Ada beberapa cara menghilangkan baret mobil yang bisa dilakukan. Selain membawanya ke bengkel, OtoFriends juga bisa memanfaatkan bahan rumahan untuk menghilangkan baret pada mobil, dengan catatan baret pada mobil masih dalam kategori ringan. 

Sebab, apabila baret mobil masuk kategori yang parah dan dalam, tentunya tidak bisa diatasi dengan bahan rumahan saja. OtoFriends tetap harus membawanya ke bengkel terpercaya untuk dilakukan perbaikan dan pengecatan ulang. 

Berikut ini beberapa bahan rumahan yang bisa OtoFriends manfaatkan untuk menghilangkan baret mobil yang masih ringan. 

Cara Menghilangkan Baret Mobil dengan Bahan Rumahan

Berikut ini beberapa bahan rumahan yang bisa OtoFriends gunakan untuk menghilangkan baret pada mobil. 

1. Obat Nyamuk

Bahan rumahan pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan baret mobil adalah obat nyamuk yang berbentuk lotion anti nyamuk. 

Kamu cukup menyiapkan lotion anti nyamuk dan juga dua buah lap kering atau kain microfiber. Caranya, tuangkan lotion obat nyamuk ke lap kering, kemudian oleskan pada bagian mobil yang baret dengan gerakan memutar hingga merata. 

Diamkan selama 15-20 detik, kemudian bilas menggunakan air bersih. Agar maksimal jangan lupa keringkan lagi bagian body mobil yang baret. 

Baca juga: Cukup Murah, Segini Biaya Cat Mobil Baret per Panel

2. Minyak Rem

Bahan rumahan berikutnya yang bisa digunakan adalah minyak rem. Caranya, kamu bisa menuangkan minyak rem pada kain kering, kemudian usapkan pada bagian mobil yang baret secara merata.

Mengingat minyak rem adalah bahan yang keras, sebaiknya jangan menggunakan minyak rem terlalu banyak. Hindari juga menuangkan minyak rem langsung ke bagian mobil yang baret. Lebih baik dituangkan ke lap kering terlebih dahulu.

Jika sudah dioleskan pada bagian mobil yang baret, segera bilas menggunakan air dan keringkan. 

3. Pasta Gigi

Baret mobil juga bisa diatasi menggunakan pasta gigi. OtoFriends perlu membersihkan bagian body mobil yang baret terlebih dahulu. Lalu, tuangkan pasta gigi pada kain yang sudah dibasahi dengan air.

Oleskan pasta gigi pada bagian body mobil yang baret dengan gerakan memutar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya OtoFriends tambah dengan bahan lainnya, seperti kompon atau bahan penghilang baret lainnya. 

4. Kayu Putih

Berikutnya, OtoFriends bisa menggunakan kayu putih untuk menghilangkan baret mobil. Caranya yakni dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian mobil yang baret, kemudian usap dengan kain microfiber dengan gerakan memutar.

Cek, jika baret sudah mulai menghilang segera bersihkan menggunakan lap yang sudah dibasahi atau dengan kanebo. 

5. Cairan Amonia

Cara lain untuk menghilangkan baret mobil yakni dengan memanfaatkan cairan amonia. Mengingat cairan amonia adalah bahan yang cukup keras, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Campurkan 15 ml cairan amonia dengan 500 ml air, kemudian aduk secara merata.
  • Pastikan tangan kamu terlindungi dengan menggunakan sarung tangan.
  • Celupkan kain pada campuran air dan amonia dan gosokkan pada bagian body mobil yang baret.
  • Lalu, biarkan cairan meresap dan segera keringkan.

Baca juga: Cara Ampuh Hilangkan Baret Pada Kaca Mobil

6. Spidol Cat

Bahan rumahan seperti spidol cat juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan baret mobil. Caranya, yakni dengan mengoleskan spidol cat pada bagian body mobil yang baret. Lakukan hal ini secara perlahan, ya. Pastikan kamu memilih spidol cat yang warnanya sama dengan body mobil kamu. 

7.  Kompon

Apabila tingkat kerusakan pada baret cukup besar, maka mungkin saja beberapa bahan rumahan di atas kurang maksimal dalam menghilangkan baretnya. 

Jika  terjadi hal seperti itu, OtoFriends bisa menggunakan kompon untuk menghilangkan baret mobil. 

Caranya cukup praktis, yakni tinggal mengoleskan kompon pada bagian yang baret, kemudian usapkan menggunakan aplikator atau kain secara merata dengan sedikit ditekan. Lebih baik menggunakan kompon berwarna putih karena hasilnya lebih halus. 

Saat menggunakan kompon, pastikan bagian mobil yang baret sudah dibersihkan terlebih dahulu, ya. Agar hasilnya maksimal, tambahkan produk wax mobil yang membuat mobil jadi lebih kinclong. 

Disclaimer, mungkin beberapa bahan rumahan ini tidak sepenuhnya bisa menghilangkan baret mobil, namun cara ini bisa dilakukan untuk menghemat budget ke bengkel dan menyamarkan baret mobil. 

Apabila baret mobil masih belum menghilang, segera bawa ke bengkel terdekat, ya. 

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam dengan Mudah

Tips Mencegah Baret Mobil

Selain membuat tampilan mobil jadi jelek, baret mobil juga bisa menurunkan nilai jual mobil. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui beberapa tips mencegah baret mobil yang sudah Otoklix rangkum berikut ini. 

1. Rutin Mencuci Mobil

Tips pertama yakni dengan rutin mencuci mobil. Soalnya mobil yang jarang dibersihkan akan lebih mudah tergores oleh debu-debu atau kotoran yang menempel. 

Memang, baret yang ditimbulkan awalnya ringan saja bahkan tak terlihat, tapi jika terus dibiarkan bisa menyebabkan baret yang dalam. 

2. Bersihkan Mobil dengan Pembersih Khusus

Kedua, bersihkan mobil menggunakan pembersih khusus. Sebab, jika hanya menggunakan air saja maka kotoran tidak bisa sepenuhnya hilang. Apabila menggunakan pembersih atau sabun biasa dikhawatirkan bisa merusak cat mobil. 

3. Hati-Hati dalam Berkendara

Terakhir, selalu berhati-hati dalam berkendara. Sebab, salah satu penyebab baret dalam pada mobil adalah karena mengalami tabrakan atau gesekan saat berkendara. Oleh karena itu, OtoFriends perlu berhati-hati, apalagi saat melewati jalanan yang sempit, ya. 

Nah, itu dia informasi seputar cara menghilangkan baret mobil. Apabila baret belum juga hilang setelah menggunakan bahan-bahan rumahan di atas, OtoFriends bisa membawa mobil ke bengkel Otoklix,

Bengkel Otoklix memiliki layanan detailing yang bisa menghilangkan baret dalam pada mobil OtoFriends. Selain membuat tampilan mobil jadi kinclong, Otoklix juga menyediakan layanan untuk membersihkan bagian dalam mobil, sehingga mobil jadi lebih bersih dan nyaman. 

Booking lewat aplikasi Otoklix maka kamu akan hemat sampai 50%, loh! Yuk, booking sekarang dan dapatkan harga servis terjangkau dengan kualitas servis yang maksimal. 

Pastikan mobil kamu makin kinclong dengan layanan detailing di bengkel Otoklix. Layanan detailing di Otoklix murah, mulai dari Rp30 ribuan. Yuk, booking sekarang dan download Aplikasi Otoklix untuk dapatkan harga yang lebih murah.

Pertanyaan seputar Cara Menghilangkan Baret Mobil 

Baret mobil tentunya bisa dihilangkan menggunakan bahan-bahan seperti kompon. Untuk hasil maksimal, bisa juga dengan datang ke bengkel.

Pasta gigi bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil karena kandungan enzim di dalamnya. Caranya, dengan mengoleskan pasta gigi pada kain kemudian gosok dengan gerakan memutar.

Mobil baret bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti tabrakan, benturan, penggunaan lap atau sponge yang kasar saat mengeringkan mobil, dan lain sebagainya.