasan perkotaan.

Sedangkan Volkswagen Polo VRS 2018, mampu mengeluarkan tenaga yang lebih besar yang maksimum 140 hp pada 5.000 rpm dan torsi 230 Nm pada 1.500 sampai 4.000 rpm.

Sementara itu, VW Polo 2022 memiliki tingkat emisi CO2 yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya pada standar EURO 2 kini menjadi EURO 4. Jadi, selain menjadi mobil berkecepatan tinggi tetapi tetap ramah lingkungan.

Fitur Volkswagen Polo

Sementara itu, fitur keselamatan yang ada pada Volkswagen Polo sudah menggunakan standar mobil-mobil keluaran Eropa pada umumnya seperti sistem pengereman ABS, ASR, dan EDTC untuk mengontrol laju kecepatan mobil dan mengontrol ban selip.

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur-fitur keamanan dan keselamatan lainnya di antaranya:

  • Curtain airbag system
  • Switch untuk menonaktifkan airbag
  • Front passangers airbag deactivation switch
  • Side, head or thorax airbag system untuk penumpang depan
  • Automatic post collision braking system
  • Electronic stability control
  • ASR dan EDL
  • Rear head restraints
  • Electronic engine immobilizer
  • Isofix
  • Disc brake di depan dan belakang
  • Remote central locking dengan two remote folding keys
  • ESC dan Anti-Slip Regulation (ASR)

Desain Eksterior Volkswagen Polo

Varian warna Volkswagen Polo ada enam pilihan diantaranya pure white, comflower blue, deep black, flash red, reflex silver, dan gray metallic. 

Desain eksteriornya hampir mirip dengan VW Golf, tetapi diberi sentuhan atap rendah dengan beberapa sudut membulat yang membuatnya berbeda dari city car pada umumnya.

Baca juga: Rekomendasi 13 City Car Murah, Harga di Bawah Rp100 Jutaan

Headlight dan rear lightnya dinamis dengan sumber pencahayaan berasal dari halogen, headlamp cleaner, bumper, electrical adjustable door mirror, dan gagang pintu yang warnanya senada dengan body mobil sedangkan foglamp dan velg alloynya memiliki diameter 15 inci.

Logo VW sebagai karakteristik Volkswagen terpasang di bagian tengah garis grille. Adapun stop lamp berbentuk kotak dengan ukuran yang cukup besar. Wiper dan washer untuk kaca mobil bagian belakang telah dilengkapi dengan teknologi system with intermittent control.

Desain Interior Volkswagen Polo

Bagian kemudi Volkswagen Polo mengadopsi setir kemudi dari VW Golf MK7 yang berdesain flat button lengkap dengan sistem audio, MID dan sistem pengontrolan tilt telescopic. 

Di bagian dashboard tersusun rapi button fungsional seperti kisi AC mobil tengah, cup holder sebanyak 5 buah, dan 3 colokan USB.

Fitur entertainment lainnya di antaranya climatronic AC, RCD 210, radio CD/MP3, 4 unit loudspeaker, koneksi USD/Ipod interface dan bluetooth connection.

Keunggulan dan Kelemahan Volkswagen Polo

Keunggulan dari Volkswagen Polo di antaranya adalah perpaduan antara mesin petrol dan transmisi mesin yang unggul, performa mesin mobil yang semakin bandel, serta kualitas konstruksi yang impresif. 

Kendati demikian, Volkswagen punya kekurangannya di antaranya untuk ukuran mobil transmisi manual, mobil Volkswagen terbilang lumayan mahal, dan ruang kabin di bagian belakang yang sempit.

Saat membeli mobil Volkswagen, OtoFriends juga harus mempertimbangkan perawatan mobil dengan melakukan riset bengkel mobil yang memiliki spare part original untuk mobil VW Polo.

Tujuannya adalah agar usia pakai mobil, khusus usia pakai spare part mobil bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama sehingga kita terhindar dari keborosan biaya servis mobil.

Pertanyaan Seputar Volkswagen Polo

Ada dua tipe mobil Volkswagen Polo terbaru 2022, di antaranya adalah Volkswagen Polo 1.2 TSI AT dan Volkswagen Polo VRS.

Harga Volkswagen Polo 1.2 TSI AT sebesar Rp315 juta sedangkan harga Volkswagen Polo VRS sebesar Rp342 juta.

Kapasitas kursi penumpang pada mobil Volkswagen Polo sebanyak 5 penumpang.