Siapa sangka cover stir mobil termasuk aksesoris mobil yang perlu kamu miliki pada mobil kesayangan? 

Walaupun stigma sebagian masyarakat pada cover stir mobil hanya sebatas aksesoris untuk menambah kesan interior mobil jadi lebih stylish dan estetik, namun kegunaannya jauh lebih dari itu.

Salah satu kegunaan cover stir mobil adalah untuk menjaga material stir kemudi awet dan tidak mudah terkelupas. Maka dari itu, berikut ini rekomendasi Otoklix mengenai produk cover stir mobil dan tips memasangnya.

Baca juga: Sebelum Modifikasi Stir Racing Mobil, Perhatikan 5 Hal Ini

Manfaat cover stir mobil

Sebenarnya manfaat pemasangan cover stir mobil yang paling utama adalah untuk menjaga material stir kemudi agar tidak mudah terkelupas dan rusak.

Penyebab pertama stir kemudi mudah rusak adalah penggunaan aksesoris di tangan pengemudi seperti cincin. aksesoris tersebut dapat menggores material stir kemudi sehingga terkelupas. Untuk menghindarinya, disarankan pengemudi melepas aksesoris tangan terlebih dulu sebelum menyetir.

Penyebab kedua adalah keringat yang berasal dari tangan pengemudi akan menempel pada bagian stir kemudi. Keringat pengemudi yang menempel di stir kemudi dan tidak segera dibersihkan justru akan merusak lapisan material stir kemudi.

Penggunaan cover stir mobil juga memudahkan menggenggam stir kemudi saat tangan berkeringat. Lapisan pembuat cover stir mobil dilapisi bahan khusus antiselip yang berfungsi untuk menambah keamanan saat menyetir.

Penyebab yang terakhir adalah paparan sinar matahari langsung saat mobil sedang melaju ataupun sedang terparkir di area parkir outdoor. Penyebab yang ketiga ini sering dianggap remeh oleh pemilik mobil. Padahal, menyimpan mobil di area outdoor bisa merusak komponen mobil seperti kaca mobil dan stir kemudi.

Jadi, selain mempercantik tampilan interior mobil, cover stir mobil juga dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Rekomendasi cover stir mobil terbaik

Ada banyak produk cover stir dengan berbagai keunggulan dan harga. Berikut ini 10 rekomendasi cover stir mobil terbaik yang bisa kamu pilih sebagai aksesoris mobil kesayangan.

1. Steering Wheel Cover Gentleman Design Wood

Sesuai dengan namanya, Steering Wheel Cover Gentleman Design Wood merupakan cover stir mobil yang terbuat dari dua material gabungan yaitu material berbahan kulit dan kayu mengkilap. Harga Steering Wheel Cover Gentleman Design Wood mulai dari Rp135 ribu.

OtoFriends yang menyukai desain timeless tentu akan menyukai aksesoris mobil yang satu ini. Apalagi bila dashboard mobil memiliki unsur bahan kayu juga. Secara menyeluruh tampilan interior mobil akan lebih klasik.

2. Zacro Steering Cover Premium Carbon 38 cm

Berbeda dengan produk cover stir mobil sebelumnya, produk dari Zacro ini justru menambah kesan sporty dan maskulin interior mobil. 

Lapisan materialnya bermotif serat karbon yang dikawinkan dengan lapisan antiselip sehingga meningkatkan kenyamanan tangan saat mengemudi. Harganya sendiri mulai dari Rp199 ribuan.

3. Universal Genuine Cowhide Wheel Cover 38 cm

Universal Genuine Cowhide Wheel Cover salah satu cover stir kemudi yang berdesain elegan karena material pembuatnya menggunakan bahan kulit asli. Selain memberikan kesan mewah, bahan kulit asli tersebut juga membuat cover stir kemudi awet.

Ada berbagai jenis ukuran cover yang bisa kamu sesuaikan dengan setir kemudi mobil. Mulai dari mobil Agya, Brio, Avanza, Xenia, hingga mobil Rush juga bisa menggunakan cover ini. Harga Universal Genuine Cowhide Wheel Cover 38 cm mulai dari Rp89 ribuan.

4. MBTech Sarung Setir Jahit

Keunggulan produk cover stir mobil produksi MBTech adalah cover ini dijual dengan harga yang paling murah dari yang lainnya yakni mulai dari Rp60 ribuan. 

Selain itu, teknik pemasangannya dijahit langsung dengan setir kemudi mobil. Cover stir dari MBTech terbuat dari kulit sintetis dengan panjang 36 cm dan lebar 12 cm.

5. Carinn Sarung Stir Model Sofa Universal

Sarung stir mobil produksi Carinn ini memiliki motif unik yakni motifnya timbul. Material pembuatnya menggunakan bahan kulit oscar yang memiliki sifat antiselip sehingga setir kemudi tidak mudah licin sekalipun tangan berkeringat.

Carinn sarung stir mobil ini memiliki desain unik yakni terdapat 6 bantalan yang terasa empuk saat pengemudi menggenggamnya. Harga cover stir mobil Carinn mulai dari Rp200 ribuan.

Baca juga: Variasi Interior Mobil yang Wajib Ada Agar Berkendara Nyaman

Tips memilih stir mobil

Untuk mendapatkan produk aksesoris mobil terbaik dengan harga miring, kamu perlu memperhatikan beberapa faktor. Berikut ini tips memilih cover stir mobil.

1. Ukuran sarung setir menyesuaikan ukuran setir kemudi

Umumnya terdapat 2 tipe cover yang sering dijual di pasaran. Tipe yang pertama berukuran S dengan diameter sekitar 35-37 cm, tipe kedua berukuran M dengan diameter sekitar 37-39 cm. 

Sebelum membeli, sebaiknya ukur terlebih dulu diameter setir kemudi mobil. Caranya dengan mengukur jarak antara sisi luar setir yang saling berseberangan. Cara lain untuk mengetahui ukuran setir kemudi dengan melihatnya langsung di situs resmi pabriknya.

Khusus untuk setir kemudi berbentuk oval atau huruf D, cover yang dijual dipasaran biasanya tidak kompatibel dengan bentuk setir kemudi sehingga harus banyak penyesuaian yang memakan ongkos lebih banyak.

2. Kenali jenis bahan dan tekstur material cover setir kemudi

Kemudian perhatikan jenis bahan dan tekstur covernya. Setiap bahan memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenis bahan cover untuk setir kemudi mobil, antara lain:

Bahan kulit, terdapat 2 jenis kulit yang digunakan yakni kulit asli dan kulit sintetis. Kedua jenis kulit ini memiliki tekstur yang kasar tetapi terasa empuk untuk tangan saat menyetir sehingga kamu akan lebih nyaman menggenggam setir kemudi.

Bahan mesh, bahan ini memiliki sifat breathable karena terdapat lubang yang memudahkan sirkulasi udara. Bentuknya seperti jaring-jaring sehingga antiselip saat tangan pengemudi berkeringat.

Bahan uretan dan bulu, apabila kamu terbiasa menyetir jarak jauh atau sering menyetir dalam durasi yang lama maka bisa memilih cover setir kemudi berbahan uretan dan berbulu. Bahan ini cukup halus dan dapat menurunkan suhu telapak tangan pengemudi yang kepanasan akibat cuaca.

Bahan karet, selain elastisitasnya bahan karet ini juga memiliki keunggulan lain yakni antiselip dan tidak gampang kotor.

3. Serasikan dengan interior mobil

Agar fungsi sekundernya yakni untuk menambah estetika interior mobil, maka kamu perlu mempertimbangkan desain cover setir kemudi dengan desain interior mobil. Apabila kamu ingin menonjolkan kesan maskulin mobil, maka pilih cover setir yang memiliki desain sporty.

Untuk tampilan yang classic dan timeless maka kamu bisa memilih cover setir berbahan kayu. Adapun untuk meningkatkan tampilan mewah dan elegan, maka bisa menggunakan cover stir berdesain braided. Umumnya cover berdesain braided ini terbuat dari kulit asli berkualitas tinggi.

Baca juga: Service Stir Mobil, Ini Bagian yang Perlu Dicek dan Biayanya

Tips memilih bengkel modifikasi

Ada banyak toko aksesoris mobil terdekat dari lokasi kamu yang menjual produk aksesoris seperti cover stir mobil dan sarung jok mobil. 

Namun, bila kamu memiliki uang lebih dan berniat melakukan modifikasi secara menyeluruh maka sebaiknya datang ke bengkel body repair yang menjual aksesoris mobil yang OtoFriends butuhkan.

Tidak semua bengkel menjual spare part dan kelengkapan bengkel lengkap. Lantas, bagaimana cara menemukan bengkel dengan peralatan bengkel dan produk terlengkap? Caranya cukup mudah yaitu percayakan saja pada ahlinya di Bengkel Otoklix.

Selain jaminan peralatan bengkel terlengkap dan spare part asli, para teknisi yang bekerja di sana juga telah terjamin profesionalitas dan keahliannya. 

Menariknya, kamu tak perlu mengantri lama karena ada layanan Booking Service yang bisa kamu lakukan langsung di aplikasi Otoklix. Yuk, segera download aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Cover Stir Mobil

Menggunakan cover stir kemudi mobil cukup penting untuk menjaga material setir kemudi agar tidak mengelupas akibat goresan aksesoris tangan seperti cincin, keringat manusia, atau paparan langsung sinar matahari yang terpantul melalui kaca mobil.

Harga cover stir mobil bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. MBTech Sarung Setir Jahit dijual mulai dari Rp60 ribuan, Steering Wheel Cover Gentleman Design Wood mulai dari Rp135 ribuan dan cover stir mobil Carinn mulai dari Rp200 ribuan.

Tiga cara memilih cover stir mobil terbaik antara lain memastikan ukuran sarung setir mobil dapat menyesuaikan ukuran setir kemudi, pilih cover berdasarkan jenis bahan dan teksturnya, serta pilih desain yang tepat sesuai konsep desain interior mobil.