Cruise control menjadi salah satu fitur tercanggih di mobil keluaran terbaru saat ini. Memberikan segudang keamanan dan kenyamanan, OtoFriends pecinta otomotif akan dimanjakan dengan kecanggihannya dalam mengatur kecepatan mobil saat sedang di perjalanan. Pasalnya, fitur mobil yang satu ini dapat membuat ban mobil melaju dengan lebih stabil tanpa perlu menginjak pedal gas berulang kali. 

Baca juga: Balancing Ban Itu Penting! Kenali Fungsi dan Harganya

Fitur cruise control menjadi solusi yang tepat untuk menjawab masalah kaki pegal karena terlalu lama menginjak pedal gas saat berkendara. Sering melakukan perjalanan jauh, tentu mobil keluaran terbaru yang dilengkapi dengan fitur cruise control ini akan sangat cocok untuk OtoFriends miliki. Lantas bagaimana cara kerja dan penggunaannya yang tepat? Berikut ulasannya:

Cara Kerja Cruise Control

Perlu dipahami, fitur cruise control pada mobil hanya dapat digunakan pada kecepatan minimum 60 km/jam. Di bawah itu, OtoFriends tidak dapat menggunakan fitur canggih ini karena fitur cruise control pada mobil tidak akan memberikan respon jika mendeteksi kendaraan melaju pada kecepatan kurang dari 60 km/jam. Ada baiknya jika OtoFriends menggunakan fitur cruise control di jalan tol sehingga fitur dapat bekerja dengan maksimal di kecepatan yang tepat. 

Cara menggunakannya cukup mudah. OtoFriends hanya perlu mengendarai mobil dengan kecepatan minimum yang sudah ditentukan, lalu menekan tombol cruise control yang ada di bawah stir mobil. Secara otomatis, jika fitur cruise control sudah diaktifkan maka mobil OtoFriends dapat berkendara sesuai dengan kecepatan saat tombol cruise control di tekan. 

Jika ingin mengubah kecepatan, OtoFriends hanya perlu memperhatikan layar MID mobil OtoFriends dan kemudian OtoFriends akan melihat lampu fitur cruise control menyala. Tekan tombol opsi dan atur kembali kecepatan mobil yang OtoFriends inginkan. Jika OtoFriends ingin berkendara dengan sistem kemudi yang normal kembali, OtoFriends bisa mematikan fitur cruise control dengan cara menekan tombol set atau menginjak pedal rem mobil kembali.

Baca juga: Cara Servis Rem Mobil Jika Booster Rem Rusak

Tombol Pada Fitur Cruise Control

Agar OtoFriends tidak kebingungan, berikut beberapa tombol yang ada pada fitur cruise control, antara lain:

  1. Tombol On/Off

Tombol On/Off berfungsi untuk menghidupkan dan menghentikan kerja fitur cruise control pada mobil.

  1. Tombol Set –

Tombol set –  berfungsi untuk mengurangi kecepatan mobil saat fitur cruise control sudah di aktifkan. Kecepatan hanya akan berkurang sebesar 1 mph.

  1. Tombol Res +

Tombol Res + berfungsi untuk menambah kecepatan mobil. Sama halnya dengan tombol set -, tombol res + hanya akan menambah 1 mph saat fitur cruise control sudah di aktifkan.

  1. Tombol Cancel

Tombol cancel berfungsi untuk menonaktifkan fitur cruise control.

Manfaat Fitur Cruise Control

Selain memberikan kemewahan dan kemanjaan saat berkendara, fitur cruise control ini juga dapat mengatur jarak secara otomatis dengan mobil pengendara lainnya. Bekerja menggunakan sensor khusus, cruise control dapat memprediksi jarak untuk membantu mobil terhindar dari tabrakan atau benturan. 

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat saat OtoFriends sedang melakukan perjalanan jauh. OtoFriends dapat bersantai sejenak, beristirahat dan makan, atau sekedar menonton hiburan tanpa perlu khawatir mobil akan tertabrak. Fitur yang hanya ada pada mobil keluaran terbaru ini memang memberikan keamanan dan kenyamanan yang ekstra dengan kecanggihannya.

Kelemahan Fitur Cruise Control

Meski digadang sebagai fitur canggih yang memberikan keamanan dan kenyamanan tersendiri bagi sang pengendara, fitur cruise control memiliki cara kerja khusus yang harus OtoFriends ketahui. Hal ini penting agar OtoFriends tidak lalai saat berkendara di jalanan umum, sehingga dapat menyebabkan kerugian atau bahkan kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

OtoFriends tidak dapat menggunakan fitur cruise control ini di jalanan yang ramai, macet, dan menanjak. Berkendaralah di jalanan yang lurus dan tidak terlalu ramai, sehingga OtoFriends dapat menggunakan fitur cruise control dengan batas minimum kecepatan 60 km/jam ini dengan tepat. Jangan nekat mengaktifkan fitur cruise control pada kondisi jalanan yang tidak sesuai dengan persyaratan karena akan menimbulkan tabrakan akibat sistem dan sensor yang tidak terkendali. Kelalaian ini harus menjadi perhatian setiap pengendara yang memiliki mobil keluaran terbaru dengan fitur cruise control agar terhindar dari segala risiko berkendara yang tidak diinginkan.

Rekomendasi Mobil Keluaran Terbaru dengan Fitur Cruise Control

Sudah paham dengan cara kerja fitur cruise control yang memberikan kemewahan, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, jika tertarik untuk memiliki mobil keluaran terbaru dengan fitur cruise control ada beberapa pilihan mobil keluaran terbaru yang dapat menjadi alternatif pilihan OtoFriends, antara lain mobil Honda Jazz, Honda HR-V, Hyundai Kona, Wuling Almaz, Toyota Fortuner Tipe SRZ, TRD, dan VRZ, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross.

Baca juga: Keren! Mobil Mewah di Indonesia dan Kecepatannya Melejit

Tentu ada beberapa pilihan mobil keluaran baru lainnya yang dapat OtoFriends jadikan alternatif pilihan. Sesuaikan dengan budget dan tujuan penggunaan, maka OtoFriends dapat membeli mobil keluaran terbaru dengan fitur cruise control yang sesuai dengan keinginan OtoFriends. 

Jangan lupa perhatikan juga kegunaan dan kelengkapan berbagai fitur-fitur mobil lainnya, sehingga tidak hanya memiliki fitur cruise control, mobil keluaran terbaru yang OtoFriends miliki juga memiliki berbagai fitur lengkap yang dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan OtoFriends dalam berkendara. 

Baca juga: 17 Bagian-bagian Mobil, Komponen, Sistem, dan Fiturnya

Lakukan perawatan mobil rutin di bengkel rekanan Otoklix agar setiap fitur mobil dapat bekerja maksimal dan tidak bermasalah saat sedang digunakan. Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Hubungi kami apabila ada pertanyaan lebih lanjut terkait fitur cruise control atau masalah lainnya yang mengganggu kinerja mobil OtoFriends. Servis mobil di bengkel terdekat dari lokasi OtoFriends lebih mudah dengan aplikasi Otoklix. 

Pertanyaan Seputar Cruise Control

Cruise control adalah fitur pada mobil keluaran terbaru yang dapat memberikan keamanan berkendara dengan pengaturan kecepatan mobil secara otomatis.

Cruise control memiliki cara kerja sederhana. Cukup aktifkan tombol on/off pada tombol fitur cruise control yang terletak di bawah setir mobil saat berkendara dengan kecepatan minimum 60 km/jam, maka fitur cruise control akan aktif dan mobil dapat berjalan dengan kecepatan stabil walau pengendara tidak menginjak pedal gas mobil.

Fitur cruise control dapat diaktifkan saat berkendara di jalanan yang tidak terlalu ramai dan terjal. Jalan tol dapat menjadi salah satu alternatif, fitur cruise control dapat bekerja dengan maksimal.