Harga bahan bakar minyak (BBM) memang bisa berubah. Kemungkinan kenaikan harga BBM ini yang mendorong banyak orang membeli mobil paling irit BBM sebagai cara aman untuk menghemat pengeluaran rutin.

Sepanjang 2023, harga BBM mengalami kenaikan sebanyak tiga kali dan penurunan sekali. Pada Januari 2024, pemerintah menurunkan harga BBM non-subsidi, sedangkan harga BBM subsidi tidak mengalami perubahan. Berikut daftar harga BBM Pertamina terbaru, per Januari 2024:

  • Pertamax: Turun dari Rp13.350 menjadi Rp12.950
  • Pertamax Turbo: Turun dari Rp15.350 menjadi Rp14.400 
  • Pertamax Green 95: Turun dari Rp14.900 menjadi Rp13.900
  • Dexlite: Turun dari Rp15.500 menjadi Rp14.550
  • Pertamina Dex: Turun dari Rp16.200 menjadi Rp15.100
  • Pertalite: Tetap Rp10.000

 

Tips Menghemat Bensin Kendaraan

Meski dibayang-bayangi oleh kenaikan harga bensin, OtoFriends tak perlu terlalu khawatir. Toh, nyatanya ada juga kemungkinan harga BBM bisa turun. Jadi, daripada cemas terus-menerus, lebih baik kamu ikuti saja tips menghemat bensin kendaraan berikut.

  • Cek tekanan angin ban

Pastikan ban tidak kempis saat hendak dikendarai. Bila tekanan angin pada salah satu atau beberapa ban kurang, maka bisa memengaruhi efisiensi BBM.

  • Berangkat lebih awal

Strategi ini cukup ampuh karena membuat kamu dapat berkendara dengan kecepatan sedang dan tidak terburu-buru. Faktanya, berkendara dalam kecepatan tinggi bisa boros bensin. Untuk menghemat bahan bakar, OtoFriends dianjurkan untuk berkendara dengan kecepatan sedang antara 60-80 km/h.

  • Rajin servis mobil di bengkel

Servis mobil secara rutin di bengkal perlu dilakukan untuk merawat mesin maupun komponen-komponen mobil. Jika semua komponen mobil dalam keadaan baik, maka penggunaan bensin pun dapat sesuai dengan kebutuhan alias tidak boros.

  • Gunakan bahan bakar yang tepat

Mobil paling irit bukanlah yang menggunakan BBM paling murah. Penggunaan BBM yang tepat alias sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan milik OtoFriends dapat meningkatkan proses pembakaran di mesin sehingga menghasilkan kinerja kendaraan yang optimal.

 

10 Rekomendasi Mobil yang Hemat Bensin 

  • Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid dianggap mobil paling irit BBM karena diklaim bisa menempuh jarak 23,25 km untuk satu liter bensin.

  • Suzuki Ignis

Dengan bodi yang mini, Suzuki Ignis bisa dibilang mobil paling irit BBM. Mobil jenis SUV dengan transmisi manual konsumsi bahan bakarnya 23,64 km untuk satu liter bahan bakar.

  • Wuling Confero

Mobil ini memiliki mesin yang berkapasitas 1485 cc dengan konsumsi bahan bakar mencapai 25,4 km dengan 1 liter bensin. Dengan kapasitas kursi sebanyak 8 tempat duduk, Wuling Confero bisa jadi mobil keluarga ternyaman sekaligus mobil keluarga paling irit BBM.

  • Datsun GO

Rekomendasi mobil keluarga murah dan mobil keluarga paling irit lainnya adalah Datsun GO yang bisa melaju sampai 23,5 km hanya dengan 1 liter saja. Varian lainnya yaitu Datsun Go+ Panca yang berkapasitas 1198 cc dan juga irit karena konsumsi bensinnya 1 liter untuk jarak sejauh 23,5 km.

  • Suzuki Ertiga

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga mencapai angka 23 km per liter jika melaju di jalanan stabil dan bebas hambatan. Jika menggunakan ECO driving, konsumsi bahan bakarnya lebih irit lagi, yaitu 30 km per liter.

  • Nissan Kicks E-Power

Mobil paling irit BBM selanjutnya adalah Nissan Kicks E-Power yang mengklaim konsumsi bahan bakarnya hingga 23 km per liter pada varian 2 wheel drive. Pada varian 4 wheel drive, konsumsi bahan bakarnya hingga 19,2 km per liter.

  • Toyota Agya

Mobil mini lainnya yang juga irit BBM adalah Toyota Agya. Mobil keluarga ternyaman ini memiliki teknologi Dual VVT-i sehingga bisa irit dengan konsumsi BBM mencapai 19,5 km per liternya.

  • Daihatsu Rocky

Mobil ini memiliki mesin 1.198 cc 3-silinder A-VE dengan tenaga maksimal 88,4 dk pada 6.000 rpm. Saat melaju, konsumsi BBM Daihatsu Rocky mencapai 18–19 km per liter.

  • Honda Mobilio

Mobilio menjadi incaran banyak keluarga Indonesia karena termasuk mobil keluarga paling irit. Mobil ini memiliki mesin 1500 cc dan teknologi i-VTEC yang membuat konsumsi BBM-nya mencapai 17 km per liternya.

  • Toyota Raize

Mobil jenis SUV ini mampu mencapai 17 hingga 20 km per liter BBM.

 

Setelah membeli mobil, jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan mobil, ya, sebab mobil yang sehat akan membakar bensin dengan efisien alias tidak boros bensin.

OtoFriends bisa cek mesin kendaraan secara berkala di bengkel Otoklix yang menawarkan lebih dari 2.000 bengkel di seluruh Jabodetabek dengan harga yang bersaing. Caranya gampang: kamu tinggal booking online saja lewat aplikasi Otoklix!

 

Pertanyaan Seputar Mobil Paling Irit

Mobil apa saja yang paling irit?

Tiga mobil paling irit BBM adalah Toyota Corolla Cross Hybrid, Suzuki Ignis, dan Wuling Confero yang konsumsi bensinnya di atas 23 km per liter. 

Mobil apa yang cocok untuk keluarga?

Mobil yang cocok untuk keluarga adalah yang kapasitas kursinya banyak dan konsumsi bensinnya irit, seperti Wuling Confero dan Datsun GO.

Mobil apa yang murah meriah?

Beberapa pilihan mobil termurah di dan irit bensin yaitu Datson Go dan Datsun Go+ Panca (Rp108,8 juta–Rp122,55 juta), Suzuki APV (Rp139 juta–Rp145 juta), dan Toyota New Agya (Rp144 juta–Rp170 juta).

Mobil jenis MPV apa saja?

Beberapa mobil yang termasuk jenis MPV paling irit yaitu Wuling Confero, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.