Cara cek riwayat servis berbagai jenis mobil dari produsen-produsen terkenal seperti Toyota, Honda, Suzuki, hingga Daihatsu ternyata mudah dilakukan. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memeriksa riwayat servis tersebut, padahal ini salah satu hal penting terutama ketika ingin membeli mobil bekas dari merek-merek tersebut.

OtoFriends bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone. Hanya tetap saja, setiap merek memiliki cara yang berbeda-beda dalam pengecekan riwayat servis.

Namun, perlu OtoFriends ketahui bahwa riwayat servis mobil dapat diperiksa selama mobil tersebut diservis rutin di bengkel resmi sesuai dengan merek mobil. Jadi, nantinya ada beberapa informasi yang bisa dimasukkan ke aplikasi untuk memeriksa riwayat servis yang telah dilakukan dan sedang berlangsung.

Tentu saja, pengecekan riwayat servis mobil dari berbagai merek mobil ini memiliki berbagai manfaat. Dengan memeriksa riwayat servis, OtoFriends memiliki pengingat kapan harus melakukan servis selanjutnya, informasi yang didapat lebih transparan tentang komponen apa saja yang diservis, mencegah biaya servis yang membengkak, hingga bisa dijadikan pertimbangan ketika mobil OtoFriends akan dijual.

Jadi, calon pembeli dapat melihat bahwa mobil yang dijual memiliki kondisi dan riwayat servis yang rutin, sehingga performa dan kondisi komponen mobil selalu terjaga. Tentu saja manfaat-manfaat tersebut menjadi keuntungan bagi pemilik mobil.

Lalu, bagaimana cara memeriksa riwayat servis yang pernah dilakukan untuk mobil-mobil Toyota, Honda, Suzuki, dan Daihatsu? OtoFriends bisa simak penjelasan Otoklix berikut ini!

Cara Cek Riwayat Servis Mobil Toyota

Cara cek riwayat servis mobil Toyota dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang bisa OtoFriends unduh melalui smartphone. Aplikasi tersebut adalah Auto2000. OtoFriends mungkin sudah tahu bahwa Auto2000 merupakan salah satu jaringan bengkel resmi mobil Toyota di Indonesia. Sehingga, jika OtoFriends melakukan servis rutin mobil Toyota di bengkel Auto2000 ini, dapat dilihat historical service yang pernah dilakukan.

Aplikasi Auto2000 bisa OtoFriends dapatkan melalui App Store untuk perangkat iOS dan Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi ini dibuat oleh bengkel resmi Toyota khusus untuk pemilik mobil Toyota agar dapat memeriksa riwayat servis yang pernah dilakukan.

Cara memeriksanya pun cukup mudah, OtoFriends bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama, pastikan aplikasi Auto2000 sudah terunduh di smartphone dengan baik.
  2. Kemudian, buka aplikasi tersebut dan tekan menu di sebelah pojok kiri.
  3. Lakukan pendaftaran terlebih dahulu menggunakan alamat e-mail aktif, dan verifikasi e-mail untuk bisa login.
  4. Setelah masuk ke menu utama, pilih menu “Garage”, lalu masukkan berbagai informasi yang diminta seperti data mobil, jenis mobil, nomor kendaraan, dan nomor rangka mobil.
  5. Pilih tombol “Save Vehicle” jika sudah mengisi semua data mobil.
  6. Untuk memeriksa riwayat servis pada mobil Toyota, pilih menu “History Service”.
  7. Selesai, OtoFriends sudah bisa cara cek riwayat servis mobil Toyota. Mudah, bukan?

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan cara memeriksa riwayat servis mobil Toyota saja, tetapi bisa OtoFriends gunakan untuk mencari lokasi bengkel Auto2000 terdekat dengan petunjuk arahnya. Selain itu, aplikasi Auto2000 juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan booking ketika ingin melakukan servis di bengkel Auto2000. Bagaimana, fiturnya banyak, kan?

Baca juga: Intip Biaya Service Mobil Berdasarkan Jenis Perawatannya

Cara Cek Riwayat Servis Mobil Honda

Untuk cek riwayat servis pada mobil-mobil Honda, OtoFriends dapat menggunakan aplikasi buatan Honda bernama Honda e-Care. Aplikasi ini sama seperti aplikasi Auto2000, memiliki berbagai fitur yang bermanfaat bagi pemilik mobil Honda dan bisa didapatkan melalui App Store ataupun Play Store.

OtoFriends bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memeriksa riwayat servis atau historical service pada mobil Honda.

  1. Pertama, pastikan aplikasi Honda e-Care sudah terpasang dengan baik di smartphone.
  2. Kemudian, lakukan Single Sign On (SSO) menggunakan akses Google maupun Apple ID.
  3. Setelah itu, verifikasi kode OTP melalui SMS ke nomor yang didaftarkan.
  4. Jika sudah masuk ke aplikasinya, pilih menu “My Honda”, dan daftarkan mobil Honda yang dimiliki.
  5. Selesai, OtoFriends sudah bisa mendapatkan detail informasi mengenai riwayat servis mobil yang dilakukan di bengkel resmi.

Selain bisa memeriksa riwayat servis mobil Honda, aplikasi Honda e-Care juga memiliki berbagai fitur, seperti booking service, servis 24 jam, dealer locator, product catalog, news and tips, event, hingga voucher. Beragam sekali fiturnya, ya! 

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil Honda Terdekat yang Terbaik

Cara Cek Riwayat Servis Mobil Suzuki

Sementara itu, bagi pemilik mobil-mobil Suzuki memiliki cara yang berbeda jika dibandingkan dengan cara cek riwayat servis mobil Honda dan Toyota. Pemilik mobil Suzuki dapat menghubungi contact centre service after sales Suzuki melalui nomor (62-21) 2955 4800 atau menelepon Halo Suzuki melalui nomor 0800 1100 800 untuk mendapatkan print out berupa riwayat servis yang dikirimkan melalui bentuk PDF.

Selain menelepon call centre, OtoFriends juga dapat meminta riwayat servis melalui e-mail dengan mengirimkan permintaan riwayat servis ke e-mail resmi Suzuki di aftersales-portal@suzuki.co.id.

Atau jika tidak mau repot untuk menelepon atau mengirim e-mail, riwayat servis mobil Suzuki bisa OtoFriends minta langsung ke bengkel mobil Suzuki resmi dan mendatangi bagian customer service untuk meminta riwayat servis mobil tersebut. Kamu hanya perlu membawa buku servis untuk mencocokkannya dengan sistem database agar dapat melihat riwayat servis mobil Suzuki dari awal hingga akhir.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menyimpan buku servis dengan baik agar dapat melakukan permintaan riwayat servis dengan lancar. Cukup mudah, bukan?

Baca juga: 11 Alasan Mesti Pakai Aplikasi Bengkel Mobil Otoklix

Cara Cek Riwayat Servis Mobil Daihatsu

Cara cek riwayat servis mobil Daihatsu dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan aplikasi DaihatsuKu atau aplikasi Daihatsu Mobile. Keduanya dapat diunduh di Play Store maupun App Store.

Bagaimana cara memeriksa riwayat servis mobil-mobil Daihatsu? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Pertama adalah aplikasi DaihatsuKu yang merupakan aplikasi one stop solution yang menawarkan berbagai layanan untuk mobil Daihatsu secara daring dan terintegrasi. Untuk memeriksa riwayat servis, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, unduh aplikasi DaihatsuKu di smartphone.
  2. Lakukan pendaftaran terlebih dahulu jika belum memiliki akun. Setelah itu, login.
  3. Setelah masuk ke dalam aplikasi, pilih menu “Service History” untuk mengetahui riwayat servis mobil.
  4. Selesai, OtoFriends bisa melihat riwayat servis yang pernah dilakukan dan terekam dalam menu tersebut.

Aplikasi DaihatsuKu juga memiliki berbagai fitur yang berguna, misalnya seperti booking service, tracking order, informasi lokasi outlet terdekat, informasi promo, dll.

Baca juga: Kapan Saat yang Tepat Untuk Servis Mobil?

Melalui Aplikasi Daihatsu Mobile

Kedua, adalah dengan menggunakan aplikasi lain dari Daihatsu, yaitu Daihatsu Mobile. Walaupun sama-sama dapat digunakan untuk memeriksa riwayat servis, Daihatsu Mobile tetaplah aplikasi berbeda dengan DaihatsuKu. Berikut langkah-langkah untuk memeriksa riwayat servis menggunakan aplikasi Daihatsu Mobile.

  1. Pertama, pastikan aplikasi sudah terpasang dengan baik di smartphone.
  2. Kemudian, lakukan registrasi jika belum memiliki akun atau langsung login jika sudah memiliki akun.
  3. Setelah masuk ke aplikasi, OtoFriends dapat memilih menu “Tracking Service Status” untuk memeriksa perkembangan servis yang berjalan, atau “Service History” untuk mengecek riwayat servis.
  4. Seluruh riwayat servis akan terekam di dalam menu tersebut dan bisa dilihat kapanpun.

Sama seperti aplikasi lainnya, Daihatsu Mobile juga menyematkan berbagai fitur seperti buy products, reservasi jadwal untuk test drive di cabang Daihatsu, my order, hingga fitur emergency, dll. Cukup berbeda dengan aplikasi DaihatsuKu, bukan?

Baca juga: Service Mobil Daihatsu di Bengkel Resmi vs Umum dan Biaya

Itulah berbagai cara cek riwayat servis untuk mobil-mobil Toyota, Honda, Suzuki, hingga Daihatsu yang bisa OtoFriends coba. Dengan rutin melakukan riwayat servis di bengkel resmi dan terpercaya, lalu menyimpan riwayat servis tersebut, OtoFriends bisa mendapat berbagai manfaat dan keuntungan.

Menyimpan riwayat servis juga berguna bagi calon pembeli mobil ketika mobil tersebut akan dijual, sebab menjadi bukti bahwa mobil tersebut selalu rutin diservis di bengkel resmi dan mendapatkan pelayanan yang baik. OtoFriends pun dapat menjual mobil dengan harga yang tidak anjlok.

Jika artikel ini bermanfaat, OtoFriends juga bisa kunjungi berbagai informasi menarik seputar otomotif lainnya, seperti harga, spesifikasi kendaraan, tips, dll. hanya di Otoklix.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Cara Cek Riwayat Servis Mobil

Caranya berbeda-beda, tergantung dari merek mobil, tetapi dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang dibuat pabrikan atau mendatangi langsung customer service.

Menjadi pengingat kapan harus melakukan servis selanjutnya, informasi yang didapat lebih transparan tentang komponen apa saja yang diservis, mencegah biaya servis yang membengkak, hingga bisa dijadikan pertimbangan ketika mobil tersebut akan dijual.

Dengan mengunduhnya melalui platform penyedia aplikasi di smartphone seperti App Store untuk perangkat iOS dan Play Store untuk perangkat Android.